Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mensyukuri Keragaman Makhluk Hidup

Berikut ini adalah Cara Mensyukuri Keragaman Makhluk Hidup lengkap Kunci Jawaban Soal Kelas 3 SD Tema 1.

Halo adik-adik! Kali ini pada Tema 1 kelas 3 SD dan MI halaman 15, akan belajar tentang sikap mensyukuri keragaman makhluk hidup.

Pada Tema 1 kelas 3 SD dan MI halaman 15 ini adik-adik harus mengerti dan memahami apa saja hal yang dapat dilakukan untuk mensyukuri makhluk hidup?

Materi tersebut sesuai pada Tema 1 kelas 3 SD dan MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 terbitan dari Kemendikbud.

cara mensyukuri keragaman makhluk hidup 

jsmalfamart.com-Tuhan menciptakan makhluk hidup di bumi ini untuk berbagai tujuan. Masing-masing memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Seperti manusia, tumbuhan, hewan dan semua makhluk hidup diciptakan dalam kondisi yang penuh keanekaragaman. Dengan kata lain, makhluk hidup sejak awal tentu memiliki perbedaan.


Cara Mensyukuri Keragaman Makhluk Hidup

Kehadiran perbedaan-perbedaan ini bukanlah yang harus menjaadikan perpecahan. Tetapi memiliki perbedaan adalah anugerah yang harus kita syukuri. Segala macam keserasian,keindahan dan keteraturan di muka bumi ini tidak akan terjadi tanpa adanya keragaman. Kita bisa melihat keberadaan makhluk hidup lain yang spesifik. Semua digabungkan untuk meningkatkan peradaban di Bumi.

Keanekaragaman makhluk hidup merupakan kesempurnaan ciptaan Tuhan. Keanekaragaman, seperti sifat atau karakteristik, bentuk fisik, serta tempat dan cara hidup, membawa kekayaan, hak istimewa, dan keunikan ke bumi. Tidak semua perbedaan ini harus didiskusikan. Kita harus menjadikannya sebagai bentuk syukur atas menjalani hidup ini.

Baca juga : Kunci Jawaban Matematika Kelas 3 tema 1 Halaman 28, 29, 31, 32

Pertanyaan: Apa saja hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mensyukuri keanekaragaman makhluk hidup?

1. Menjaga kelestarian alam

Untuk menunjukkan rasa syukur, teman-teman bisa memulainya dengan pelestarian alam. Alam adalah tempat tinggal semua makhluk hidup. Kondisi alam yang rusak akan mengakibatkan hilangnya habitat atau hilangnya habitat bagi hewan dan tumbuhan. Selain itu, alam yang tidak terawat dapat menyebabkan bencana alam. Bencana alam ini tentunya akan merugikan manusia dalam banyak hal. Oleh karena itu teman-teman perlu menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menolak penebangan pohon secara liar.

2. Menjaga kesehatan tubuh

Bukan hanya alam yang melindungi, tetapi tubuh juga harus dilindungi. Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu cara untuk bersyukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberikan. teman-teman bisa memulainya dengan pola makan yang sehat. Selain itu, lakukan olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Pastikan juga teman-teman mendapatkan istirahat yang cukup juga.

3. Merawat tumbuhan dan hewan

Selain melestarikan alam, teman-teman juga harus merawat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar teman-teman. Tumbuhan dan hewan memiliki hak untuk hidup dengan baik. Oleh karena itu, teman-teman tidak boleh mengganggu hewan atau menyakiti tanaman. Tentunya merawat tanaman hias bisa bermanfaat bagi teman-teman nantinya. Memuji dan menghargai orang lain serta mengungkapkan rasa syukur kepada alam, makhluk hidup lain, dan diri sendiri. 

4. Ungkapkan rasa terima kasih kepada manusia lain.

Untuk menunjukkan rasa terima kasih, teman-teman bisa memuji dan menghargai orang lain. teman-teman bisa memuji hasil karya temannya atau orang di sekitarnya. Selain itu juga perlu saling menghormati, dimulai dengan menghargai pendapat orang lain.

Baca juga: Ciri-ciri Makhluk Hidup Kegiatan Pada Gambar Kelas 3 SD Tema 1

Akhir kata : Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa syukur atas keragaman makhluk hidup dalam kehidupan kita teman-teman.


Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.