Kelebihan & Kekurangan Trade Credit

Kelebihan & Kekurangan Trade Credit

Jsmalfamart.com~ Semua bisnis harus ada dalam lingkungan yang kompetitif. Meskipun akan lebih baik untuk menyelesaikan semua transaksi menggunakan uang tunai, tidak selalu mungkin untuk melakukannya.

Jika pesaing Anda menawarkan persyaratan kredit kepada pelanggan mereka, Anda perlu memberikan sesuatu yang sangat mirip dengan mereka jika Anda ingin memenangkan bisnis mereka.

Menjual produk atau layanan kepada pelanggan secara kredit memiliki keuntungan dan kerugian. Risiko kredit dengan pelanggan sangat besar dan Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu apa risiko ini dan apa pengaruhnya terhadap perusahaan Anda.

Apa itu Kredit Perdagangan?

Kredit perdagangan kemungkinan besar merupakan sumber pinjaman jangka pendek yang paling sederhana dan paling penting bagi perusahaan.

Kredit perdagangan dapat merujuk pada berbagai hal, tetapi arti yang paling mendasar adalah perjanjian untuk membeli produk dan/atau jasa secara kredit daripada melakukan pembayaran langsung dengan cek atau tunai.

Ketika persyaratan yang dapat diterima dinegosiasikan dengan pemasok, kredit perdagangan dapat menjadi instrumen yang berharga untuk membangun bisnis.

Metode ini secara efektif mengurangi ketegangan arus kas yang diakibatkan oleh pembayaran cepat. Jenis pembiayaan ini sangat membantu untuk meminimalkan dan mengelola kebutuhan keuangan perusahaan.

Mengapa Kredit Perdagangan penting bagi Bisnis?

Jika Anda belum memiliki akses ke kredit perdagangan, uang yang keluar dari bisnis Anda untuk membeli saham atau peralatan hanya dapat diganti setelah diterima dari konsumen Anda. Ini berarti bahwa arus kas di perusahaan Anda akan terpengaruh secara negatif.

Namun, jika Anda memiliki perjanjian kredit perdagangan, Anda akan dapat segera menerima barang sambil membantu menyimpan uang tunai Anda sampai pembayaran jatuh tempo, yang mungkin beberapa hari atau beberapa minggu kemudian.

Jika Anda tidak memiliki perjanjian kredit perdagangan, Anda tidak akan dapat langsung menerima barang.

Jika Anda menyelesaikan transaksi sebelum waktu tersebut, Anda akan memiliki dana yang Anda miliki sebelum digunakan.

Selama Anda terus menghasilkan sesuatu yang bernilai, Anda dapat yakin bahwa pendapatan Anda akan terus melebihi pengeluaran Anda.

Untuk Apa Kredit Dagang Digunakan?

Ada berbagai kegunaan untuk kredit perdagangan termasuk pengelolaan biaya dan arus kas, penggunaan leverage keuangan, pembebasan modal, dan penyediaan dana untuk ekspansi di masa depan.

Kredit perdagangan adalah landasan bisnis dan fasilitator terbesar perdagangan global dan lokal. Itu dapat ditemukan di mana-mana, dari rak toko kelontong hingga galangan kapal.

Sederhananya, kredit perdagangan mirip dengan memiliki pinjaman jangka pendek tanpa jaminan, bebas bunga, untuk membeli bahan yang Anda butuhkan.

Ini menempatkan aset dalam kepemilikan Anda yang dapat digunakan perusahaan Anda untuk menghasilkan pendapatan, dan melakukannya tanpa menguras modal kerja Anda atau memberi tekanan yang tidak semestinya pada arus kas Anda.

Tanpa akses ke kredit perdagangan, jenis bisnis tertentu tidak dapat terus beroperasi. Bangunan, ritel, dan perlengkapan toko adalah beberapa industri yang menjadi spesialisasi kami.

Bayangkan Anda dipaksa untuk membayar semuanya segera, dengan semua uang Anda disandera sampai Anda menerima pembayaran dari pelanggan Anda.

Keuntungan dan kerugian kredit perdagangan

Kredit perdagangan, seperti jenis pengaturan keuangan lainnya, hadir dengan keuntungan dan kerugian yang adil, yang sifatnya bervariasi tergantung pada siapa yang menggunakannya (pembeli atau pemasok).

Kredit perdagangan dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan, meningkatkan omset, menambah keunggulan dalam daya saing, dan meningkatkan loyalitas antara bisnis yang bekerja sama.

Namun, ini berisiko menempatkan beberapa pemasok pada posisi di mana mereka memiliki masalah arus kas.

Selama risiko diakui dan ditangani dengan cara yang tepat, mungkin akurat untuk menyatakan bahwa kredit perdagangan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Seharusnya tidak mengherankan bahwa bisnis yang lebih besar mempekerjakan manajer kredit yang setia untuk memastikan bahwa semuanya tetap pada jalurnya dan bahwa hubungan itu dimaksimalkan.

Apa keuntungan utama menggunakan kredit perdagangan?

  • Memudahkan arus kas bagi pembeli.
  • Menciptakan ruang untuk dana operasional tambahan
  • Potongan harga untuk membayar di muka
  • Mengurangi biaya operasi
  • Sederhana untuk merakit
  • Alat tawar menawar
  • Mengembangkan hubungan interpersonal
  • Pertumbuhan bahan bakar
  • Menawarkan keunggulan kompetitif
  • Dapat membantu dalam membiayai usaha baru
  • Pembeli akan menikmati banyak keuntungan, dan penjual juga tidak akan terlalu buruk.

Kredit untuk perdagangan membantu memperkuat hubungan untuk jangka panjang. Ini memberi kedua belah pihak alasan untuk bekerja sama mencari solusi.

Apa kerugian menggunakan kredit perdagangan?

  • Perlunya manajemen kredit
  • Kemungkinan timbulnya biaya keterlambatan pembayaran
  • Kemungkinan komplikasi dengan rantai pasokan
  • Bisa berdampak pada kelayakan kredit
  • Beberapa vendor mungkin tidak mau memberikan kredit ke bisnis baru.
  • Jika tanggal jatuh tempo pembayaran terlewat, bisa jadi mahal.

Kelemahan paling signifikan yang terkait dengan kredit perdagangan adalah kemungkinan efek sampingan yang terjadi jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

Ketika datang ke pembeli, hukuman karena tidak menahan akhir tawar-menawar mereka dapat menambah biaya mereka dan merusak hubungan mereka dengan penjual.

Namun, situasinya mungkin jauh lebih mengerikan bagi pemasok. Bisa jadi masa depan pemasok menjadi tidak menentu jika bisnis pelanggan gagal dan utang tidak dibayar.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published.