Tips Membeli dan Memahami Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan

68 views

Jsmalfamart.com – Hallo covizens semuanya, Di era teknologi seperti sekarang ini, laptop sangat dibutuhkan oleh semua orang. Bahkan, itu adalah barang yang harus dimiliki.

Laptop sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas. mulai dari guru, dosen, mahasiswa hingga mahasiswa sebenarnya membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitasnya.

Seperti halnya seorang guru untuk bahan pelajaran digital dan siswa untuk belajar modul digital. Hal ini mengakibatkan peningkatan laptop konsumen di pasar.

Namun, dibalik meningkatnya jumlah konsumen laptop di pasaran adalah masih banyak dari kita yang baru menggunakan laptop dan pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai Tips Membeli dan Memahami Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan Anda, Simak ulasannya.

Tips Membeli Laptop

Tips membeli laptop yang harus anda ketahui adalah belilah sebuah laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan sebagai konsumen, sebenarnya yang diinginkan adalah barang yang manis berkualitas dengan harga yang murah atau standar produk yang minimal seperti harga yang diberikan.

Baca Juga : Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 2021
cara membeli laptop

Nah Berikut beberapa hal yang dapat anda perhatikan dalam membeli sebuah Laptop impian Anda.

1. Kebutuhan Laptop

Sebelum kita membeli laptop, kita harus menganalisa kebutuhan akan sebuah laptop. Secara garis besar kebutuhan akan laptop terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Laptop kantor, biasanya hanya digunakan untuk mengetik, mencatat musik atau bermain game ringan. Untuk laptop jenis ini, Anda tidak perlu VGA, RAM, prosesor tinggi, kualitas standar saja.

Desain Grafis Laptop, biasanya digunakan untuk mendesain logo, mengedit video, terkadang untuk mengetik atau bermain game ringan hingga sedang. laptop jenis ini membutuhkan VGA yang tinggi dan prosesor yang tinggi untuk mendukung kebutuhan grafisnya.

Laptop gaming, biasanya biasa bermain game yang memiliki performa stabil, kualitas grafis yang tajam dan jernih serta digunakan dalam waktu yang lama. Untuk laptop jenis ini, VGA yang tinggi dan seimbang sangat dibutuhkan dengan standar prosesor dan kapasitas RAM yang sangat besar.

2. Merek Laptop dan biaya

Setelah mengetahui laptop seperti apa yang kita inginkan, langkah selanjutnya adalah mencari merek laptop yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang kita inginkan.

Kami ingin memahami, bahwa menemukan laptop yang “sesuai” dengan apa yang sebenarnya kita butuhkan memang mudah dan sulit. Karena setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Contoh sederhananya, kita ingin laptop dengan spesifikasi prosesor minimal Intel Core i3, RAM 2GB, HDD 500GB, DVD-RW dan WI-FI dan bisa digunakan untuk keperluan kantor saja.

Pada merk A spesifikasinya adalah Intel Core 2 Duo, RAM 4GB DDR3, HDD 500GB, DVD-RW. Sedangkan pada merk B spesifikasinya adalah Intel Core i3, RAM 4GB DDR3, HDD 250GB, tanpa DVD-RW.

Karena dibuat untuk keperluan kantor yang sering membutuhkan DVD-RW dan sebaliknya malas untuk menggunakan perangkat tambahan seperti DVD-Externals, maka akan lebih memilih merek A, meskipun kualitas prosesornya kurang dari merek B.

Contoh Merek Laptop keunggulan dan kekurangan

Melihat manis tidaknya sebuah merek atau brend laptop juga bisa dilihat dari ciri khas setiap merek laptop, karena setiap merek pasti memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ringkasannya:

  • Laptop HP, keuntungan mendapatkan konstruksi yang kokoh dan oleh karena itu kinerja sistem paling stabil dengan kinerja yang baik, tetapi kekurangannya adalah jumlah yang lebih kecil menarik dan oleh karena itu kualitas layar LCD rendah sehingga kadang-kadang muncul titik piksel.
  • Axioo, kelebihannya harganya sangat murah karena merupakan produk daerah dan memiliki pilihan warna yang menarik juga karena pelayanannya yang sederhana, namun kekurangannya adalah daya tahan baterai mudah drop, WIFI sering bermasalah sehingga charger mengalami panas berlebih saat digunakan.
  • Laptop Lenovo, kelebihannya adalah harganya relatif murah untuk seri idea-pad dan untuk seri thinkpad sangat awet, tetapi standar merek ini tidak sebagus ketika dikelola oleh Amerika dan oleh karena itu keberadaannya service center di Indonesia tidak banyak.
  • Toshiba, keunggulannya dipahami sebagai laptop yang tahan lama dan memiliki masa pakai yang relatif lebih lama dibandingkan merek lain, namun harga di pasaran relatif mahal dibandingkan merek lain dengan spesifikasi setara.
  • Laptop ASUS yang keunggulannya adalah desain yang menarik dengan harga yang terjangkau dan rata-rata memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk gaming, namun brand ini terlalu dini untuk merilis seri terbarunya dengan kualitas yang lebih baik dengan harga yang setara setiap bulannya agar banyak pembeli yang kecewa karena mereka sudah membeli seri yang setara. sebelumnya.
  • Acer yang keunggulannya adalah harga yang murah dan pelayanan yang baik serta desain yang menarik, namun merek ini juga dikenal dengan konstruksi casing yang rapuh dan keyboard yang inferior.

3. Garansi dan perbaikan

Garansi adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih sebuah laptop, karena masa garansi sering menjadi acuan suatu produk yang memiliki kualitas baik atau tidak.

Dalam membeli laptop, pastikan juga ketersediaan service centernya. Usahakan jangan dekat-dekat dengan service center atau minimal di dalam kota tempat Anda membeli laptop tersebut.

Hal ini akan memudahkan kita ketika ada kendala atau kerusakan pada laptop yang sudah dibeli, agar setiap kerusakan atau kendala sering cepat teratasi.

Memahami Spesifikasi Laptop

Tips Membeli dan Memahami Spesifikasi Laptop, Bagi anda yang baru dan menggunakan laptop pasti akan sering bingung saat ingin menetap di laptop, apalagi jika ditanya oleh vendornya. “Laptop apa yang mau dibeli? Apa spesifikasinya?”.

Tentu bagi yang masih baru akan bingung menjawab pertanyaan seperti itu. Nah, pada artikel kali ini kita akan memahami spesifikasi laptop beserta rekomendasi untuk membelinya. Sebelum kita semua mengetahui apa yang dimaksud dengan spesifikasi laptop.

Baca Juga : Penjelasan dan Kepanjangan CC Motor Terbaru
spesifikasi laptop

Spesifikasi laptop atau orang sering menyebutnya “spek laptop” adalah kemampuan hardware yang dirangkai selama sebuah laptop.

Untuk bekerja pada perangkat lunak (software) yang terpasang di dalamnya berkat perangkat keras yang dirakit selama sebuah laptop. Jadi yang menentukan bagus tidaknya spesifikasi sebuah laptop adalah hardwarenya.

1. Ukuran layar

Ukuran layar pada laptop biasanya diukur dalam inci. Semakin besar dimensinya, semakin besar pula ukuran layar yang disediakan dan justru semakin memberikan kenyamanan bagi pengguna. Untuk saat ini, semua laptop sudah menggunakan layar LCD karena LCD lebih hemat energi.

2. Prosesor

Prosesor adalah otak utama dari sebuah komputer yang berfungsi untuk mengatur seluruh jalannya suatu sistem komputasi. Keadaan processor berada di dalam tas yang telah disediakan pada motherboard pc.

Komponen ini memiliki kekuatan yang sangat besar, karena prosesor merupakan bagian dari pc yang menentukan kecepatan sebuah komputer. Jenis prosesor yang cukup terkenal dan kompetitif di pasaran adalah prosesor buatan Intel dan AMD.

3. RAM

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu jenis memori pada laptop yang berfungsi untuk menyimpan data dan pemrosesan sementara. Semakin tinggi kapasitas memori, semakin leluasa Anda memproses banyak aplikasi.

Untuk dimensi RAM yang ada di pasaran bervariasi mulai dari RAM 1 GB bahkan sampai saat ini ada yang mencapai 32 GB RAM.

4. Harddisk atau HDD

HDD (Hard Disk Drive) dapat menjadi media penyimpanan data. Semakin besar kapasitas hard disk, semakin banyak data yang akan disimpan. Dan seiring berjalannya waktu, sekarang ada kapasitas disk drive hingga I TB (Terra bytes).

5. VGA

Video Graphics Accelerator (VGA) mungkin merupakan komponen laptop yang berfungsi untuk mengolah data grafik untuk ditampilkan di layar monitor.

Baca Juga : Selebgram Ambon Viral! Video Live Streeming 1.12 Menit Gratis Download

VGA juga dilengkapi prosesor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memori. semakin tinggi kualitas VGA, semakin tinggi standar grafis yang ditampilkan. Beberapa perusahaan yang memproduksi VGA Card dengan kualitas yang baik adalah ATI dan NVIDIA.

Akhir Kata

Bagaimana sudah mengerti bukan cara atau Tips Membeli dan Memahami Spesifikasi Laptop sesuai kebutuhan? Ya, Demikian ulasan singkat yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaan dan menginspirasi bagi Anda.

Nantikan pembahasan menarik lainnya hanya di jsmalfamart.com karena kami pastinya akan selalu mengupdate berita-berita dan informasi terbaru.

Gallery for Tips Membeli dan Memahami Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *