10 Tips Bisnis Kuliner yang Cocok untuk Pemula

Jsmalfamart.com – Semua orang pasti pernah makan, tak terkecuali orang Indonesia yang gemar kuliner. Layanan pesan-antar makanan juga sedang booming. Dan di Artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara memulai bisnis kuliner yang cocok untuk pemula, berikut pembahasannya.

Cara memulai usaha kuliner, sebenarnya Anda ingin berkonsentrasi pada strategi. Hal ini sering terjadi karena strategi dalam memulai bisnis dapat memprediksi seberapa sukses bisnis tersebut nantinya. Selain membutuhkan teknik, memulai bisnis kuliner membutuhkan modal yang harus diperhatikan.

Agar Anda tidak mengikuti jejak orang-orang yang gagal ini, ada baiknya Anda mencoba melakukan persiapan yang matang sebelum memulai bisnis kuliner. Berikut 10 tips dan cara memulai bisnis kuliner:

1. Tentukan Bisnis Kuliner Anda

Hindari memulai bisnis kuliner hanya karena mengikuti tren. Karena tren seringkali hilang seiring berjalannya waktu. Jika Anda hanya mengikuti tren, maka di masa depan bisnis yang Anda buka bisa gagal.

Baca Juga : Ide Usaha Pinggir Jalan Yang Menguntungkan

Anda bisa memulai bisnis kuliner sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Selain itu, memulai bisnis kuliner dengan bisnis yang sesuai dengan minat Anda, seringkali lebih disengaja dan juga berkomitmen pada bisnis yang Anda mulai.

bisnis kuliner

2. Pahami Target Pasar

cara memulai bisnis kuliner bagi pemula, Anda juga harus memahami target pasar yang dituju. Dengan begitu, Anda akan tahu betul apa yang harus dicoba agar bisnis kuliner Anda semakin ramai.

Baik dari segi desain produk hingga cara promosi. Untuk mengetahui target pasar dengan benar atau usaha untuk pemula dengan modal kecil, Tips Memulai Bisnis Kuliner, Anda akan melakukan hal-hal di bawah ini.

cara memulai bisnis kuliner target pasar
  • Perkirakan siapa yang paling membutuhkan produk Anda

Tidak ada formula pasti untuk melakukan yang satu ini. Bayangkan, misalnya, Anda menjual produk kopi dan susu, siapa pasar yang paling strategis itu? Murid? Pekerja lepas? Pegawai kantor? Anak muda?

  • Survei bisnis pesaing

Pergi ke bisnis kuliner pesaing. Cobalah beberapa produk yang akan menjadi pesaing Anda. Kemudian coba buat perkiraan, siapa target pasar mereka? Apa yang disukai pelanggan tentang produk pesaing? Hal apa yang dapat Anda tiru dan kembangkan lagi?

  • Perhatikan ulasan dari bisnis pesaing

Untuk melengkapi pemahaman Anda tentang target pasar Anda, tentukan bagaimana orang menilai bisnis pesaing Anda. Agar berkembang, Anda harus langsung memantau dari platform seperti Google Bisnisku, TripAdvisor, Qraved, Traveloka Eats, dan masih banyak lagi.

  • Bicaralah dengan pelanggan potensial

Terima kasih yang paling efektif untuk mengidentifikasi target pasar Anda adalah berbicara kepada pelanggan potensial. Untuk itu, coba gali wawasan tentang bisnis kuliner dari teman atau kolega terdekat Anda.

Jenis makanan, minuman, atau camilan apa yang mereka sukai? berapa harga wajar untuk satu porsi barang dagangan yang dijual? Apakah ada varian produk yang benar-benar ingin Anda coba?

  • Buat persona pembeli

Persona pembeli adalah deskripsi sempurna dari target pasar Anda. Deskripsi ini didasarkan pada penelitian dan pengetahuan yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Berbekal persona pembeli, Anda akan mengembangkan produk yang tepat dan melakukan promosi produk dengan cara yang lebih terfokus.

3. Tentukan situasi Bisnis Makanan

Lokasi merupakan prinsip yang harus dipatuhi saat memulai bisnis makanan. Tak terkecuali saat memulai bisnis kuliner. Baik itu restoran atau hanya berkendara melalui, lokasi tetap memainkan peran penting untuk bisnis kuliner. Itulah mengapa kami mengumpulkan beberapa kiat untuk membantu Anda memilih lokasi bisnis.

cara memulai bisnis kuliner 2
  • Tentukan ukuran tempat

Anda sudah harus memahami proporsi ruang yang Anda inginkan untuk dijadikan area bisnis. apakah seseorang membutuhkan tempat makan yang luas untuk makan? mungkin lounge sederhana untuk melahap pesanan cukup?

  • Menyediakan tempat parkir

Pahami bahwa ini sering merupakan hal wajib yang harus Anda percayai. Tanpa area, calon pelanggan akan berpikir 100 kali untuk mencegaholeh rumah penjualan Anda, teman.

  • Pastikan lokasi bisnis dilengkapi dengan fasilitas

Pastikan tempat yang Anda pilih sebagai area figur tidak membutuhkan renovasi yang berlebihan. Setidaknya pastikan tempat tersebut memiliki toilet, sistem yang baik, dan ventilasi yang baik.

  • Lihatlah lingkungan di sekitar lokasi

“tetangga” Anda? Atau apakah Anda satu-satunya pengusaha kuliner di lokasi Anda? Secara teori, lokasi yang terkenal bisa membuat bisnis Anda laris.

Namun, itu bahkan bisa membuat bisnis Anda memiliki banyak persaingan. Oleh karena itu, pertimbangkan juga bagaimana lingkungan di sekitar lokasi bisnis Anda.

  • Mulai sedikit demi sedikit

Menemukan lokasi yang strategis dapat menyebabkan Anda tidak sadar membayar sewa. Agar ekonomis dan menguntungkan, Anda bahkan ingin membayar sewa tiga tahun di muka! Eh, tunggu sebentar.

Jangan terburu-buru, mulailah dengan sewa dengan durasi waktu yang paling sedikit. Strategi ini diperlukan untuk menghindari hal terburuk saat menjalankan bisnis.

4. Modal Usaha Awal

Tips bisnis kuliner bagi pemula selanjutnya adalah modal awal. Jika Anda hanya memiliki sedikit modal, Anda akan melakukan beberapa upaya untuk menyembunyikan kekurangan modal.

Anda menutupi kekurangan modal awal dengan mengundang atau mencoba mencari rekan kerja untuk diajak bekerja sama. jika tidak, Anda dapat melakukan pinjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR untuk UKM.

modal bisnis kuliner

Selain itu, dimensi modal yang Anda miliki bergantung pada bagaimana bisnis yang akan Anda jalankan. Jika bisnis yang Anda mulai sudah berjalan, Anda akan menyisihkan setengah dari keuntungan untuk dijadikan modal tambahan.

Namun, jika Anda meminjam dana dari organisasi keuangan, jangan lupa untuk membuat laporan keuangan. Hal ini sering dilakukan agar organisasi keuangan yang Anda pinjam dapat menentukan bagaimana bisnis berkembang.

5. Desain Produk

Strategi bisnis kuliner selanjutnya adalah Desain yang tidak boleh Anda sepelekan. Langkah ini menentukan banyak aspek penting dari perjalanan kerja kuliner Anda.

Mulai dari pilihan bahan baku, harga pokok penjualan, rasa dan kualitas, kemasan, rasa dan kualitas barang dagangan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :Apa Penjelasan Wirausaha, Definisi Wirausaha Serta Wirausaha Pemerintah?

Apalagi Anda pintar berkreasi membuat kuliner yang unik dan kekinian. Maka untuk itu, saya mempercayakan desain merchandise sepenuhnya kepada Anda.

desai produk bisnis kuliner

Namun, agar Anda lebih efektif, ada beberapa tips yang ingin saya bagikan kepada Anda. petunjuk berikut tidak dimaksudkan untuk merendahkan.

Namun, seringkali menjadi panduan agar produk yang Anda miliki bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal: Catat semua bahan dan proporsi yang biasa digunakan untuk membuat merchandise.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk menghitung nilai produk yang dijual dan membuat tipikal procedure (SOP). Buat beberapa macam contoh produk untuk satu varian produk yang ingin Anda jual saja. Dengan begitu, Anda akan tahu varian mana yang paling enak untuk merchandise yang ingin Anda jual.

6. Tentukan Supplier yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Tentu saja Anda menginginkan pasokan bahan baku dasar agar dapat diolah menjadi produk jadi. Untuk itu, Anda membutuhkan pemasok yang mampu memasok bahan baku yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang masih pemula, mungkin Anda akan berbelit-belit sendiri dengan berbelanja di pasar. Tetapi jika bisnis Anda besar, maka Anda akan membeli langsung dari pemasok atau produsen.

