Mengenal Apa Itu Flutter Dalam Pemrograman

Mengenal Apa Itu Flutter Dalam Pemrograman

Jsmalfamart.com~ Hallo semuanya kembali lagi dengan admin yang baik hati. Pada pembahasan kali ini admin akan mengulas tentang Mengenal Apa Itu Flutter Dalam Pemrograman.

Pengembang telah bertaruh pada Flutter. Kerangka kerja ini, yang dibuat oleh Google, memberikan alat penting untuk menyederhanakan dan mempercepat pembuatan aplikasi asli untuk berbagai platform.

Tapi apa sih Flutter itu? Di bawah ini, saya akan menjelaskan lebih detail tentang kit pengembangan perangkat lunak ini.

Namun, sebelum kita masuk kedalam pembahasan utamanya, disini admin akan memberikan kalian beberapa rekomendasi artikel yang mungkin kalian sukai. Jika kalian menyukainya maka silahkan klik judul dibawah ini.

Apa itu Flutter?

Aplikasi yang dibangun di Flutter memiliki kode yang dikompilasi ke dalam bahasa dasar sistem operasi. Ini berarti bahwa mereka menjadi asli dan secara alami dapat mengakses sumber daya perangkat tanpa memerlukan perantara, menawarkan kinerja yang lebih baik.

Aplikasi juga menggunakan basis kode yang sama. Jadi, jika pengembang membuat aplikasi untuk Android dan iOS, misalnya, tidak perlu melakukan perubahan besar, menghemat waktu dan sumber daya.

Selain itu, widget asli Flutter dioptimalkan untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pengujian, memastikan ada sedikit atau tidak ada masalah kompatibilitas dengan versi sistem operasi yang berbeda.

Perangkat lunak Google memberikan sejumlah alat penting, seperti mesin rendering 2D yang dioptimalkan untuk seluler; perpustakaan ikon berdasarkan Desain Material dan gaya iOS; dan editor baris perintah untuk membangun, membangun, menguji, dan mengkompilasi aplikasi.

Keuntungan dari Flutter

  • Cross-platform: Pengembang dapat membangun aplikasi untuk beberapa sistem operasi;
  • Akses ke sumber daya asli: karena aplikasinya asli, dimungkinkan untuk mengakses berbagai sumber daya perangkat dengan lebih mudah (kamera, Wi-Fi, penyimpanan, dll.);
  • Performa lebih tinggi: Aplikasi memberikan performa lebih tinggi saat kode sumber diubah menjadi kode asli;
  • Mudah dipelajari : Antarmuka Flutter intuitif, memungkinkan pengembang membangun aplikasi tanpa menggunakan banyak kode, sesuatu yang membuat belajar lebih mudah;
  • Hemat biaya: membangun aplikasi dengan basis kode yang sama menurunkan biaya, karena pengembang dapat membuat versi untuk sistem yang berbeda hanya dengan satu basis.

Kekurangan Flutter

  • Relatif baru: Flutter menghadirkan fitur menarik, tetapi relatif baru di pasaran, telah dirilis pada tahun 2017. Kerangka kerja seperti Xamarin dan React Native, misalnya, masih lebih terkonsolidasi dan menawarkan lebih banyak alat;
  • Bahasa ini tidak terlalu populer: Dart adalah bahasa pemrograman yang hebat, tetapi pengembang sering mempertimbangkan opsi lain seperti Java atau Kotlin;
  • Ketidakcocokan Fitur: Karena Flutter adalah perangkat lunak Google, beberapa fitur hanya tersedia untuk Android. Artinya pengembang sistem ini biasanya lebih tertarik menggunakan framework daripada pengembang iOS.
    Oke, sekarang kamu sudah tahu apa itu Flutter dan tahu kelebihan dan kekurangannya.

Gimana? sekarang kalian sudah mengerti bukan apa yang dimaksud dengan Flutter Dalam Pemrograman? jika kalian masih kebingungan maka silahkan komen dibawah.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *