Apa Yang Dimaksud Dengan Google Search Console?

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Search Console?

jsmalfamart.comApa Yang Dimaksud Dengan Google Search Console? Google menyediakan alat gratis yang disebut Google Search Console yang menyediakan banyak informasi terperinci tentang kinerja situs Anda, masalah keamanan, kesalahan, dan banyak lagi.

Bagaimana cara kerjanya? Itulah yang akan kita bahas hari ini. Apa itu Google Search Console?
Google Search Console adalah seperangkat alat dari Google yang membantu Anda melacak kinerja situs Anda, menemukan masalah, dan membantu peringkat situs Anda lebih tinggi di Google.

Kembali pada tahun 2010, kami menulis panduan pemula menyeluruh untuk Alat Webmaster Google. Sejak itu, terjadi perubahan signifikan pada Alat Webmaster Google, termasuk rebranding sebagai Google Search Console.

Kami telah memperbarui panduan ini untuk menyertakan cara menyiapkan Google Search Console, data apa yang akan Anda temukan tentang situs web Anda, data penting yang mungkin Anda lupakan, dan cara terus memantau setiap masalah yang mungkin memengaruhi peringkat mesin telusur Anda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Search Console?

Jika Anda belum melakukannya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan situs web Anda dengan Google Search Console. Untuk melakukannya, kunjungi situs web Search, masuk dengan Akun Google Anda, sebaiknya yang sudah Anda gunakan untuk Google Analytics.

Klik tombol Tambah Properti di sudut kiri atas, dan Anda akan melihat kotak dialog ini:

  • Panduan konsol pencarian Google menambahkan properti.
  • Pilih awalan URL, karena memberi Anda lebih banyak opsi untuk verifikasi.
  • Selanjutnya, Anda harus memverifikasi situs ini sebagai milik Anda.

Sebelumnya, ini melibatkan keharusan menyematkan kode ke header situs web Anda atau mengunggah file HTML ke server web Anda. Sekarang, jika Anda sudah memiliki Google Analytics, itu akan secara otomatis memverifikasi situs Anda dan Anda akan melihat ini:

  • Otorisasi kepemilikan konsol pencarian google.
  • Jika ini tidak berhasil untuk Anda, gunakan salah satu opsi lain ini untuk verifikasi.
  • Setelah situs Anda diverifikasi, Anda akan ingin mengirimkan peta situs jika Anda memilikinya.

Ini adalah file XML sederhana yang akan memberi tahu Google halaman apa yang Anda miliki di situs web Anda. Jika Anda sudah memilikinya, Anda biasanya dapat menemukannya dengan mengetikkan http://domainanda.com/sitemap.xml untuk melihatnya di browser Anda.

Baca Juga : Cara Melihat Trending Twitter Terbaru di Tahun 2022

Untuk membuat peta situs jika Anda belum memilikinya, Anda dapat menggunakan alat online seperti Peta Situs XML. Jika Anda menjalankan situs web di domain Anda sendiri menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal plugin Google XML Sitemaps.

Setelah Anda mengaktifkan plugin, lihat di bawah Pengaturan Anda di dasbor WordPress dan klik XML-Sitemap. Plugin seharusnya sudah membuat peta situs Anda, jadi tidak ada lagi yang harus Anda lakukan.

Mesin Pencari Belum Diberi Tahu

Salin alamat tautan dan kembali ke Google Search console, lalu tempel di bawah (Tambahkan peta situs baru) di GSC.

Peta situs konsol pencarian google. Mungkin diperlukan beberapa hari bagi Search Console untuk mulai menarik informasi tentang situs web Anda.

Baca Juga : Baca Novel Di Balik Cadar Aisha Full Episode

Pastikan untuk menunggu sebentar, lalu lanjutkan membaca untuk mengetahui apa lagi yang dapat Anda pelajari dari Google Search Console!

Data Apa Yang Dapat Anda Tarik Dari Google Search Console?

Setelah Anda menambahkan dan memverifikasi situs web Anda, Anda akan dapat melihat banyak informasi tentang kinerja situs Anda di GSC.

Ingat, ini adalah alat yang ampuh; ini hanya sorotan dari jenis data baru dan data penting yang harus Anda ingat untuk sesekali diperiksa.

Baca Juga : 5 Faktor yang Digunakan Saat Mengevaluasi Peluang Bisnis

Saat Anda mengunjungi situs web Anda di GSC, pertama-tama Anda akan melihat Ikhtisar Anda. Ini adalah ikhtisar data penting dalam Google Search Console. Anda dapat mengunjungi area tertentu seperti Kesalahan Perayapan, Analisis Penelusuran, dan Peta Situs dari layar ini dengan mengeklik tautan yang berlaku.

Hasil Pencarian

Bagian ini memberikan gambaran umum tentang bagaimana situs Anda muncul di Halaman Hasil Mesin Pencari, termasuk klik total, tayangan, posisi, rasio klik-tayang, dan kueri apa yang ditampilkan situs Anda.

Filter di bagian atas memungkinkan Anda untuk mengurutkan data berdasarkan lokasi, tanggal, jenis pencarian, dan banyak lagi. Data ini sangat penting untuk memahami dampak dari upaya SEO Anda.

Laporan Cakupan Indeks

Laporan ini memberi Anda data tentang URL yang telah dicoba diindeks oleh Google di properti yang Anda pilih dan masalah apa pun yang dialami Google.

Saat Googlebot merayapi Internet, ia memproses setiap halaman yang ditemuinya untuk mengkompilasi indeks dari setiap kata yang dilihatnya di setiap halaman.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video di Laptop Terbaik

Itu juga melihat tag konten dan atribut seperti Judul atau teks alternatif Anda. Grafik ini menunjukkan perincian URL di situs Anda yang telah diindeks oleh Google dan karenanya dapat muncul di hasil penelusuran.

Penutup

Demikian ulasan singkat adar pembahasan Apa Yang Dimaksud Dengan Google Search Console? kali ini. Tetap pantau terus website artikel kami yang selalu membagikan berbagai macam informasi terbaru dan juga kami akan selalu update setiap harinya hanya untuk membagikan berbagai macam informasi kepada Anda semua.

You May Also Like

About the Author: Gilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *