Tradisi Bermain Kartu Domino Menjelang H-1 Pesta Hajatan Dengan Sistem Kompetisi

Jsmalfamart.com – Hi sobat jsm yang selalu setia menantikan informasi terbaru dari admin, nah pada kesempatan kali ini admin akan menyampaikan sebuah informasi unik yaitu, Tradisi Bermain Kartu Domino Menjelang H-1 Pesta Hajatan Dengan Sistem Kompetisi.

Di salah satu kampung Adat Kesatuan Adat banten Kidul, tepatnya di Kampung Ciherang Desa Ciherang Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten, memiliki sebuah tradisi unik.

Ya tradisi tersebut ialah Bermain Kartu Domino Menjelang H-1 Pesta Hajatan Dengan Sistem Kompetisi. Permainan ini sendiri hanya sebuah hiburan semata untuk palawari (panitia hajat) untuk mengisi waktu kosong sampai tibanya pesta hajat yakni ke esokan harinya.

“Tradisi yang sudah berlangsung sejak lama ini, sampai kini masih berlangsung dan masih dilestarikan. Warga setempat sudah menganggap tradisi tersebut bukan merupakan sebuah perjudian, melainkan sebuah hiburan.” ujar Bagja salah seorang penduduk setempat pada Jum’at (13/5/2022)

Baca Juga : 3 Ide Bisnis Modal Kecil Untung besar

Pada permainan ini tidak ada sistem taruhan, yang ada hanya sebuah poin, yang mana poin tersebut di dapatkan ketika peserta permainan mampu menghabiskan kartu yang di pegangnya.

Adapun hadiah, telah disediakan oleh tuan rumah yang menyelenggarakan hajat. Dengan hadiah yang nilainya tidak seberapa namun mampu memberikan susana akrab di antara tetangga dengan tuan rumah hajatan atau pesta.

Jumlah peserta sendiri tidak terbatas, namun satu kelompoknya berjumlah empat orang, sedangkan jumlah kelompok yang ikut bermain bisa mencapai sepuluh kelompok bahkan lebih.

Bayangkan jika satu kelompok ada empat orang, jika ada sepuluh kelompok, maka jumlah peserta mencapai 40 orang.

Lokasi untuk diselenggarakannya permainan tersebutpun dapat di lakukan di atas panggung hiburan, atau teras rumah tuan rumah hajatan tersebut, dan berlangsung sampai menjelang subuh.

Sangat seru bukan? lantas bagaimana tradisi di kampung kalian jika ada yang akan menyelenggarakan hajatan? di isi dengan karaokean kah atau dengan kegiatan lainnya?

Nah kalian bisa berbagi pengalaman ya sob, melalui kolom komentar yang sudah admin sediakan di akhir pembahasan ini.

Kekayaan Tradisi Di Kampung Adat

Baca Juga : Zeus And Chienna Cctv Footage Video Viral

Sejatinya, daerah Adat ialah sebuah daerah yang masih berpegang teguh kepada sebuah aturan Adat, yang mana aturan tersebut di turunkan secara turun temurun sampai ke generasi saat ini.

Semua aturan yang ada di dalamnya semata-mata untuk kebaikan bagi para pengikutnya itu sendiri (incu putu).

Dengan adanya perubahan jaman yang begitu pesat, namun Daerah tradisi, mampu mempertahankan eksistensinya dan mampu menjaga serta menjalankan apa yang telah di amantkan oleh leluhurnya.

Kearifan lokal seperti ini, mungkin harus dilestarikan, karena perlu kalian ketahui bahwa terdapat sebuah hikmah yang bisa di ambil dari semua kegiatan ini.

Setidaknya hubungan kekeluargaan serta sosial di kampung Ciherang ini akan terus terjaga dengan utuh.

Salam Penutup

Nah itulah informasi mengenai Tradisi Bermain Kartu Domino Menjelang H-1 Pesta Hajatan Dengan Sistem Kompetisi yang dapat admin sampaikan.

Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan kalian serta lebih mengenal kearifan lokal yang ada di Indonesia tercinta ini.

Pantau dan kunjungi terus Jsmalfamart.com agar kalian tidak ketinggalan informasi menarik lainnya yang admin sampaikan setiap harinya.

Untuk informasi terbaru lainnya bisa kalian dapatkan dibawah ini.

Gallery for Tradisi Bermain Kartu Domino Menjelang H-1 Pesta Hajatan Dengan Sistem Kompetisi

Leave a Reply

Your email address will not be published.