Cara Budidaya Teh Serta Perawatan Dengan Mudah

Jsmalfamart.com – Halo sobat balik lagi dengan kmai pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Budidaya Teh Serta Perawatan Dengan Mudah simak berikut ini.

Tanaman teh termasuk dalam genus Camellia, yang memiliki kurang lebih 82 spesies yang biasanya ditemukan di Asia Tenggara sekitar 30 derajat lintang utara atau selatan khatulistiwa.

Genus Cammelia terdiri dari banyak spesies tanaman yang menarik selain tanaman teh (Camellia sinensis (L.) O. Kuntze), yang dinikmati sebagai minuman yang menyenangkan.

Cara Budidaya Teh Serta Perawatan Dengan Mudah

Tanaman teh berasal dari Cina selatan (Yunan), barat laut Laos, Thailand utara, Burma timur, dan India timur laut, di mana ia tumbuh sebagai vegetasi hutan di zona transisi tropis dan subtropis.

Baca Juga : Cara Budidaya Lobster Dengan Mudah Terbaru
Cara Budidaya Teh Serta Perawatan Dengan Mudah

Tanaman teh pertama kali tiba di Indonesia dalam bentuk biji teh yang didatangkan dari Jepang oleh seorang Jerman bernama Andreas Cleyer dan ditanam sebagai tanaman estetis di Jakarta pada tahun 1684.

Produksi teh

Sejak kemerdekaan, perkebunan teh yang dikuasai oleh pemerintah Hindia Belanda diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sebaliknya, BUMN tetap menggunakan peralatan atau mesin buatan Belanda untuk mengelola tanaman, pengolahan, dan bahkan teknologi.

Sektor swasta sekarang terlibat dalam perkebunan dan perdagangan teh. Dari hulu hingga hilir, bisnis teh dikelola oleh swasta.

Persiapan Bibit

Tanaman teh dapat diperbanyak baik secara vegetatif maupun generatif. Dalam perbanyakan generatif, bahan tanaman dari biji digunakan, sedangkan bahan tanaman dari stek dalam bentuk klon digunakan dalam perbanyakan vegetatif. Benih yang baik memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Kulit biji berwarna gelap dan mengkilat.
  • Isi biji putih terisi penuh.
  • Karena memiliki berat jenis yang lebih besar dari air, ia tenggelam ketika terendam air.
  • Dengan bentuk dan dimensi yang standar.
  • Penyakit, jamur, atau kepik belum menyerangnya.

Memilih Lokasi

Tempat yang dipilih berdrainase baik dan dekat dengan kebun untuk ditanam, memudahkan transportasi. Naungan kolektif terbentuk pada ketinggian 2 meter di atas tanah, dan luas lahan ditentukan oleh permintaan benih atau luas tanam.

Persiapan Media Tanam

Tanah lapisan atas dan lapisan bawah diayak secara terpisah dengan saringan kawat berdiameter 0,5-1 cm untuk menghilangkan kotoran atau batu. Media kemudian harus dicampur dengan pupuk dalam jumlah yang dibutuhkan.

Kapur tanah terlebih dahulu jika memiliki pH asam. Isi polybag dengan 1/3 bagian permukaan dan 2/3 bagian permukaan.

Membuat Tempat Tanam

Buatlah bedengan dengan panjang 20 cm, lebar 1 m, dan panjang 10 sampai 15 m sesuai kebutuhan. Selanjutnya tanah dipupuk dengan pemberian pupuk.

Baca Juga : Cara Budidaya Buah Pir Dengan Mudah

Mengisi Kantong Plastik Sebuah kantong plastik dengan dua pertiga isinya kemudian diletakkan di atas tempat tidur.

Pembuatan Tutup Plastik

Rangka tudung plastik terbuat dari bambu setengah lingkaran yang berukuran 60 cm di bagian tengah dan 40 cm di bagian keliling.

Potongan

Pertama, siram media tanam sampai cukup lembab. Stek harus ditanam sedalam 4-5 cm, ditutup dengan tutup plastik, dan dibiarkan selama 3 bulan.

Setelah tiga bulan, tutupnya dibuka selama dua jam dari 7 hingga 9. Dua minggu berikutnya adalah empat jam per hari, diikuti oleh enam jam per hari, setelah itu tutupnya dapat dibuka sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.