4 Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri Cirinya

4 Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri Cirinya

jsmalfamart.com– Berikut ini ada 4 Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri Cirinya yang akan kami sajikan didalam sajian pembahasan kali ini.

Pada buku Tematik Perpadu Kurikulum 2013 kelas 5 SD tema 9, terdapat sebuah teks mengenai kenampakan alam.

Berkaitan dengan materi tersebut kita akan mencari tahu apa saja kenapmakan alam wilayah daratan dan juga dengan perairan serta dilenkapi dengan ciri-cirinya.

Indonesia telah memiliki kenampakan alam yang sangat beragam, mulai dari lautan, pegunungan, teluk, danau, sungai, serta dengan pulau.

Peretian kenapakan alam adalah salah satu yang berasa dari alam dan disebabkan oleh peristiwa alam yang disebabkan.

Kenampakan alam juga dapat dipahami sebagai salah satu bentang alam. Kenampakan alam juga dapat dilihat pada salah satu permukaan bumi yang sangat mencakup wilayah daratan dan perairan, kids.

Mari kita simak informasi selengkapnya yang telah kami sediakan didalam sajian artikel kali ini. Silahkan simak pembahasannya sampai akhir.

4 Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri Cirinya

A. Lembah

Tanah yang rendah dan berada di sepanjang sungai atau di kaki gunung. Ciri-ciri lembah yaitu dengan memiliki dinding curam, dibatasi dengan dinding lereng gunung, dan dengan bentuknya yang mungkin sempit, serta dalam.

B. Gunung

Daerah permukaan yang menjulang sangat tinggi ke bagian atas dan telah mempunyai ketinggian lebih dari 1.500 meter. Ciri-ciri gunung, yaitu adalah telah memilikinya ketinggian lebih dari 600 meter dan bukit yang sangat besar.

Baca Juga : Ciri-Ciri Akun Myfxbook Asli Dan Terpercaya

C. Dataran Tinggi

Dataran Yang Tinggi serta dengan dilengkapi luas, telah memiliki ketinggian diantara 200 sampai dengan 1.500 meter dari permukaan yang tinggi. Ciri-ciri dataran tinggi, yaitu berada di sekitar pegunungan atau berada di bagian tempat yang sangat tinggi.

D. Dataran Rendah

Dataran yang rendah serta dengan luas telah memiliki ketinggian diantaranta 0 sampai dengan 200 meter dari permukaan laut. Ciri-ciri dataran rendah, yaitu biasanya akan digunakan untuk melakukan kegiatan tempat tinggal dan produk.

4 Kenampakan Alam Wilayah Perairan dan Ciri Cirinya

Nah, dibawah ini ada 4 Kenampakan Alam Wilayah Perairan dan Ciri Cirinya yang telah kami rangkum didalam sajian artikel singkat kali ini.

A. Selat

Sebuah laut diantara pulau-pulai. Ciri-ciri selat yaitu terletak diantara permukaan daratan, menjorok ke bagian arah daratan, dan dibatasi dengan daratan pada sisinya.

B. Teluk

Bagian laut yang agak menjorok de bagian daratan. Viri-ciri teluk yaitu menjadi pusat rekreasi, terbentuknya di kawasan pinggir laut, dan telah memiliki susunan lembut atau keras yang bersaling-saling.

Baca Juga : Ciri-Ciri Dan Perbedaan Robot Trading Resmi-Ilegal

C. Sungai

Aliran air yang sangat besar dan biasanya buatan alami. Ciri-ciri sungai yaitu memanjangnya dan berkelok-kelok serta dengan memilikinya daya erosi yang sangat kuat.

D. Laut

Kumpulan air asing didalam jumlag yang sangat banyak serta dengan luas yang telah mengerangi dan membagi daratan atas benua atau pulau.

Ciri-ciri laut yaitu, mengadung kadar garam tinggi, yang telah memiliki kadar garam yang sangat tinggi, memiliki terumbu karanmg, dan dengan enggak terlalu terpengaruh oleh keadaan iklim dan cuaca.

Baca Juga : Ciri-ciri Makhluk Hidup Kegiatan Pada Gambar Kelas 3 SD Tema 1

Kesimpulan

Nah, jadi seperti itulah ciri-ciri kenampakan alam dari beberapa wilayah dan tempatnya. Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan didalam sajian informasi singkat kali ini dari pembahasan mengenai 4 Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri Cirinya.

Semoga dengan adanya pembahasan yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahuan baru untuk kamu semua yang sudah menyimaknya sampai akhir.

You May Also Like

About the Author: Gilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *