Cara Memulai Bisnis Otomotif Bagi Pemula

Jsmalfamart.comStrategi Bisnis Otomotif Bagi Pemula. Anda akan memulai bisnis otomotif? tidak tau mau mulai dari mana? Nah, kebetulan karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Cara Memulai Bisnis Otomotif Bagi Pemula.

Bisnis yang cukup sukses dan banyak peminatnya adalah bisnis otomotif. Seperti yang Anda ketahui bisnis yang satu ini cukup menguntungkan. Namun, yang harus anda miliki adalah modal dan keahlian tentunya.

Begitu juga dengan menyiapkan teknisi atau mekanik yang menguasai dunia perbengkelan (memiliki pengalaman kerja yang cukup di bidangnya), teknisi yang handal tentunya dapat diandalkan untuk mengatasi berbagai keluhan konsumen terhadap kendaraannya.

Berikut telah kami sajikan pembahasan lengkap tentang Cara Memulai Bisnis Otomotif Bagi Pemula dibawah ini.

Cara Memulai Bisnis Otomotif

Salah satu langkah utama sebelum Anda benar-benar membuka bengkel motor atau mobil adalah menentukan lokasi usaha yang tepat, karena pemilihan lokasi ini di masa depan akan sangat menentukan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Studio Musik Bagi Pemula Terbaru

Apakah bengkel yang Anda mulai sepi atau ramai, dengan mempertimbangkan hal tersebut dapat memaksimalkan pendapatan Anda. berikut beberapaeberapa aspek penting dalam memilih lokasi yang sebaiknya Anda hindari antara lain dibawah ini.

1. Lokasi Tenang

Sebaiknya hindari beberapa lokasi yang memang membutuhkan ketenangan di sekitarnya, misalnya di pinggir puskesmas, di pinggir sekolah, di pinggir rumah sakit.

kemudian di karena yang namanya usaha bengkel pasti akan menimbulkan suara yang keras dan ini mungkin sangat mengganggu tempat-tempat yang digunakan. disebutkan di atas.

2. Lokasi Yang Banyak Kendaraan

Lokasi bagus berikutnya adalah membuka usaha bengkel yang rata-rata memiliki kendaraan. Mungkin sekarang tidak terlalu penting, karena saat ini rata-rata setiap rumah/keluarga pasti memiliki kendaraan.

3. Situasi Bengkel Mudah Untuk Berhasil

Nah aspek ketiga dalam memilih lokasi adalah mencari lokasi yang sangat mudah dijangkau oleh semua orang sehingga kendaraan yang akan di servis bisa masuk.

Jangan buka bengkel mobil dan motor yang terletak di gang kecil yang bahkan sepeda motor pun kesulitan mengakses jalan. Jika perlu, Anda akan membuka bengkel yang terletak tepat di sisi jalan di luar kota.

4. Pastikan Lokasi Bengkel Memiliki Zona Parkir

Pastikan juga Anda memiliki tempat parkir yang cukup luas untuk menampung sejumlah besar mobil atau sepeda motor agar mereka tidak perlu mengantri dan memarkir kendaraan yang mereka perlukan untuk diservis di pinggir jalan.

Khusus untuk parkir mobil, karena perbaikan mobil memakan waktu lebih lama bahkan harus menginap jika kerusakannya sudah sangat parah.

5. Tentukan Pasar

Walaupun usaha yang anda jalankan sama dengan usaha perbengkelan, minimal ada 4 varian usaha perbengkelan, tentunya keempat macam usaha perbengkelan ini memiliki perbedaan satu sama lain yang didukung pangsa pasar/target pasar/ pasar dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

6. Pembukaan Workshop Politisi

Jika Anda punya banyak sumber dana dan perlu membuka bengkel politisi, Anda harus disibukkan dengan hal-hal kecil seperti menghubungi cabang pusat dan menandatangani perjanjian kerja sama.

Biasanya bengkel resmi pusat akan menyediakan berbagai kondisi yang harus Anda sesuaikan sebelum Anda diberi izin dan lisensi khusus dari dealer resmi pusat.

7. Pembukaan Workshop Umum

Bagi Anda yang masih dalam tahap pemula, membuka bengkel umum semacam ini seringkali menjadi alternatif jika sumber dana yang Anda miliki sangat terbatas.

Biasanya bengkel umum ini melakukan pekerjaan yang memiliki penggantian oli, jual beli dan pemasangan suku cadang, perbaikan kecil pada mesin listrik, servis berkala standar dan seterusnya.

8. Buka Workshop Tune Up

Sesuai dengan namanya, bengkel Tune Up tentunya memiliki layanan yang lebih khusus atau spesifik bagi yang ingin melakukan sedikit ubahan/modifikasi mesin yang bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Salah satu detail yang harus Anda miliki adalah mekanik atau teknisi yang handal dan memiliki kemampuan khusus untuk siap melakukan semua ini.

9. Buka Workshop Aksesoris dan Modifikasi

Beberapa orang juga ingin tahu tentang mengubah tampilan wahana mereka, yang tujuannya adalah untuk menarik perhatian semua orang pada jalan yang mereka butuhkan atau bahasa keren mereka untuk menarik perhatian.

Dan sebagian besar pemilik kendaraan bermotor juga terlintas untuk melakukan modifikasi mulai dari modifikasi kecil seperti memasang aksesoris hingga modifikasi ekstrim.

Dalam bentuk merubah keseluruhan tampilan motor/mobil. Oleh karena itu, membuka bengkel modifikasi dan jual beli aksesoris juga terbuka lebar untuk Anda.

10. Persaingan

Selain poin-poin di atas, ada poin lain yang perlu Anda ketahui sebelum membuka bengkel. Yaitu dengan mempertimbangkan berapa persen kompetitor atau kompetitor yang Anda miliki. Baik dari segi customer service maupun dari jumlah bengkel yang ada di sekitar.

Semaksimal mungkin menekan tingkat persaingan yang tinggi, apalagi membuka bengkel yang memiliki layanan setara dengan bengkel terdekat. Karena hal ini malah dapat menimbulkan kesan persaingan yang tidak sehat bagi semua pihak.

Namun jika Anda sudah menemukan lokasi yang sangat cocok dan tidak bisa menghindari persaingan bisnis, sebaiknya Anda hitung seberapa bagus layanan yang diberikan oleh bengkel saingan.

Kemudian lakukan analisa lebih dalam untuk lebih memaksimalkan layanan yang Anda berikan kepada konsumen, atau singkatnya. Cari kekurangan bengkel saingan agar kami bisa melayani konsumen dengan jauh lebih baik.

11. Manajemen Teknis

Zat yang lengket dan kental d manajemen dan teknisi yang handal adalah bagian terpenting dari sebuah bisnis bengkel, terutama bagi anda yang masih dalam perintisan / drawing board. Manajemen yang dimaksud meliputi manajemen internal dan manajemen purna jual.

Manajemen internal ini, misalnya, adalah kemampuan Anda dalam mengatur keuangan, kekuatan untuk mengisi ulang suku cadang yang cepat habis kemudian.

Dan manajemen purna jual ini meliputi pelayanan dan kepuasan pelanggan, karyawan yang ramah terhadap konsumen. Teknisi yang selalu terlihat bersih dan rapi, dan yang tidak kalah penting adalah tindak lanjut pelanggan.

Baca Juga : Strategi Sukses Bisnis Jual Buah-buahan Terbaru

Menanyakan kepada pelanggan apakah mereka puas atau tidak untuk mendeteksi hal-hal yang kurang dan itu kami melakukan perbaikan secepat mungkin.

12. Perengkapan Kerja

Bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia perbengkelan mungkin adalah perlengkapan kerja yang lengkap. Lengkap atau tidaknya peralatan kerja ini akan mempengaruhi standar dan hasil pekerjaan. Ganti peralatan kerja secara berkala, seperti mengganti kunci yang sudah mulai aus atau rusak.

Akhir Kata

Bagaimana mudah bukan Cara Memulai Bisnis Otomotif? Ya, demikian pembahasan singkat yang dapat kami bagikan semoga dapat membantu Anda dalam memulai bisnis ini dan tentunya semoga bermanfaat.

Jangan lupa nantikan pembahasan menarik lainnya hanya di jsmalfamart.com karena kami akan terus memperbaharui informasi terupdate lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.