Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mudah Cara Berbagi Sandi WIFI Lewat QR Code

 Cara berbagi sandi Wifi lewat QR code adalah salah satu langkah paling mudah. Anda tidak perlu lagi membuka sandi dan membacakannya untuk teman. Walaupun mudah ternyata masih banyak orang yang belum tahu tentang cara simple ini. Untuk lebih jelasnya bisa simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian QR Secara Umum 

Sebagai pengguna smartphone pasti sudah tahu ada Qr sebagai salah satu media untuk membagi instagram. Sistem satu ini bisa dimanfaatkan untuk menscan SSID maupun password dari Widi menjadi Qr code saja. Dengan tampilan sederhananya ini bisa digunakan oleh semua orang. 

Dengan menggunakan QR code maka pengguna bisa mudah berhubungan ke jaringan internet tanpa perlu memasukkan password terlebih dahulu. Tinggal scan barcode dari ponsel saja, cara ini juga bisa melindungi privasi lebih baik dan aman. 

Solusi Mudah Cara Berbagi Sandi WIFI Lewat QR Code

Cara Berbagi Sandi WIFI Lewat QR Code 

Sebenarnya cara berbagi sandi Wifi bisa dengan banyak cara. Paling umum dipakai adalah membaginya dengan kata password. Namun daripada harus membuka pengaturan dan ada kendala password tidak sesuai lebih baik bagikan dengan QR code saja. Lebih praktis dan cenderung langsung berhasil.

  • Pergi ke setting Wifi 
  • Buka pengaturan wifi
  • Ketuk nama wifi teman yang ingin disambungkan 
  • Tunggu sampai tampilan barcode muncul 
  • Selanjutnya scan barcode pakai QR code scanner
  • Tunggu barcode muncul 
  • Scan pakai perangkat kedua 
  • Setelah itu coba arahkan dengan pas

Keuntungan Berbagai Sandi Wifi lewat QR Code 

Internet menjadi slah satu kebutuhan paling utama di era digital seperti sekarang ini. Segala akses informasi bisa dengan mudah di dapatkan. Namun terkang berselancar di dunia maya tersendat karena tidak adanya jaringan wifi. Melalui perangkat QR Code bisa membuat aktivitas internet kembali lagi. 

1. Cenderung Lebih Cepat

Perlu diketahui jika cara berbagi wifi dengan kode qr memang cenderung lebih efektif dan cepat. Prosesnya tidak jarang lebih mudah daripada harus menghubungkan smarphone ke hotspot. Proses scanning berjalan secara otomatis, tidak mengulur-ngulur waktu terlalu lama lagi. 

Scanning dengan QR juga tidak perlu restart ponsel apabila jaringan ternyata bermasalah. Biasanya akan ada problem saat jaringan wifi bermasalah. Anda harus lupakan jaringan terlebih dulu agar bisa konek kembali ke wifi utama. Namun dengan QR tak pelu melakukan hal tersebut. 

2. Bisa Masuk ke User yang Dibatasi 

Keuntungan selanjutnya adalah bisa masuk jaringan Wifi yang dibatasi usernya. Cukup pakai satu smartphone saja sudah bisa sharing dengan banyak ponsel lainnya. Itulah yang membuat cara berbagi sandi wifi dengan kode QR lebih disukai, selain mudah akses sharing juga lebih cepat. 

Walau terlihat sedikit ribet saat memakai Bluetooth, namun itu hanya diawalnya saja. Untuk selanjutnya tidak perlu melakukannya lagi, sebab nanti setelah aktif atau tersambung dengan tethering jaringan langsung konek ke smartphone pribadi. 

3. Bisa Dipakai untuk Semua Tipe Smartphone

Sama halnya dengan pemakaian hotspot, cara berbagi wifi lewat barcode bisa digunakan untuk semua tipe smartphone. Baik android maupun ios semua sudah bisa menggunakan tata cara diatas. Tidak ada batasan tipe untuk menggunakan kode barcode. 

Jika ditanya kode barcode QR sendiri merupakan dua dimensi, dimana kegunaannya sangat banyak. Bisa menyimpan data-data dalam bentuk yang tidak beraturan. Nantinya data hanya terdeteksi oleh perangkat tertentu saja. Nah agar bisa berjalan lancar bisa pakai tips dibawah ini.

4. Tidak Perlu Tulis Sandi Terlalu Panjang 

Pasti pernah merasakan malas karena harus menulis sandi panjang-panjang dan berakhir harus mengulang lagi. Hal tersebut tentu saja kurang menyenangkan sekaligus memperlambat waktu. Lebih baik mulai beralih pakai teknologi Qr saja. Lebih praktis dan tidak menyusahkan sama sekali. 

Tinggal masuk menu setting pada ponsel kemudian langsung arahkan ponsel untuk mengikuti cara scan kode Qr wifi. Android maupun ios sebenarnya sudah memiliki cara yang tidak jauh berbeda. Jadi tidak perlu takut pakai ios harus upgrade sistem atau download aplikasi. Semua sudah tersedia di sistem.

Cara Share Wifi Qr Melalu iPhone 

Untuk para pengguna iPhone yang baru pasti pernah mengalami masalah dengan setting atau pengaturan ponsel. Salah satunya adalah saat ingin koneksikan jaringan wifi ke ponsel hanya dengan menggunakan Qr. Cara berbagi wifi dengan barcode melalui iPhone adalah sebagai berikut :

  • pastikan perangkat sudah tersambung ke jaringan wifi 
  • Pilih nama perangkat yang akan disambungkan
  • Dalam perangkat, ketuk berbagi sandi 
  • Pilih opsi bagikan dengan Qr 
  • Ketuk pada opsi sudah selesai
  • Wifi sudah tersambung pada ponsel

Itulah beberapa hal yang bisa diinformasikan terkait penggunaan barcode Qr. Ada beberapa aplikasi berbagi sandi wifi dapat digunakan untuk mempermudah pemakainnya di ponsel masing-masing pengguna. Biasanya aplikasi semacam ini juga tidak perlu ruang penyimpanan terlalu besar. 

Artikel banyak dicari :

Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga

 


Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.