Cara Memasang Google Analytics di WordPress bagi Pemula

Cara Memasang Google Analytics di WordPress bagi Pemula

Jika Anda baru memulai perjalanan dalam membuat dan mengelola situs web WordPress, salah satu langkah penting yang perlu dilakukan adalah memantau kinerja situs Anda.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Google Analytics, sebuah alat analitik kuat yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang pengunjung situs web Anda.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memasang Google Analytics di situs web WordPress Anda:

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Langkah 1: Buat Akun Google Analytics

  1. Buka Google Analytics: Kunjungi situs web Google Analytics di https://analytics.google.com/ dan masuk atau buat akun Google jika Anda belum memiliki satu.
  2. Buat Properti Baru: Setelah masuk, buat properti baru dengan mengklik tombol “Admin” di sudut kiri bawah, lalu pilih “Buat Properti” dan ikuti petunjuknya. Isi informasi yang diperlukan seperti nama situs, URL, dan zona waktu.
  3. Dapatkan Kode Pelacakan: Setelah properti dibuat, Anda akan diberikan kode pelacakan. Salin kode ini karena akan digunakan untuk memasang Google Analytics di situs web WordPress Anda.

Langkah 2: Pasang Kode Pelacakan ke Situs WordPress Anda

  1. Gunakan Plugin Google Analytics: Cara termudah untuk memasang kode pelacakan adalah melalui plugin. Di dasbor WordPress, pergi ke menu “Plugins” dan pilih “Tambah Baru”.
  2. Cari dan Instal Plugin: Di kolom pencarian, ketik “Google Analytics”. Pilih plugin yang diinginkan (seperti “Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)”) dan instal.
  3. Konfigurasi Plugin: Setelah diinstal, aktifkan plugin tersebut. Selanjutnya, masukkan kode pelacakan yang telah Anda salin dari Google Analytics ke pengaturan plugin. Biasanya, ada opsi untuk memasukkan kode ini di bagian pengaturan atau opsi umum plugin.
  4. Simpan Perubahan: Setelah kode pelacakan dimasukkan, simpan perubahan dan pastikan untuk memeriksa apakah pelacakan berfungsi dengan benar.

Langkah 3: Verifikasi Pelacakan

  1. Cek Kode Pelacakan: Setelah menginstal kode pelacakan, Anda dapat memeriksa apakah Google Analytics telah mulai melacak data dengan benar.
  2. Tunggu Beberapa Jam: Proses pelacakan membutuhkan waktu beberapa jam sebelum Anda mulai melihat data aktual di panel Google Analytics.
  3. Periksa Laporan: Setelah beberapa jam, kunjungi panel Google Analytics Anda dan periksa laporan untuk memastikan bahwa pelacakan berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Memasang Google Analytics di situs WordPress Anda adalah langkah penting untuk memahami perilaku pengunjung dan kinerja situs Anda secara keseluruhan.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat dengan mudah memulai dan mulai menggunakan alat analitik ini untuk mengoptimalkan situs web Anda sesuai kebutuhan.

Ingatlah bahwa analisis terus menerus diperlukan untuk memahami tren dan perubahan, sehingga Anda dapat membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan kinerja situs secara keseluruhan.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *