Mengenal Lebih Dalam Tentang Blockhain & Dan Industri-Industri Yang Menggunakannya

Mengenal Lebih Dalam Tentang Blockhain & Dan Industri-Industri Yang Menggunakannya

Jsmalfamart.com~ Istilah blockchain mungkin membingungkan saat pertama kali dibaca. Ini mencakup banyak hal dan banyak dari apa yang tertulis pada topik sering mengasumsikan bahwa Anda sudah tahu apa itu blockchain?.

Blockchain paling banyak dikaitkan dengan cryptocurrency seperti bitcoin dan terkadang digunakan untuk merujuk pada cryptocurrency.

Tetapi blockchain jauh lebih dari sekadar cryptocurrency. Dan meskipun istilah-istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, mereka bukanlah hal yang sama.

Blockchain adalah teknologi yang sebagian besar cryptocurrency dibangun, dan sekarang juga digunakan untuk banyak aplikasi lain.

Inilah cara kerja teknologi blockchain, di mana ia memulai, dan bagaimana bisnis besar dan kecil dapat menggunakan teknologi hari ini dan di masa depan.

Dasar-dasar Blockchain

Blockchain adalah jaringan publik terdesentralisasi yang memungkinkan orang dan perusahaan untuk menyimpan dan mentransfer informasi dan mata uang dengan aman secara instan.

Istilah blockchain juga mengacu pada bagaimana data disimpan dalam “blok” informasi dan kemudian dihubungkan bersama dalam “rantai” permanen.

Ketika blok baru ditambahkan ke rantai, itu membuat blok sebelumnya lebih sulit untuk dimodifikasi, yang membantu setiap blok menjadi lebih dan lebih aman dari waktu ke waktu.

Ada beberapa aspek yang membuat teknologi blockchain unik dan berharga untuk berbagai jenis aplikasi bisnis.

Kapan Blockchain Dikembangkan?

Ide teknologi blockchain pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 oleh peneliti Stuart Haber dan W. Scott Stornetta.

Dalam buku putih mereka “How to Time-Stamp a Digital Document,” Haber dan Stornetta menjelaskan penggunaan rantai stempel waktu yang berkesinambungan untuk merekam informasi dengan cara yang aman.1

Namun, baru pada tahun 1998 terciptanya bitcoin dan teknologi itu dimainkan. Bitcoin diciptakan untuk menjadi bentuk uang terdesentralisasi, bukan uang yang dikendalikan dan diciptakan oleh pemerintah (disebut sebagai uang fiat).

Untuk menciptakan sistem terdesentralisasi yang berfungsi dan dapat dipercaya, pendiri bitcoin (Satoshi Nakamoto, sekarang juga dikenal sebagai Craig Steven Wright) menciptakan buku besar terdesentralisasi yang disebut blockchain.

Industri Apa yang Menggunakan Blockchain?

Tidak peduli apa pendapat Anda tentang cryptocurrency, teknologi blockchain yang mendasarinya memiliki banyak kegunaan yang berbeda dan bisnis bereksperimen dengan implementasinya dengan cepat.

Misalnya, merampingkan rantai pasokan adalah salah satu penggunaan blockchain yang lebih menarik dan mungkin mulai mempengaruhi usaha kecil dengan cepat saat mereka berinteraksi dengan perusahaan besar yang mengejar teknologi ini. Berikut adalah beberapa perusahaan yang menguji penggunaan blockchain.

  • Industrial and Commercial Bank of China : Bank ini menggunakan blockchain dengan cara yang mirip dengan apa yang dimaksudkan pengembang: untuk memverifikasi transaksi digital dengan cara yang tidak terpusat.
  • Berkshire Hathaway Inc. : Perusahaan Warren Buffett sedang menjajaki cara untuk menggunakan blockchain dalam rantai pasokannya untuk bisnis kereta api dan perhiasannya.
  • Bank of America Merrill Lynch : Bank besar ini mematenkan sedikit teknologi blockchain dan bekerja sama dengan Microsoft untuk mencoba dan mengotomatisasi proses yang digunakan dalam transaksi pembiayaan perdagangan.6
  • Wells Fargo & Company : Bank sedang menguji coba mata uang digitalnya sendiri yang akan berjalan pada teknologi blockchain dan membuat pembayaran dan transaksi internasional lebih mudah.
  • Apple Inc. : Perusahaan teknologi raksasa ini menggunakan blockchain untuk mengamankan data cap waktu.
  • Toyota Motor Corp. : Perusahaan mobil yang memberi kami Prius ingin menggunakan blockchain untuk membantu mengaktifkan mobil self-driving.
  • Walmart : Perusahaan bermitra dengan IBM untuk memindahkan rantai pasokannya ke teknologi blockchain, yang akan membantu meningkatkan langkah-langkah keamanan pangannya.

Salam Penutup

Demikian ulasan singkat kali ini yang bisa admin sampaikan kepada kalian semua terkait Mengenal Lebih Dalam Tentang Blockhain & Dan Industri-Industri Yang Menggunakannya Sekian dan Terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *