Penjelasan dan Kepanjangan CC Motor

Jsmalfamart.com – Anda sering mendengar tentang CC Motor? apa itu cc? Nah, pada Artikel kali ini kita akan membahas pengertian motor CC dan manfaatnya, berikut alasannya.

Banyak orang yang bertanya tentang pengertian dan Kepanjangan cc motor, padahal kata ini sering kita dengar namun tidak sedikit orang yang tidak tau apa pengertian dan penjelasannya. Dan disini anda pasti mendapatkan jawabannya.

CC Motor

CC dalam motor adalah singkatan dari Cubical Centimeter (cm3). Atau dapat di bilang arti cc dalam mesin isi/volume silinder dalam satuan cm3, Itulah pengertian tentang mesin motor.

cc motor
Baca Juga : Oppo A95 Akan Segera Dirilis di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Jadi besarnya mesin CC cukup untuk dimensi isi silinder dan oleh karena itu isi silinder menentukan jumlah gas yang masuk ke dalam silinder pada saat motor melakukan langkah hisap.

Sehingga sering disimpulkan bahwa semakin besar CC dalam motor berarti semakin besar pula fasilitas yang akan dihasilkan oleh mesin tersebut. Dalam manual spesifikasi motor, biasanya isi silinder ditulis.

Misalkan seperti dengan sepeda motor cc kecil, 110 cc atau 125 cc. Tapi, jika Anda ingin performa yang lebih TOP dan berkendara kencang, sebenarnya Anda bisa memilih cc yang lebih besar.

Misalnya 150 cc, 250 cc, 500 cc hingga 1.000 cc. Anda dapat menghitung volume silinder dengan mengetahui diameter silinder (bore) dan panjang langkah piston (stroke).

Dan sepertinya hasil yang didapat pada ukuran CC tidak jauh dari jenis mesin yang dimaksud. Volume silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat kendaraan melakukan langkah hisap.

Baca Juga : Pengertian Aplikasi Pembaca Naskah Digital dan Manfaatnya

Semakin besar dimensi volume mesin alias Cc maka semakin besar pula kapasitas udara yang masuk ke mesin.
Dengan konfigurasi ini, silinder akan siap bergerak lebih jauh untuk membakar lebih banyak bahan bakar. Proses ini kemudian secara alami menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih bertenaga.

Penutup

Bagaimana cara mengetahui singkatan dari CC Motor? Demikian ulasan artikel mengenai alasan dan kepanjangan dari CC Motor yang akan kami sampaikan semoga dapat mengobati rasa penasaran anda dan bermanfaat tentunya. ikuti terus pembaruan dari jsmalfamart.com untuk mendapatkan info-info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.