6 Cara Berhenti Overthinking

6 Cara Berhenti Overthinking

Jsmalfamart.com~ Overthinking adalah nama medis untuk seluruh proses berpikir berlebihan “Pemikiran obsesif” didefinisikan sebagai “pemikiran atau tema yang berlebihan dan berulang yang mengganggu bentuk aktivitas mental lainnya,” menurut American Psychological Association.

Overthinking bisa menjadi kebiasaan merusak diri sendiri yang memiliki konsekuensi buruk bagi kesehatan mental kita.

Terlalu banyak berpikir bisa menjadi kebiasaan, dan itu adalah jenis kebiasaan tidak sehat yang dapat menyebabkan masalah lain seperti kecemasan dan depresi.

Stres terus-menerus dan terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dan kesejahteraan.

Bernapas dalam-dalam, meditasi, welas asih, dan mencari bantuan dari ahli perawatan kesehatan semuanya dapat membantu menghilangkan stres karena terlalu banyak berpikir.

Overthinking dapat dipicu oleh beberapa keadaan.

Sebelum kita masuk ke cara berhenti berpikir berlebihan, penting untuk memahami apa yang menyebabkan masalah sejak awal.

Menurut para ilmuwan, diperkirakan mengaktifkan area otak yang terlibat dalam reaksi ketakutan dan kecemasan.

Overthinking dimulai di korteks, yang memproses ingatan dan kejadian di masa depan. Pikiran obsesif melibatkan amigdala, pusat respons emosional ketika kita berkonsentrasi pada berbagai hal.

Ketika amigdala diaktifkan, itu menyebabkan respons fisik seperti peningkatan detak jantung, ketegangan otot, dan perasaan dilumpuhkan oleh pikiran negatif.

Perlu ditekankan bahwa overthinking biasanya dimulai dengan tujuan yang baik, seperti mengatasi masalah atau melindungi diri kita sendiri, tetapi sering kali mengarah ke jalan buntu dan kecemasan.

Namun, adalah layak untuk mengatasi perilaku ini dan belajar bagaimana berhenti berpikir berlebihan.

6 Cara Berhenti Overthinking

1. Cari Tahu Apa Penyebab Overthinking Anda

Mencari tahu apa yang memicu pemikiran berlebihan Anda sering kali merupakan langkah pertama menuju kejernihan mental. Overthinking disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres dan kecemasan.

Jika Anda terlalu banyak berpikir, Anda mungkin menyadari bahwa harga diri Anda telah menurun atau bahwa Anda meragukan diri sendiri lebih dari biasanya akhir-akhir ini.

Amati setiap perubahan dalam perilaku atau keyakinan Anda yang mungkin berkontribusi terhadapnya. Peristiwa kehidupan yang signifikan, seperti pindah pekerjaan atau memulai hubungan baru, juga dapat memicu overthinking.

2. Bekerja pada Keyakinan Diri Anda

Dibutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan diri , tetapi ini adalah salah satu teknik self-help yang paling efektif untuk mengurangi overthinking.

Mulailah dengan mengidentifikasi kemampuan dan bakat Anda jika Anda ingin menemukan cara untuk percaya pada diri sendiri. Ingatlah hal-hal baik yang dikatakan orang tentang Anda ketika mereka senang dengan pekerjaan Anda.

Beberapa orang menemukan bahwa memasukkan rejimen perawatan diri jangka panjang ke dalam hidup mereka membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan diri di tempat kerja.

Anda dapat, misalnya, menjaga pikiran dan tubuh Anda dengan bergaul dengan orang-orang positif yang memotivasi Anda untuk berbuat baik. Pertimbangkan untuk mencoba meditasi atau membangun pola tidur yang konsisten.

3. Tentukan Tujuan Anda

Alih-alih satu tujuan, pecahkan menjadi lebih banyak aktivitas kecil yang dapat Anda selesaikan secara teratur.

Menyelesaikan satu tugas sederhana per hari lebih mudah daripada mengerjakan sesuatu yang signifikan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Dengan menetapkan tujuan Anda dengan cara ini, Anda dapat melacak kemenangan yang akan membantu Anda maju secara profesional.

Hadiahi diri Anda sendiri atas usaha Anda, dan ingatlah bahwa bahkan langkah maju yang paling kecil pun membawa Anda lebih dekat ke garis finis.

4. Cari Sesuatu untuk Mengalihkan Perhatian Anda

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengalihkan pikiran Anda dari berpikir berlebihan? Ini akan terlihat berbeda untuk setiap orang, tetapi beberapa saran termasuk memperoleh keterampilan dapur baru dan menghadiri kelas kebugaran favorit Anda.

Mengambil hobi baru, seperti melukis, adalah contoh yang baik. Berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat dengan organisasi lokal

Ketika pikiran Anda membanjiri Anda, memulai sesuatu yang segar adalah tantangan. Jika menemukan pengalihan tampak rumit, cobalah menyisihkan sedikit waktu setiap 30 menit. Gunakan waktu ini untuk bereksperimen dengan gangguan baru atau menjelajahi yang lama.

5. Kenali Prestasi Anda

Berhentilah berpikir berlebihan dan ambil buku catatan Anda atau perangkat lunak pencatat favorit Anda di ponsel Anda. Sebutkan lima hal yang berjalan dengan baik dalam seminggu terakhir dan peran Anda di dalamnya.

Ini tidak harus berupa pencapaian yang signifikan. Mungkin Anda menyimpan anggaran kopi Anda atau membersihkan mobil Anda minggu ini.

Anda mungkin terkejut melihat bagaimana detail kecil ini menumpuk saat Anda melihatnya di atas kertas atau layar.

6. Bersyukurlah

Karena Anda tidak dapat memiliki pemikiran menyesal dan bersyukur secara bersamaan, mengapa tidak menggunakan kesempatan untuk berpikir positif?

Setiap pagi dan sore, buatlah daftar hal-hal yang Anda syukuri. Buatlah daftar pertemanan dan tukar rasa syukur, sehingga Anda memiliki seseorang untuk mengingatkan Anda tentang hal-hal baik dalam hidup Anda.

Overthinking adalah sesuatu yang bisa dialami siapa saja. Namun, jika Anda memiliki metode yang cocok untuk mengatasi overthinking, Anda setidaknya dapat mengalihkan beberapa pikiran negatif, cemas, dan stres menjadi sesuatu yang berguna, produktif, dan efektif.

Jika Anda seorang pemamah biak, Anda harus mengetahui beberapa strategi untuk membantu Anda menghentikan siklus pemikiran Anda sebelum ia lepas kendali.

Penting juga untuk bersikap proaktif dalam pendekatan Anda dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari berpikir berlebihan sejak awal.

Adalah mungkin untuk bebas dari pikiran yang merenungkan dengan kesadaran dan beberapa perubahan gaya hidup.

Jika Anda kesulitan menggunakan teknik-teknik ini untuk mengendalikan pikiran yang berlebihan, Anda harus mendapatkan bantuan dari ahli kesehatan mental.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *