Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Sandi Sekali Pakai dan Informasi Lengkap Lainnya

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan kode OTP? Kode yang dimana termasuk ke dalam kata sandi sekali pakai, artinya tidak bisa digunakan berkali – kali. Biasanya kode tersebut digunakan untuk melakukan registrasi sesuatu.

Apa Itu Kode Sandi Sekali Pakai?

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa kode sandi sekali pakai seringkali dikenal dengan sebutan kode OTP (One Time Password). Kode ini biasanya digunakan untuk dapat melakukan verifikasi yang terdiri dari 6 digit karakter yang cukup unik dan juga bersifat rahasia. Umumnya dikirim lewat sms.

Kode OTP ini tidak boleh diberitahukan kepada siapa pun, walaupun itu rekan, teman, sahabat atau bahkan keluarga karena sifatnya rahasia. Biasanya kode One Time Pasword ini hanyalah berlaku paling tidak selama 5 menitan saja. Tidak hanya dikirimkan melalui SMS saja, melainkan email juga.

Namun, di samping kode OTP yang seringkali didapatkan melalui sms atau email. Terkadang ada pengguna yang mengeluhkan, bahkan menanyakan kenapa kode OTP tidak masuk ke sms? Alasannya cukup bervariasi, bisa jadi ada masalah pada server, jaringan operator / bahkan aplikasinya.

Kata Sandi Sekali Pakai

Kendala Secara Umum Pada Kode OTP (One Time Password)

Pada umumnya, setiap macam teknologi canggih itu pasti akan mengalami kendala. Sama seperti ketika Anda mendaftar di sebuah aplikasi atau di mana pun itu, lalu membutuhkan kode OTP atau One Time Password. Biasanya tidak pernah lepas dari yang namanya kendala tidak mendapatkan.

Baik itu tidak mendapatkan kode OTP atau bahkan kodenya justru error. Biasanya yang paling sering pengguna alami adalah mendapatkan notifikasi semacam “Anda telah mencapai batas pengiriman OTP cobalah 1 jam kemudian”. Pemberitahuan pesan semacam itu adalah pertanda adanya error. 

Namun, jikalau Anda mengalami masalah semacam ini tidak perlu khawatir. Solusi untuk mengatasi kendala notifikasi tersebut cukup mudah dan terbilang simpel. Cukup tunggu saja selama satu jam. Barulah setelah itu mencoba kembali membeli program pelatihan. Biasanya ada server yang error.

Beberapa Masalah Kode OTP di Aplikasi Shopee (Marketplace)

Tidak hanya mengalami kendala yang berarti di beberapa aplikasi biasa. Mengingat kode OTP sendiri juga seringkali digunakan untuk registrasi marketplace, terkadang masalah tersebut juga sering dialami pengguna. Contohnya pada aplikasi Shopee yang kadang – kadang mengalami masalah.

1. Kode OTP (One Time Password) Shopee Tidak Masuk 

Salah satu kendala yang seringkali dialami oleh pengguna marketplace Shopee, yaitu kode OTP yang tidak kunjung masuk. Terkadang sebagian besar pengguna tersebut beranggapan, bahwa dari pihak aplikasinya saja yang ada kendala. Padahal biasanya bukan dari situ penyebabnya.

Biasanya kendala seperti kode OTP Shopee tidak masuk, penyebab utamanya adalah koneksi internet atau jaringan Wifi yang digunakan oleh pengguna. Itulah mengapa sebelum melakukan registrasi atau pendaftaran sesuatu, pastikan dulu koneksinya bagus dan lancar.

2. Kode OTP (One Time Password) Shopee Pinjam Tidak Masuk

Pada umumnya, sama saja seperti kendala sebelumnya dimana pengguna Shopee tidak merasakan kode OTP mereka masuk dengan cepat. Padahal proses pendaftaran atau registrasi sudah masuk ke tahapan menerima kode. Hal tersebut sama seperti kendala satu ini, kode Shopee pinjam tidak masuk.

Namun, secara umum kendala berupa kode OTP Shopee pinjam tidak masuk ini juga memiliki kesamaan dengan kode OTP yang tidak bisa masuk melalui SMS. Biasanya kedua masalah tersebut disebabkan oleh operator seluler atau memang karena ada kendala dari aplikasinya secara langsung.

Cara Menonaktifkan Kode OTP pada Aplikasi Shopee

Sebagai salah satu kode yang bersifat sangat rahasia, ketika sedang melakukan login ke aplikasi Shopee. Ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara menonaktifkan OTP Shopee. Tujuannya supaya tidak digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab yang akhirnya mengetahui data pribadi.

  • Lakukan Login ke akun Shopee 
  • Lalu pilih Pengaturan Toko (meski tidak berjualan)
  • Selanjutnya, pilih Pengaturan Toko dan Geser ke Verifikasi Perangkat
  • Proses menonaktifkan kode OTP di aplikasi Shopee selesai

Keteledoran Pengguna Shopee

Tidak menutup kemungkinan, bahwa kode OTP yang justru bersifat rahasia ini diberitahukan atau sengaja diketahui oleh orang lain. Sebagian besar para pengguna Shopee terkadang melakukan hal berbahaya semacam ini.

Padahal kode OTP itu seharusnya tidak boleh diketahui oleh orang lain, walaupun setelah 5 menit kodenya tidak bisa digunakan atau sudah hangus. Bukan berarti bisa seteledor itu. Berhati – hatilah dan lebih baik catat kode OTP sendiri.

Namun, bagaimana jika memang sudah terlanjur memberikan kode OTP Shopee kepada orang lain? Anda harus segera melakukan tindakan menonaktifkan kode OTP yang sudah ada pada pembahasan sebelumnya. 

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai informasi terkait kata sandi sekali pakai atau kode OTP (One Time Password). Ingat, jangan pernah berikan kode tersebut kepada orang lain.

 



Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.