Tentukan Supplier yang Sesuai dengan Bisnis kuliner

Seperti restoran berbintang lainnya, Anda akan langsung mendapatkan bahan-bahan paling sederhana di pasaran. selain itu, dengan membuat perjanjian dengan pemasok, Anda masih dapat melakukan pembayaran di atas waktu Anda . Tentu saja, jika kedua belah pihak mematuhinya.

7. Rekrut Personil Tambahan

Tips Memulai Bisnis Kuliner selanjutnya, Tergantung bisnis kuliner apa yang akan Anda geluti. Jika Anda ingin membuka restoran, sebenarnya Anda membutuhkan karyawan. Alasannya sangat sederhana, yaitu untuk membantu Anda dalam menyiapkan makanan, menjadi pelayan, kasir, mencuci piring, atau pekerjaan lainny.

Jika hanya ingin mengantre warung makan, maka kehadiran personel tambahan tidak terlalu diperlukan. Namun, akan lebih mudah jika Anda menggunakan satu atau dua orang.

ekrut Personil Tambahan

8 Promosikan Usaha Anda

Promosikan bisnis Anda kepada orang-orang untuk untuk menambah peminat bisnis Anda. cara memulai bisnis kuliner berhasil jika dapat memuaskan konsumen yang berkunjung ke tempat anda dan nantinya menjadi pelanggan setia.

Melalui pelanggan setia ini, cerita tentang keunggulan bisnis kuliner Anda akan tersebar ke masyarakat umum. Jika Anda punya dana lebih.

promosi usaha kuliner

Tidak ada salahnya mempromosikan bisnis Anda melalui media, seperti spanduk, papan nama, pamflet, leaflet, selain itu Anda juga bisa berpromosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi.

9. Membuat Website Bisnis Anda

Website itu sendiri sangat berguna untuk bisnis Anda dalam jangka panjang, sobat. situs internet membantu bisnis Anda menjadi lebih mudah dicari , mendapatkan reputasi yang jujur, dan dapat menarik lebih banyak pembeli.

Jadi, jangan heran jika situs web mungkin menjadi saluran yang harus dimiliki untuk Membangun Sukses Online. Dalam hal bisnis kuliner, situs web juga memiliki many menggunakan.

promosi usaha kuliner

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan setelah Anda memiliki situs web sendiri:

  • Tampilkan menu
  • Menampilkan suasana tempat melalui foto
  • Sederhanakan sistem reservasi di restoran
  • Menjual produk secara online
  • Tampilkan informasi cabang restoran
  • Tampilkan kontak untuk pembelian produk secara massal
  • Kontak untuk informasi penjualan izin usaha
  • Sangat menarik bukan? Dengan situs internet, peluang Anda untuk mengembangkan bisnis tidak terbatas. Itulah mengapa saya membahas bisnis karena kunci memulai bisnis kuliner yang menjanjikan.

10. Cek di Google Bisnisku

Langkah yang satu ini memastikan Anda akan memiliki bisnis kuliner yang menjanjikan. dimanapun bisnis kuliner Anda berada, tidak akan menjadi hambatan. Karena Google Bisnisku dapat membantu Anda berbagi tempat dan info penting lainnya tentang bisnis Anda.

Baca Juga : 5 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Terbaru di Tahun 2021

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain dari Google Bisnisku. misalnya, memberikan info lokasi melalui Google Maps, menampilkan ulasan pelanggan, media komunikasi, dan masih banyak lagi.

google bisnisku usaha kuliner pemula

Berkat ini cara daftar Google Bisnisku, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka halaman Google Bisnisku dan klik tombol awal Sekarang
  • Masukkan nama bisnis kuliner Anda
  • Masukkan alamat lengkap rumah usaha Anda
  • Sesuaikan alamat dengan koordinat Google Maps
  • Lengkapi pengetahuan tentang kategori bisnis
  • Isi kontak telepon dan situs web
  • Terakhir, putuskan apakah Anda ingin berlangganan berita Google atau tidak
  • Setelah mendaftarkan Google Bisnisku, Google akan memverifikasi.
  • Verifikasi ini diselesaikan dengan mengirimkan surat ke alamat Anda.
  • Nanti, yang harus Anda coba adalah memasukkan kode verifikasi di dalam surat itu ke akun Google Bisnisku milik Anda.

Akhir Kata

Sekian pembahasan Artikel tentang Tips Memulai Bisnis Kuliner yang Cocok untuk Pemula, semoga dapat membantu Anda untuk memulai usaha kuliner dan tentunya bermanfaat. Nantikan perkembangan Artikel lainnya yang tidak kalah menarik hanya di jsmalfamart.com

Gallery for 10 Tips Bisnis Kuliner yang Cocok untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.