Cara Ampuh Menghindari Bahaya Slippage Kripto

jsmalfamart.comCara Ampuh Menghindari Bahaya Slippage Kripto. Bukan rahasia lagi bahwa cryptocurrency adalah aset digital yang sangat fluktuatif.

Fakta menunjukkan bahwa harga Bitcoin (BTC) dapat berfluktuasi secara dramatis dalam hitungan detik. Inilah sebabnya mengapa crypto tidak direkomendasikan untuk pedagang yang tidak berpengalaman yang tidak memiliki keterampilan manajemen risiko.

Saat memperdagangkan kripto, salah satu risiko paling signifikan adalah terjadinya (selip harga), juga dikenal sebagai slippage. Risiko tergelincir tidak boleh diremehkan. Tentu saja, jika slippage terlalu besar dibandingkan dengan harga yang ditawarkan, trader akan kehilangan lebih banyak uang.

Namun pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang slippage kripto dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghindarinya.

Apa itu Crypto Slippage, dan bagaimana cara kerjanya?

Jenis (selip harga) ini bisa terjadi kapan saja. Kondisi slippage paling umum terjadi di pasar dengan volatilitas tinggi, seperti cryptocurrency.

Namun, karena harga mata uang kripto sangat fluktuatif, pedagang mungkin mengalami selip dan pesanan dieksekusi pada harga yang berbeda. Ini, tentu saja, bisa sangat berbahaya.

Karena selip, posisi Beli terbuka dapat dieksekusi pada harga yang lebih tinggi, menyebabkan pedagang menghabiskan lebih banyak uang untuk koin kripto tertentu.

Anda Harus Mewaspadai Berbagai Jenis Slippage Crypto

Meskipun slip harga crypto tampaknya merupakan hal yang buruk, ternyata dapat menguntungkan. Pasalnya, ternyata ada dua jenis slippage yang harus diwaspadai.

Ketika seorang trader menerima harga yang lebih baik dari penawaran awal, slippage positif terjadi, dan trader mendapatkan keuntungan lebih. Slippage negatif, di sisi lain, mengakibatkan pedagang menerima harga yang lebih rendah dari yang semula ditawarkan.

Baca Juga : 4 Cara Berinvestasi Koin Cryptocurrency Untuk pemula

Trader dapat menggunakan contoh kasus di bawah ini untuk membantu mereka memahami. Contoh Slippage Positif Seorang pedagang membeli koin kripto Dogecoin seharga $100 dengan harga $0,1117, menghasilkan perkiraan Dogecoin sebesar $0,1117.

Namun, ada slippage pada saat eksekusi, dan order dieksekusi pada harga $0,1009. Akibatnya, pedagang menerima jumlah Dogecoin yang lebih besar, kira-kira 999 Doge.

Contoh Kasus Slippage Negatif

Dalam skenario yang sama, seorang pedagang menempatkan pesanan Beli Dogecoin seharga $100 dengan harga $0,1117, menghasilkan probabilitas 895 Doge untuk menerima koin.

Perintah dieksekusi pada 0,12221 karena slippage negatif. Karena koin Dogecoin yang diterimanya hanya 818 Doge, pedagang tersebut kalah.

Apa Penyebab Crypto Slippage dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Slippage bisa terjadi kapan saja, tetapi lebih mungkin terjadi saat kondisi pasar sedang tidak seimbang. Besarnya volume perdagangan dan permintaan harga antar pembeli inilah yang dimaksud dengan tidak seimbang.

Akibatnya, koin kripto terkait mengalami gerakan dan selip (liar), yang bisa positif atau negatif. Saat memperdagangkan cryptocurrency, bagaimana Anda menghindari slippage?

Baca Juga : 6 Buku Trading Terbaik Untuk Meningkatkan Skill Trader Bagi Pemula

Sebagian besar pedagang akan setuju bahwa selip kripto harus dihindari dengan cara apa pun, terutama jika negatif. Alasannya adalah ketika slippage terjadi, trader tidak memiliki kendali atas harga yang akan dieksekusi oleh platform trading.

Memanfaatkan Fitur Pending Orders

Menggunakan fitur pending order adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi slippage kripto. Trader dapat menggunakan fitur ini untuk menetapkan harga mereka sendiri.

Secara umum, ada beberapa jenis pending order, tetapi stop order dan limit order adalah dua yang paling umum. Dalam skenario di mana harga aset kripto terus turun, menjualnya di bawah harga saat ini disebut sebagai sell stop.

Beli aset kripto dengan harga lebih rendah dari harga saat ini, dengan harapan harga akan naik setelah pesanan Beli dieksekusi. Sell ​​Limit: Jual aset kripto pada harga yang lebih tinggi dari sekarang, dengan harapan harga akan turun setelah perintah Jual dieksekusi.

Baca Juga : Fleksibilitas Memulai Trading Forex yang Menguntungkan

Menangani Pertukaran Mata Uang Kripto Slippage mata uang kripto dapat terjadi tidak hanya sebagai akibat dari volatilitas, tetapi juga sebagai akibat dari ketidakmampuan platform perdagangan untuk merespons pergerakan harga yang ekstrem.

Hal ini dapat terjadi ketika platform server yang digunakan tidak dapat merespon order dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan eksekusi menjadi tertunda dan terjadi slippage. Sebagai solusinya, selalu lakukan trading di bursa atau platform trading yang bereputasi baik dengan banyak pengguna aktif.

Membuat Slippage Toleran Menjadi kenyataan

Beberapa broker menawarkan fitur khusus yang memungkinkan harga permintaan dieksekusi dengan toleransi slippage input yang diinginkan. Jika trader menentukan deviasi maksimum 3%, harga akan tetap dieksekusi selama slippage kurang dari atau sama dengan 3%.

Harga permintaan tidak akan dieksekusi jika melebihi ambang batas itu. PancakeSwap, Uniswap, dan Bakeryswap adalah tiga platform yang menawarkan toleransi slippage.

Terlepas dari kenyataan bahwa toleransi slippage default PancakeSwap adalah 0,5 persen, pengguna dapat mengatur persen pergerakan harga maksimum yang dapat diterima.

Kesimpulan

Darei pembahasan diatas sudah dijelaskan bahwa Cara Ampuh Menghindari Bahaya Slippage Kripto yaitu seperti yang telah kita bahas. Banyak sekali cara yang mungkin da[at mengurangi hal tersebut namun kami hanya dapat merekomendasikannya itu saja.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan didalam pembahasan kali ini, semoga dengan adanya pembahasan yang telah disajikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang telah menyimaknya sampai akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.