Panduan Pengujian Keamanan Aplikasi Web Terbaik

Panduan Pengujian Keamanan Aplikasi Web Terbaik

Jsmalfamart.com~ Hallo semuanya berjumpa lagi bersama kami yang selalu share informasi menarik untuk anda semua. Pada pembahasan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang Panduan Pengujian Keamanan Aplikasi Web Terbaik.

Karena banyaknya data yang disimpan dalam aplikasi web dan peningkatan jumlah transaksi di web, Pengujian Keamanan Aplikasi Web yang tepat menjadi sangat penting dari hari ke hari.

Dalam tutorial ini, kami akan melakukan studi terperinci tentang arti, alat, dan istilah kunci yang digunakan dalam Pengujian Keamanan Situs Web beserta pendekatan pengujiannya.

Apa itu Pengujian Keamanan?

Pengujian Keamanan adalah proses yang memeriksa apakah data rahasia tetap rahasia atau tidak (yaitu, tidak diekspos ke individu/entitas yang tidak dimaksudkan untuk itu) dan pengguna hanya dapat melakukan tugas-tugas yang diizinkan untuk mereka lakukan.

Misalnya, pengguna tidak boleh menyangkal fungsionalitas situs web kepada pengguna lain atau pengguna tidak boleh mengubah fungsionalitas aplikasi web dengan cara yang tidak diinginkan, dll.

2 Alat Pengujian Keamanan Terbaik

1. Akunetix

Akunetix adalah pemindai keamanan aplikasi web ujung ke ujung. Ini akan memberi Anda pandangan 360 derajat tentang keamanan organisasi Anda.

Ia mampu mendeteksi 6500 jenis kerentanan seperti injeksi SQL, XSS, dan Kata Sandi Lemah, dll. Itu menggunakan teknologi perekaman makro canggih untuk memindai formulir multi-level yang kompleks.

Platform ini intuitif dan mudah digunakan. Anda dapat menjadwalkan dan memprioritaskan pemindaian penuh serta pemindaian tambahan.

Ini berisi fungsionalitas manajemen kerentanan bawaan. Dengan bantuan alat CI seperti Jenkins, build baru dapat dipindai secara otomatis.

2. Netsparker

Netsparker adalah platform untuk semua persyaratan pengujian keamanan aplikasi web. Solusi pemindaian kerentanan web ini memiliki kemampuan pemindaian kerentanan, penilaian kerentanan, dan manajemen kerentanan.

Netsparker adalah yang terbaik untuk memindai presisi dan teknologi penemuan aset yang unik. Ini dapat diintegrasikan dengan manajemen masalah populer dan aplikasi CI/CD.

Netsparker memberikan bukti eksploitasi pada identifikasi kerentanan untuk mengonfirmasi bahwa itu bukan positif palsu.

Ini memiliki mesin pemindaian canggih, fitur otentikasi perayapan canggih, dan fungsionalitas integrasi WAF, dll. Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan hasil pindaian terperinci dengan wawasan tentang kerentanan.

Pendekatan Pengujian Keamanan

Untuk melakukan pengujian keamanan aplikasi web yang berguna, penguji keamanan harus memiliki pengetahuan yang baik tentang protokol HTTP.

Penting untuk memiliki pemahaman tentang bagaimana klien (browser) dan server berkomunikasi menggunakan HTTP.

Selain itu, penguji setidaknya harus mengetahui dasar-dasar injeksi SQL dan XSS.

Mudah-mudahan, jumlah cacat keamanan yang ada di aplikasi web tidak akan tinggi. Namun, mampu menjelaskan semua cacat keamanan secara akurat dengan semua detail yang diperlukan pasti akan membantu.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published.