Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

 jsmalfamart.com - Sukarno, Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

Hatta, Wakil Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Jepang: Dokuritsu Junbi Iinkai) atau PPKI adalah panitia yang bertugas mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI sebelumnya dibentuk, kemudian dibubarkan oleh Jepang dan PPKI dibentuk pada tanggal 12 Agustus 1945 dipimpin oleh Ir. Soekarno. Izin untuk membentuk agensi ini diberikan oleh Hisaichi Terauchi, seorang Marshal Jepang yang berada di Saigon. Badan ini dibentuk sebelum adanya MPR.

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

Baca Juga :  Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung

                    Link Download Tiktok Asia 19.5 5 apk dan Tiktok Versi 3.5.8 Serta Cara Instalnya

Hari Pendirian

Menurut Mehmet Yamin, PPKI didirikan pada 7 Agustus 1945. Namun hal itu ditolak oleh A.B. Kusuma yang berhasil memperoleh dokumen asli dari Badan Penyelidik Pekerjaan Persiapan Kemerdekaan dan PPKI. Menurut Kusuma, pada 7 Agustus 1945, Jepang baru saja memberikan izin untuk mendirikan PPKI. PPKI sendiri resmi dibentuk pada 12 Agustus 1945, setelah Marsekal Hisaichi Terauchi mengumumkan bahwa pemerintah Jepang telah menyetujui pembentukan PPKI dan mengangkat Sukarno sebagai presidennya.

PPKI: Komposisi, karakter, sesi dan tugasnya

PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia adalah panitia yang bertugas mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sebelum PPKI, sudah ada BPUPKI yang dibentuk oleh Jepang dan kemudian dibubarkan. Setelah BPUPKI bubar, Soekarno membentuk PPKI pada 7 Agustus 1945. Pembentukan PPKI Diadaptasi dari Konflik Dibalik Proklamasi (2010), pada awal Agustus 1945 Jepang semakin terjerat perang. Sekutu menjatuhkan bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Mengetahui posisi Jepang yang lemah dan nasib Indonesia yang tidak diketahui, tokoh-tokoh nasional terus mendesak untuk merdeka. Baca juga: Koeso Janji, Jepang Janjikan Kemerdekaan ke Indonesia Untuk memenuhi janji kemerdekaannya, Hisaichi Terauchi, seorang perwira tinggi Angkatan Darat Jepang di Saigon, setuju untuk membentuk PPKI. Misi PPKI adalah melanjutkan misi BPUPKI dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : Permasalahan Jepang Membentuk BPUPKI

                    Contoh Poster Pelestarian Hewan dan Tumbuhan

                    Oppo a16 Harga dan Spesifikasi

Hakim

Pada tanggal 9 Agustus 1945, para Panglima PPKI yang baru, Soekarno, Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diundang ke Dalat untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi. Setelah pertemuan itu, PPKI tidak bisa bertindak karena para pemuda mendesak untuk tidak melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan atas nama PPKI yang seharusnya merupakan instrumen buatan Jepang. Bahkan pertemuan yang direncanakan tanggal 16 Agustus 1945 tidak terlaksana karena peristiwa Ringsdingklok [6].

Sidang 18 Agustus 1945

Sidang resmi PPKI pada 18 Agustus 1945 Setelah pengumuman itu, pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengadakan sidang di gedung lama Jalan van Indie di Jalan Pegamboon - Jakarta.


Akhir kata : demikian ulasan mengenai  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.


Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.