4 Langkah Memilih ukuran TV Yang Tepat

4 Langkah Memilih ukuran TV Yang Tepat

Jsmalfamart.com~ Memilih ukuran TV yang tepat untuk rumah Anda adalah tugas penting. Merek seperti Samsung, LG, TCL, dan Sony, antara lain, menawarkan opsi dengan layar dari 32 inci hingga lebih dari 86 inci untuk dibeli.

Dengan cara ini, pengguna perlu mempertimbangkan detail seperti ukuran TV, lingkungan, dan ponsel atau posisi TV.

Bahkan jarak antara layar dan siapa yang menonton patut diperhitungkan untuk menghindari kerugian dan juga memastikan kenyamanan maksimal saat menikmati TV baru.

Tindakan pencegahan lain, seperti memilih teknologi layar yang cocok untuk ruangan yang lebih terbuka, atau mengorbankan sudut pandang untuk gambar yang superior, juga penting. Simak tips Techidence di baris berikut.

Langkah 1: Periksa pengukuran

Melakukan pengukuran di mana Anda perlu memasang TV penting dalam beberapa kasus, terutama untuk unit yang akan dipasang pada furnitur dengan ukuran yang lebih terbatas (dan bahkan batas berat), atau bahkan di ruangan yang lebih kecil.

Untuk mengukur ruang, Anda perlu mempertimbangkan tidak hanya tinggi dan panjang TV, tetapi juga kedalaman, mempertimbangkan juga jarak yang diperlukan untuk menangani sistem suara, konsol video game, dan aksesori lainnya.

Juga, ingatlah untuk mempertimbangkan alas TV mengenai furnitur yang ingin Anda pakai: hindari desain yang mengekstrapolasi area furnitur untuk menghindari risiko, karena kelebihan apa pun di sini dapat mengundang kecelakaan: mudah terjadi sesuatu meringkuk dan mengetuk TV dari waktu ke waktu.

Langkah 2: Tentukan ukuran layar

Ada hubungan penting antara ukuran layar dan jarak Anda akan tinggal dari TV untuk menentukan rentang resolusi dan jumlah inci layar yang paling direkomendasikan.

Secara umum, TV 55 inci direkomendasikan untuk jarak 2,1 hingga 4,2 meter dan dari 60 inci hingga 2,2 hingga 4,6 meter.

Saat Anda meningkatkan jarak, begitu juga ukuran TV: idenya adalah untuk menemukan keseimbangan ideal antara persepsi kualitas gambar tanpa TV menjadi begitu besar sehingga Anda tidak dapat melihat keseluruhan gambar di bidang penglihatan Anda.

Beberapa kalkulator online memungkinkan Anda menghitungnya, dengan mempertimbangkan jarak dari sofa ke TV, ukuran TV, dan bahkan resolusi ideal untuk setiap situasi ini.

Langkah 3: resolusi tampilan

Resolusi penting karena menentukan tingkat resolusi gambar. Jika Anda duduk lebih jauh dari TV, kemungkinan besar Anda akan merasa sangat sulit untuk melihat perbedaan antara 4K dan Full HD, misalnya.

Namun, TV Full HD kurang umum saat ini, jadi Anda sebaiknya hanya mempertimbangkan resolusi jika Anda ragu antara model 4K dan Full HD.

Langkah 4: Jenis panel

Detail ini mungkin tidak diperhatikan, tetapi ternyata mendasar: ada jenis layar yang mendukung penggunaan televisi di ruang terbuka, di mana orang akan menonton dari sudut yang lebih terbuka, dan ada televisi yang menawarkan kualitas gambar yang lebih baik, tetapi akhirnya up membatasi sudut pandang.

Jika TV baru Anda masuk ke ruang tamu dan akan digunakan oleh beberapa orang secara bersamaan, duduk dengan sudut yang lebih terbuka ke layar, mungkin menarik untuk memperhatikan model dengan layar IPS. Peralatan seperti ini paling cocok untuk jenis penggunaan ini.

Panel tipe VA menjanjikan kontras yang lebih baik yang dikaitkan dengan gambar yang lebih tinggi tetapi sudut pandangnya buruk.

Pada akhirnya, jika TV untuk ruangan atau untuk penggunaan di mana tidak perlu untuk memastikan pengalaman mereka yang duduk di sudut, panel VA mungkin menjadi pilihan terbaik.

Terakhir, jika anggaran memungkinkan, Anda dapat menghindari semua diskusi ini dengan berinvestasi pada layar dengan teknologi yang lebih maju seperti QLED , MicroLED, dan OLED, keduanya mampu menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published.