8 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Membeli MacBook Bekas

8 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Membeli MacBook Bekas

Jsmalfamart.com~ MacBook memiliki fitur yang menjadikannya pilihan yang baik bagi siapa saja yang mencari notebook bekas.

Meskipun harganya lebih mahal daripada model pesaing dengan spesifikasi serupa, laptop Apple dikenal dengan daya tahannya.

Selain itu, komputer merek datang dengan sistem operasi yang terus diperbarui dari waktu ke waktu.

Berikut 8 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Membeli MacBook Bekas hal yang perlu Anda ketahui saat membeli MacBook bekas.

1. Tahun pembuatan

Segera periksa tahun pembuatannya saat Anda melihat iklan MacBook bekas. Informasi ini penting karena tidak hanya menunjukkan kemungkinan waktu penggunaan mesin tetapi juga menunjukkan waktu yang tersisa untuk produk yang dianggap usang.

2. Tahun pembeliannya

Tahun pembelian MacBook menunjukkan waktu penggunaan produk. Informasi tersebut tidak serta merta menunjukkan apakah komputer dalam kondisi baik atau tidak, tetapi informasi ini membantu Anda mengetahui apakah garansi masih berlaku.

Tanggal pembelian dapat dilihat pada dokumen pajak yang dikeluarkan oleh toko, baik di Apple atau pengecer pihak ketiga. Faktur dapat dicetak atau tersedia secara elektronik di email pemilik asli.

3. Apakah garansi masih berlaku?

Tanggal pembelian bukan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah MacBook masih dalam garansi. Bahkan jika pemilik pertama tidak melaporkannya baik karena mereka kehilangan NF atau tidak dapat mengingatnya.

4. Pesan foto produk yang sebenarnya

Selalu minta foto asli untuk membuktikan keaslian produk. Strategi tersebut efektif untuk menghindari penjual yang mencoba mengelabui konsumen menggunakan gambar yang dicuri dari iklan lain.

Mintalah jaminan bahwa foto tersebut terbaru dan periksa penyok pada casing, retakan pada layar atau tanda fisik lainnya yang mengindikasikan kemungkinan jatuh (laptop yang telah jatuh dapat menyembunyikan kerusakan internal yang tidak dapat diperbaiki, tergantung pada kecelakaan).

5. Siklus Baterai

Salah satu data yang paling baik menunjukkan status perbaikan MacBook adalah jumlah siklus baterai. Informasi tersebut menunjukkan dengan tepat harapan hidup komponen dan apakah MacBook yang baru saja dibeli telah digunakan secara berlebihan, atau apakah produk yang dibeli lebih lama telah kurang digunakan.

6. Versi macOS

Pilih MacBook dengan macOS yang lebih baru. Semakin mutakhir sistem Anda, semakin besar kemungkinan komputer Anda baru dan belum mengajukan bug selama proses peningkatan.

Perangkat lunak terbaru adalah macOS Catalina, kompatibel dengan MacBook 12″ apa pun dari awal 2015 atau lebih baru dan MacBook Air dan MacBook Pro mulai pertengahan 2012 atau lebih baru. Versi macOS dapat ditemukan di menu “Tentang Mac ini” .

7. Boot sistem

MacBook yang rusak mungkin telah menginstal macOS, tetapi rusak. Saat membeli produk bekas, salah satu tes pertama adalah menyalakan komputer dan mem-boot sistem sepenuhnya hingga desktop ditampilkan.

Jika perangkat lunak tidak dapat dijalankan dengan benar, Anda dapat mencoba menginstal ulang melalui Internet atau hard drive eksternal.

8. Periksa keyboard dan trackpad

Shift terkunci sederhana dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, penting untuk memeriksa kunci satu per satu.

Buka dokumen untuk melihat apakah ada yang macet dan gunakan keyboard virtual sistem untuk melihat apakah tombol modifikasi berfungsi.

Juga, ambil kesempatan untuk melihat apakah trackpad dalam kondisi baik dan tidak ada retakan. Trackpad berkualitas tinggi adalah salah satu ciri khas MacBook, jadi curigalah jika kursor tidak bergerak semulus yang Anda harapkan.

You May Also Like

About the Author: Gilang

Leave a Reply

Your email address will not be published.