Pengertian Aplikasi Pembaca Naskah Digital dan Manfaatnya

Jsmalfamart.com – Hallo covizen semuanya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Pengertian Aplikasi Pembaca Naskah Digital dan Manfaatnya, berikut ulasannya.

Anda sedang menacari aplikasi naskah digital? atau mungkin ingin tahu dengan pengertiannya? Nah, di Artikel kali ini kami akan mencoba menjelaskan Pengertian, macam-macam dan Jenis Aplikasi Naskah Digital.

Naskah digital

Pernahkah anda mendengar aplikasi pembaca naskah digital? Ya, naskah digital adalah naskah yang akan dibaca atau ditampilkan pada perangkat digital. Buku cetak umumnya berisi setumpuk kertas terikat yang berisi teks dan/atau gambar.

Aplikasi naskah digital
Baca Juga : 3 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Melalui Situs Terbaru

Jadi skrip digital berisi informasi digital yang akan berisi teks, gambar, audio, video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Selama buku ini, teks digital setara dengan buku elektronik/E-book pada umumnya.

A. Macam Format Naskah Digital

Format Naskah Digital dapat disebarluaskan dengan lebih mudah baik melalui media seperti website, kelas virtual, email dan media digital lainnya. seorang individu dapat dengan mudah menjadi penulis dan penerbit naskahnya sendiri.

Dibawah ini adalah, aplikasi pembuat buku digital di android, aplikasi pembaca naskah digital dalam sistem operasi windows, contoh naskah digital dan beberapa jenis Format Naskah Digital

  • PDF – Format Dokumen Portabel yang dibuat oleh Adobe untuk produk Acrobatnya. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen.
  • HTML – Terminologi Hyper Text adalah tulang punggung planet Wide Web. Banyak teks didistribusikan selama format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya adalah panduan gaya paling untuk halaman HTML.
  • CHM – HTML terkompresi, sering digunakan untuk file bantuan Windows. Ini dapat menjadi lebih modis untuk distribusi teks dan bahan lainnya melalui online.
  • XHTML – versi khusus HTML yang dirancang untuk berkembang ke prinsip konstruksi XML. ini sering merupakan format kualitas untuk data EPUB.
  • XML – terminologi tujuan umum untuk pertukaran data. dalam konteks buku digital itu umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain ditentukan.
  • EPUB – Publikasi Elektronik. EPUB didefinisikan oleh International Digital Publishing Forum (idpf.org), yaitu format standar yang digunakan untuk publikasi digital dan dokumen mendukung standar web.
  • MOBI – Format MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak yang dapat membaca sendiri. MobiPocket ada di sebagian besar PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengonversi file Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt ke format saat ini. Kindle juga memiliki format mobipocket.
  • PDB – Basis Data Berkas Palm bisa mencakup format buku digital yang berbeda, dan di tujukan untuk perangkat yang mendukung Palm OS . Umumnya digunakan untuk buku digital dalam format PalmDOC (AportisDoc) dan juga format eReader.

Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut Anda dapat mengunjungi Link Berikut Disini.

B. Aplikasi Pemformatan Naskah Digital

Dengan memformat naskah dalam bentuk digital, Anda tidak perlu mendatangi penerbit untuk mempublikasikan hasil pemformatan naskah digital tersebut. Dan itu hanya cukup untuk pergi ke salah satu halaman toko buku web dan mendistribusikan naskah secara mandiri.

Baca Juga : Buruan! Klaim Kode Redeem Garena Free fire Terbaru Sabtu, 8 November 2021 Hari ini

Sigil adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyusun buku digital dengan format. Berikut beberapa Aplikasi yang akan digunakan untuk menyusun naskah digital dalam format EPUB

  • Aplikasi pengolah data, seperti MS Office atau Libre Office;
  • Pengolah gambar, seperti GIMP, Paint, atau Adobe Photoshop;
  • Aplikasi editor video audio, seperti Audacity, Any Video Converter, dan Format Factory;
  • Aplikasi editor EPUB, seperti Sigil atau Viewporter.

C. Fitur Aplikasi Editor EPUB 

Aplikasi pengolah kata yang dapat digunakan untuk menyusun naskah digital dengan format epub. Berikut beberapa Fitur Aplikasi editor EPUB menggunakan Sigil atau Sigil software editor EPUB open source.

  • Open Source dengan lisensi GPLv3.
  • Multiplatform: bisa berjalan di Windows, Linux dan Mac.
  • Beberapa tampilan: Tampilan buku, Tampilan Kode, dan Pratinjau.
  • Dapat langsung mengedit tampilan EPUB dalam tampilan buku.
  • Daftar isi generator dengan dukungan untuk judul multi-level.
  • Editor metadata.

Akhir Kata

Demikian pembahasan Pengertian Aplikasi Pembaca Naskah Digital dan Manfaatnya, yang dapat kami bagikan semoga dapat mengobati Penasaran anda mengenai Aplikasi ini. Ikuti terus kelanjutan artikel lainnya yang tidak kalah menarik dan tentunya bermanfaat hanya di jsmalfamart.com.

Gallery for Pengertian Aplikasi Pembaca Naskah Digital dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.