Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Makhluk Hidup Kegiatan Pada Gambar Kelas 3 SD Tema 1

 

jsmalfamart.com hallo adek-adek....kali ini kaka akan menjelaskan tentang Ciri-ciri makhluk hidup kegiatan pada gambar kelas 3 sd tema 1

Makhluk hidup yang sering kita jumpai, contohnya manusia.

Sebagai manusia, kita bukan satu-satunya makhluk hidup yang hidup di Bumi. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan makhluk hidup lain berupa hewan dan tumbuhan yang berkembang dan hidup.

Semua makhluk hidup pasti memiliki sistem pernapasan untuk melakukan proses pertukaran oksigen dengan karbon dioksida, atau yang disebut juga dengan respirasi. Meskipun tidak semua makhluk hidup bernafas melalui hidung ada juga bernafas melalui insang, walaupun Ciri-ciri makhluk hidup dalam hal bernafas melalu proses yang berbeda-beda tapi tujuannya tetap sama.

Selain itu, makhluk hidup juga membutuhkan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Setelah itu, sisa bahan yang tertelan akan dikeluarkan dalam bentuk feses.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri makhluk hidup beserta gambar dan penjelasannya.


ciri ciri makhluk hidup kelas 3 tema 1


1. Makan & Minum

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan. akan tetapi ciri-ciri makhluk hidup itu memiliki kebutuhan asupan makanan yag berbeda. Tumbuhan membutuhkan bahan anorganik, sedangkan hewan membutuhkan bahan organik untuk makan sendiri. Zat organik umumnya ditemukan secara bebas di alam, seperti air, mineral, dan karbon dioksida. Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk energi. Energi yang diperoleh digunakan untuk bergerak, tumbuh berkembang biak, merespon rangsangan dan bereproduksi.

2. Tumbuh berkembang biak

Jika Anda menabur benih tanaman, benih tersebut akan berkecambah dan tumbuh menjadi besar dan subur. Perkembangan anak ayam dimulai dengan telur ayam yang berkembang menjadi anak ayam dan kemudian tumbuh menjadi anak ayam dewasa. Semua makhluk hidup melalui proses pertumbuhan dan perkembangan untuk menjadi dewasa. Tubuhnya masih tumbuh, bertambah berat dan tinggi. Pertumbuhan manusia dan hewan akan berhenti setelah mencapai usia tertentu atau setelah mencapai usia dewasa.

3. Bernafas

Bernafas adalah karakteristik makhluk hidup yang paling penting, karena makhluk hidup menghirup udara yang mengandung oksigen dan menghembuskan udara yang mengandung persentase karbon dioksida lebih tinggi daripada yang mereka hirup. 

Di dunia hewan, ada pernapasan insang, di mana hewan seperti ikan membuka mulut dan menutup insang untuk menyerap oksigen. sedangkan tumbuhan, terdapat stomata berpori pada daun dan lensa pada batang. walaupun ciri-ciri makhluk hidup dalam hal bernafas melalu proses yang berbeda-beda tapi tujuannya tetap sama untuk bernafas.

4. Peka terhadap rangsangan

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk merespon rangsangan yang diterimanya. Seperti manusia, mereka secara refleks menutup mata ketika cahaya mengenai wajah mereka. Ini adalah bentuk sensitif dari rangsangan dalam bentuk cahaya. Atau tanaman putri malu yang melipat daunnya saat disentuh. Kemampuan untuk merespon rangsangan sering disebut iritabilitas. Bentuk rangsangan yang dapat muncul adalah sentuhan, cahaya, air, bahan kimia, suhu, dan gravitasi bumi. Untuk menanggapi rangsangan ini, setiap organisme dilengkapi dengan indera khusus. Seperti manusia, mereka memiliki mata untuk melihat, hidung untuk mencium, telinga untuk mendengar, dan banyak lagi.

5. Pembuangan zat sisa

Makanan yang telah dikonsumsi Makhluk hidup akan melalui proses ekskresi. Dalam proses ini, Makhluk hidup mengeluarkan limbah beracun yang dapat mengganggu fungsi tubuh jika tidak dihilangkan. Sifat organisme ini juga terjadi pada tumbuhan, di mana sekresi terjadi melalui stomata yang terbuka saat terkena sinar matahari. Ekskresi terjadi pada tumbuhan untuk membuang kelebihan air yang terbentuk sebagai uap air melalui proses penguapan.

6. Bergerak

Ciri -ciri makhluk hidup selanjutnya adalah kemampuannya untuk bergerak, seperti manusia dan hewan yang dapat berjalan dan berlari untuk bergerak. Pada manusia dan hewan terdapat alat gerak yaitu kaki atau sirip pada ikan yang dapat memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan pada tumbuhan, gerak terjadi karena adanya rangsangan dari lingkungan sekitar yang menyebabkan terjadinya gerak nasti, tropisme, dan taksis. Pergerakan ini juga umumnya terjadi karena adanya interaksi hormonal pada tumbuhan, salah satunya adalah hormon auksin.

7. Mampu beradaptasi dengan lingkungan

Selain peka terhadap perubahan lingkungan sekitarnya, Makhluk hidup juga dapat beradaptasi dengan lingkungan tersebut.Kemampuan beradaptasi ini memungkinkan Makhluk hidup untuk bertahan hidup di lingkungan yang berbeda. Misalnya tumbuhan yang hidup di tempat kering seperti kaktus memiliki daun yang tebal dan sempit. Sedangkan yang hidup di tempat basah memiliki daun yang lebar dan tipis, seperti paku-pakuan.


Nah sekarang sudah pahamkan adek-adek semua, apa yang dimaksud dengan ciri ciri makhluk hidup. 

Semoga artikel ini dapat menjawab soal tugas kelas 3 sd tema 1 tentang ciri ciri makhluk hidup.



Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.