Apa itu Perangkat Lunak dan Bagaimana Cara kita Menggunakannya?

Apa itu Perangkat Lunak dan Bagaimana Cara kita Menggunakannya?

Jsmalfamart.com~ Apa itu Perangkat Lunak dan Bagaimana Cara kita Menggunakannya? ~ Saat ini, perangkat lunak ada di sekitar kita. Pada tahun 2008 , jumlah komputer pribadi di dunia melampaui satu miliar; Saat ini, ada 5,11 miliar pengguna ponsel unik di dunia.

Masing-masing perangkat ini dibentuk oleh sistem operasi, perangkat lunak yang kompleks dengan banyak fungsi yang saling terkait.

Namun, itu hanya menyentuh apa yang dilakukan perangkat lunak. Bisnis dan individu di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak untuk berbagai tujuan. Ini mengatur pembangkit nuklir, jaringan listrik, transportasi, dan utilitas lain yang menyediakan dasar-dasar kehidupan.

Baca juga:

Apa itu perangkat lunak dan perangkat keras?

Perangkat lunak, dalam pengertian yang paling umum, adalah seperangkat instruksi atau program yang menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Perangkat lunak adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan program komputer.

Alan Turing pertama kali mengajukan teori perangkat lunak pada tahun 1935 dalam esainya “Angka yang dapat dihitung dengan aplikasi untuk masalah Entscheidung.”

Namun, kata perangkat lunak ditemukan oleh ahli matematika dan statistik John Tukey dalam edisi 1958 “Bulanan Matematika Amerika” di mana ia membahas program kalkulator elektronik.

Perangkat lunak komputer, atau hanya perangkat lunak, adalah kumpulan data atau instruksi komputer yang memberi tahu komputer cara kerjanya.

Tanpa perangkat lunak, pastinya kebanyakan komputer yang ada diseuluruh dunia tidak akan berguna. Misalnya, tanpa perangkat lunak peramban Internet Anda.

Anda tidak dapat menjelajahi Internet dan membaca artikel ini. Tanpa sistem operasi, browser yang ada dalam komputer anda tidak bisa berjalan.

Ini berbeda dengan perangkat keras fisik, dimana sistem dibangun untuk melakukan pekerjaan.

Lebih mudah dan lebih murah untuk membuat perubahan pada perangkat lunak daripada pada perangkat keras. Itu sebabnya sebagian besar logika kontrol untuk sistem tertanam adalah perangkat lunak bawaan.

Ketika ada kebutuhan untuk mengubah fungsionalitas, jauh lebih baik untuk dapat mem-reflash firmware daripada mengganti board.

Perangkat lunak komputer mencakup program, perpustakaan, dan data terkait yang tidak dapat dieksekusi, seperti dokumentasi online atau media digital.

Kategori Perangkat Lunak

Perangkat lunak sering dibagi menjadi tiga kategori:

  • Perangkat lunak sistem berfungsi sebagai basis perangkat lunak aplikasi. Ini mengontrol fungsi dasar (dan tidak terlihat oleh pengguna) komputer dan biasanya sudah diinstal sebelumnya dengan mesin.

Perangkat lunak sistem akan mencakup sebuah driver perangkat, sistem operasi (OS), kompiler, editor teks, dan juga utilitas yang akan membantu komputer anda beroperasi lebih efisien. Itu juga bertanggung jawab untuk mengelola komponen perangkat keras dan menyediakan fungsi dasar non-tugas khusus.

  • Perangkat lunak pemrograman adalah seperangkat alat untuk membantu pengembang dalam menulis program. Berbagai alat yang tersedia adalah compiler, linker, debugger, interpreter, dan editor teks.
  • Perangkat lunak aplikasi dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Ini menangani banyak sekali tugas standar dan khusus yang ingin dicapai pengguna, seperti akuntansi, komunikasi, pemrosesan data, pengolah kata.

Contoh perangkat lunak aplikasi termasuk suite kantor, aplikasi game, sistem database, dan perangkat lunak pendidikan. Perangkat lunak aplikasi dapat berupa program tunggal atau kumpulan program kecil. Jenis perangkat lunak ini adalah yang paling sering dianggap konsumen sebagai “perangkat lunak”.

Perangkat lunak terdiri dari instruksi dan kode yang diatur dengan hati-hati yang ditulis oleh pemrogram dalam berbagai bahasa komputer tertentu.

Saat ini, hampir semua bangunan yang menggunakan listrik memiliki perangkat lunak. Itu dapat disematkan di gadget atau dipasang di perangkat seluler dan komputer sebagai program.

Kesimpulan

Perangkat lunak menjadi bagian integral dari kehidupan pribadi dan bisnis kita saat ini. Teknologi hari demi hari menembus area baru dan mencapai cakupan yang lebih tinggi. Di bidang bisnis, perangkat lunak memberikan peluang untuk meningkatkan proses saat ini, menciptakan layanan baru, dan menawarkan peluang untuk pertumbuhan yang lebih cepat.

You May Also Like

About the Author: Eri Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *