Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Log Out Gmail di HP

Cara Log Out Gmail di HP - Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk log out akun gmail di HP. Biasanya, hal ini dilakukan ketika Anda ingin menjual HP Android yang saat ini sedang digunakan atau ketika ada akun gmail milik orang lain yang tersambung dengan perangkat tersebut.

Sebelum itu, perlu diketahui dulu bahwa menghapus atau mengeluarkan akun Gmail tertentu yang terhubung di perangkat Android mungkin akan mengubah beberapa hal dalam HP Anda. Misalnya jika Anda menyimpan nomor kontak di dalam Gmail, dengan cara log out email di HP maka kontak tersebut pun akan ikut hilang.

Jadi, pastikan Anda sudah mem-backup semua data penting yang masih dibutuhkan dan tersambung dengan Gmail sebelum mengikuti cara logout email di HP yang akan kami bagikan di bawah ini.

 

Cara Log Out Gmail di HP

Cara Log Out Akun Gmail di HP Android

Cara log out akun gmail di HP yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Gmail di Android atau melalui setting. Cara yang satu ini sebenarnya saba dengan cara mengeluarkan akun Google di HP. Karena ketika Gmail sudah tidak tersambung lagi, maka akses ke Google Play Store juga akan tertutup.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Gmail di Android
  • Kemudian klik bagian atas kanan tampilan atau klik di foto profile akun Gmail Anda
  • Selanjutnya, klik tulisan "Manage account on this device" atau "Kelola akun di perangkat"
  • Pilih akun Gmail yang ingin Anda hapus
  • Terakhir, klik "Remove account"

Setelah langkah yang terakhir selesai, maka semua aplikasi yang tersambung pada akun Gmail tersebut juga akan memutuskan hubungannya. Misalnya jika akun Gmail yang Anda keluarkan tadi terhubung dengan  Youtube di HP, maka Youtube juga akan mengeluarkan akun tersebut dari aplikasinya.

Dan ketika Anda log in kembali, semua aplikasi yang awalnya terhubung tidak akan terhubung kembali secara otomatis. Jadi Anda perlu log in kembali di setiap aplikasi satu per satu.

 

Cara Menghapus Akun Email di HP Secara Permanen

Selanjutnya, Anda juga bisa menghapus akun Gmail di HP secara permanen. Untuk metode yang satu ini, Anda hanya bisa melakukannya melalui browser. Dalam contoh ini kami akan gunakan aplikasi browser Google Chrome.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka aplikasi Google Chrome dan masuk ke website Gmail
  • Masukan alamat email dan kata sandi Gmail yang ingin Anda hapus
  • Selanjutnya klik foto profile email Anda, kemudian klik "Kelola Akun Google Anda"
  • Masuk ke menu Data & Personalisasi
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan menu "Download, Hapus, dan Buat Rencana untuk Data Anda"
  • Masuk ke menu tersebut, kemudian cari opsi "Hapus Layanan atau Akun Anda"
  • Terakhir, klik opsi tersebut dan Google akan menghapus seluruh data di Gmail Anda

Berbeda dengan ketika hanya log out atau menghapus dari HP, cara yang satu ini akan benar-benar menghapus semua data dan dokumen di dalam akun tersebut. Artinya, Anda sudah tidak bisa log in lagi menggunakan akun tersebut dan seluruh akun di aplikasi lain yang terhubung dengan email tersebut juga akan dihapus.

 

Cara Log Out Gmail di HP Lewat Laptop / PC

Jika HP yang masih tersambung dengan Gmail Anda sudah terjual, dicuri atau diberikan kepada orang lain, masih ada cara untuk menghapus akun Gmail dari HP tersebut. Namun, Anda perlu menggunakan browser dari laptop atau PC untuk melakukannya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah langkah - langkah cara log out gmail di HP lewat laptop atau PC.

  • Pertama, log in dulu ke akun Gmail lewat browser laptop atau PC
  • Kemudian klik foto profil Gmail tersebut dan klik menu "Kelola Akun Gmail Anda"
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu Keamanan
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan menu "Perangkat Anda"
  • Selanjutnya klik Kelola Perangkat
  • Pilih perangkat yang sudah tidak Anda miliki atau ingin Anda putuskan dari Gmail tersebut
  • Terakhir, klik Log Out

Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari atau mengunci HP yang hilang. Cukup klik opsi "Cari Perangkat" dan Gmail akan menunjukan letak HP tersebut melalui Google Maps. Jika Anda ingin mengunci HP tersebut, gunakan aplikasi tambahan di Google Play Store.

Metode menghapus akun Gmail di HP ini sebenarnya juga bisa dilakukan menggunaka browser Google Chrome di HP. Namun, Anda perlu mengubah tampilan browser HP menjadi seperti browser desktop dengan cara klik opsi "Request Desktop Site".

Itulah kumpulan cara log out Gmail di HP dan cara menghapusnya secara permanen. Silahkan Anda ikuti metode yang paling mudah atau paling cocok dengan situasi yang dialami.


Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.