Apa itu Order Book dan Apa Fungsinya?

56 views

Jsmalfamart.com~ Hallo semuanya jumpa lagi nich dengan admin yang baik hati. Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang Apa itu Order Book dan Bagaimana Cara Kerjanya?.

Apakah anda merupakan seorang trader? jika memang iya pastinya anda sudah mengetahui bukan apa yang dimaksud dengan Order Book?

Namun jika anda masih belum mengetahuinya maka anda tidak perlu khwatir karena anda bisa menyimak pembahasan kami ini sampai tuntas.

Karena dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang Apa itu Order Book dan Bagaimana Cara Kerjanya? kepada anda semua.

Penasaran buka dengan penjelasannya? jika memang iya anda penasraan maka tanpa banyak basa-basi lagi yuk kita masuk kedalam pembahasan intinya dibawah ini.

Apa itu Order Book?

Jadi apa itu order book di bursa? Nah, Order Book adalah daftar antrian harga jual dan harga beli yang ada di pasaran saat itu.

Jika Anda masuk ke marketplace Indodax, klik salah satu aset kripto, lalu scroll ke bawah, maka Anda akan melihat tabel harga jual dan harga beli yang berubah setiap detiknya. Nah, inilah yang disebut buku pesanan.

Perlu anda ketahui bahwa Ada dua bagian dalam order book lho, yaitu pasar jual yang ada di sebelah kiri dan juga pasar beli di sebelah kanan.

Pesanan buku pasar beli mencatat antrian pembelian aset kripto bersama dengan jumlah yang akan dibeli dan harganya. Sedangkan order jual market book adalah daftar aset kripto yang dijual, lengkap dengan jumlah dan harganya

Anda sudah tahu bahwa dengan metode limit, Anda bisa membeli bitcoin dengan harga tertentu. Misalnya Anda punya 1 juta rupiah dan ingin membeli bitcoin dengan harga 100 juta.

Nah, kamu hanya tinggal menulis angka 1 juta di dalam kolom total rupiah, yang kemudian angka 100 juta sebagai limit price, lalu klik beli bitcoin. Setelah itu, pesanan Anda tidak akan langsung dieksekusi, tetapi akan dimasukkan ke dalam daftar buku pesanan.

Baca juga:

Oiya gaes perlu anda Ingat, bahwa Indodax merupakan sebuah marketplace yang bisa mempertemukan para member yang ingin membeli ataupun menjual bitcoin dan juga aset kripto lainnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Indodax ini tidak bertindak sebagai penjual ataupun pembeli.

Untuk Order yang kamu buat tadi akan masuk ke order book dan kamu hanya tinggal menunggu member lain yang mau jual bitcoin 100 juta! Nah, Jika pesanan Anda cocok dengan harga anggota yang ingin menjual bitcoin dengan harga yang sama, maka pesanan Anda akan cocok.

Jadi, misalnya seorang member ingin menjual Bitcoin senilai 500 ribu rupiah dengan harga jual 100 juta, maka order jual akan dieksekusi. Karena sudah ada purchase order senilai 1 juta dengan harga 100 juta yang tercatat di order book.

Namun order beli Bitcoin senilai 1 juta dengan harga 100 juta masih pending karena, dari 1 juta yang dieksekusi hanya 500 ribu. Jadi anda masih mempunyai sisa 500 ribu, dan kamu harus menunggu sampai ada order lagi yang menjual bitcoin dengan harga 100 juta.

Jika pesanan terpenuhi, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pesanan telah dieksekusi!

Namun, lain halnya jika Anda menggunakan metode market/instant order! Misalnya di market selling orderbook ada yang mau jual 1 juta bitcoin di harga 101 juta dan 5 juta bitcoin di harga 102 juta.

Dengan metode market/instant, Anda hanya perlu mengisikan jumlah rupiah yang ingin Anda gunakan untuk membeli bitcoin. Setelah mengklik beli bitcoin, pesanan Anda akan langsung dieksekusi ke harga jual terendah di buku pesanan!.

Fungsi Order Book

Nah, sebenarnya apa sih fungsi order book itu? Salah satu fungsi Order Book adalah untuk membantu Anda melihat berapa banyak order beli atau jual di pasar aset kripto.

Sehingga dengan begitu, Anda bisa melihat berapa banyak permintaan yang ingin memiliki bitcoin atau yang ingin melepas bitcoin.

Sekarang Anda juga dapat melihat apakah ada anggota yang ingin membeli atau menjual aset kripto dalam jumlah besar. Biasanya pesanan seperti ini akan disorot dengan warna kuning di buku pesanan.

Kesimpulan

Sampai di sini, tentunya Anda sudah mengetahui apa itu order book di sebuah marketplace. Jika masih ada yang belum dipahami, Anda bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Jika menurut kalian kartikel ini bermanfaat, jangan lupa like comment subscribe dan share ke teman-teman kalian!

Gallery for Apa itu Order Book dan Apa Fungsinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *