Cara Memulai Usaha Pabrik Tahu Bagi Pemula

Jsmalfamrt.com – Cara Memulai Usaha Pabrik Tahu Bagi Pemula, Apakah Anda akan memulai usaha pabrik Tahu? Atau Bingung mau mulai dari mana? Nah, pada Artikel kali ini kami akan membahas mengenai Cara Memulai Usaha Pabrik Tahu Bagi Pemula, simak pembahasan menariknya berikut ini.

Salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus adalah usaha yang dapat menjadi bisnis jangka panjang untuk kedepannya. Jadi Anda harus memikirkan secara matang jenis usaha apa yang dapat Anda andalkan.

Dan dibawah ini kami memiliki salh satu rekomendasi Cara Memulai Usaha Pabrik Tahu Bagi Pemula yang dapat Anda coba dalam memuli bisnis jangka panjang dan menguntungkan.

Memulai Usaha Pabrik Tahu

Usaha pabrik tahu merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan, karena tahu merupakan bahan yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. modal untuk memulai usaha pabrik tahu tentunya sangat dibutuhkan oleh para pengusaha yang akan memasuki usaha pembuatan tahu.

Baca Juga : Cara dan Tips Memulai Bisnis Sepatu Bagi Pemula Terbaru di Tahun 2021

Modal usaha membuat tahu memang cukup banyak. Tapi kelebihannya juga lebih banyak. Kami akan memberikan rincian lengkap mengenai modal usaha pembuatan tahu skala home industri.

Cara Memulai Usaha Pabrik Tahu Bagi Pemula

Dengan itu, kami berharap cetakan kecil dari modal usaha membuat tahu ini sering bermanfaat bagi para pengusaha yang akan mulai memasuki dunia bisnis tahu. Berikut rincian barang yang harus anda beli untuk kebutuhan membuka usaha pabrik tahu.

1. Papan Takus

Papan takus ini biasanya terbuat dari kayu pinus. Fungsinya hanya sebagai tempat untuk meletakkan cetakan takus. Anda akan mengatasinya dengan menggantinya dengan yang lain. kami berharap alat ini tidak terlalu diperlukan.

Harga Papan Takus Rp 220.00,-

2. Tutup Cetakan

Tutup cetakan ini berfungsi untuk menekan tahu agar sering tercetak dengan sempurna. Biasanya benda ini terbuat dari kayu pinus.

Harga Cetak Rp 70.000,-

3. Cetakan Takus

Cetakan ini berfungsi untuk mencetak tahu secara praktis. Biasanya terbuat dari plat atau stainless. Kapasitas 100 tahun dalam sekali cetak. Dengan ukuran tahu standar 52/53 cm.

Selain menggunakan alat ini, Anda sebenarnya akan membuat cetakan sendiri dari papan. sebenarnya akan lebih mudah daripada membeli cetakan khusus seperti ini.

Harga Takus Rp 80.000,- (bahan galpanic)

4. Tampir

Tampir merupakan tempat penyimpanan tahu setelah dicetak. penyimpanan ini memiliki dasar anyaman bambu. Supaya air sisa cetakan tahu dapat dialirkan melalui lubang-lubang kecil di dalam tampir.

Tampir harga Rp 20.000,- per pcs

5. Sasag

Sasag ini terbuat dari plastik. Biasanya sasag diletakkan di bawah cetakan. Fungsinya untuk memahami tidak bopeng saat pencetakan dilakukan.

Harga Sasag Rp 15.000,- per pcs

6. Penggaris Aluminium

Alat ini berfungsi sebagai palu atau penggaris untuk mencacah tahu setelah menggunakan sistem cetak. Tetapi jika Anda menggunakan tahu takus seperti peralatan di atas, Anda tidak harus menggunakan peralatan ini.

Harga penggaris aluminium adalah Rp. 95.000,-

7. Tangok

Tangok sendiri dalam bisnis pembuatan tahu berfungsi sebagai penyaring kedelai. Biasanya tangok ini terbuat dari bambu. Jika Anda akan membuatnya sendiri, sebenarnya Anda tidak perlu membayar untuk membelinya.

Ada juga tangok yang berbahan stainless. Namun nilai yang ditawarkan justru sangat mahal. Sebaiknya gunakan tangok dari bambu saja untuk memulai bisnis tahu.

Tangok Harga Rp 110,00,- (Bambu)

8. Sendok Acius

Sendok ini berukuran besar. Biasanya tidak akan menguleni adonan tahu yang sedang dimasak. Mungkin Anda akan menggunakan alternatif lain untuk mengurangi biaya modal awal . Tetapi jika Anda tidak punya ide lain, gunakan saja alat ini.

Harga Sendok Aci Rp 80.000,- (stainless)

9. Menangani

Gagang ini merupakan tempat penampung sari kedelai. Anda benar-benar akan menggunakan drum plastik. Tentu saja, drum plastik akan lebih murah daripada menggunakan tongkat.

Harga gagangnya adalah Rp. 1.100.000,-

11. Mesin Penggiling

Mesin penggiling kedelai merupakan peralatan yang paling banyak dimiliki oleh para pengusaha tahu dan pastinya sangat dibutuhkan. Jadi Anda akan mencari alternatif lain untuk mendesak biaya pembelian yang lebih murah.

Harga Mesin Gerinda Rp 11.000.000,- type 2Hp 1pass

12 Bebedogan

Bebedogan ini merupakan alat pada saat penyaringan. Sebenarnya alat ini akan Anda ganti dengan kayu atau papan yang dibuat sedemikian rupa. Jadi tidak harus keluar.

Bebedogan harga Rp. 15.000,- per pcs

13. Tinggalkan

Cutik juga merupakan alat yang dapat Anda temukan penggantinya. Alat ini memiliki fungsi untuk mengangkat tahu dari cetakan yang Anda angkat.

Harga kutik Rp 15.000,- per pcs

14. Kain Filter

Kain saring itu sendiri berfungsi sebagai pemisah antara sari kedelai dengan ampasnya. Semua teknik pembuatan tahu membutuhkan peralatan ini. ini terbuat dari bahan sifon.

Harga Filter Rp 15.000,-

15. Kain Takus

Jika Anda menggunakan cetakan takus dalam pembuatan tahu. Tentu saja, Anda harus menggunakan peralatan ini untuk mendukung produksi tahu yang Anda lakukan.

Tetapi jika Anda menggunakan sistem cetak. Gunakan kain print berbahan sipon dan batik.

Harga kain takus adalah Rp. 30.000

16. Saringan

Saringan ini berfungsi untuk memisahkan kedelai dari sisa-sisa kotoran yang menempel. Peralatan ini terbuat dari serat bambu.

Harga saringan Rp 18.000,- per pcs

Berikut rincian kebutuhan peralatan di atas untuk paket awal usaha tahu adalah sebagai berikut:

  • Penggiling kedelai 1 Unit
  • 1 buah
  • 2 buah
  • Tangok 1 pcs
  • Filter kain 5 pcs
  • Saringan 3 buah
  • Bebedogan 2 pcs
  • Papan cetakan 5 pcs
  • 10 pcs tutup cetakan
  • Potong piring 5 pcs
  • 5 pcs kain kaos
  • Hampir 15 pcs
  • Sasag 5 pcs
  • Potong 2 buah
  • Sendok Aci 2 pcs
  • Ember atau gayung 2 – 3 pcs tergantung kebutuhan
  • Drum plastik 2-3 pcs sesuai kebutuhan
Baca Juga : Cara dan Tips Memulai Bisnis Tas Bagi Pemula Modal Kecil Terbaru di Tahun 2021

Untuk rincian biaya awal, harap hitung sesuai dengan harga yang berlaku di area sekitar bisnis Anda. Namun rata-rata pengusaha yang akan memulai usaha pembuatan tahu menyiapkan modal sekitar 25-30 juta rupiah. Hanya untuk peralatan produksi.

Akhir Kata

Bagaimana Tertarik untuk Memulai Usaha Pabrik Tahu? Demikian ulasan singkat yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat dapat memotivasi Anda dalam memulai usaha tahu ini.

Jangan lupa nantikan pembahasan menarik lainnya hanya di jsmalfamart.com, karena pastinya kami akan memperbaharui usaha-usaha yang menarik lainnya dan sangat menarik untuk dibhas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.