Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Merawat Anak Ayam Yang Baru Menetas

jsmalfamart.com - Peternakan unggas seperti ayam memerlukan penanganan atau perawatan khusus jika ingin mendapatkan hasil yang baik dari produksi ternak. Selain bibit unggul, kebutuhan nutrisi ayam terpenuhi, perawatan anak ayam atau DOC (day old chick) juga penting untuk diperhatikan. Hal ini dapat mempengaruhi baik buruknya pertumbuhan ayam. Pada awal pemeliharaan dari hari ke bulan, anak ayam sangat sensitif terhadap gangguan, termasuk suhu lingkungan sekitarnya. Jika perawatan di awal pemeliharaan ini kurang baik, bukan tidak mungkin risiko kematian ayam cukup tinggi atau pertumbuhan ayam terhenti.

Begini Cara Merawat Anak Ayam Yang Baru Menetas


Berikut Beberapa Tips Cara Merawat Anak Ayam Yang Baru Menetas:


Mempersiapkan kandang induk / Indukan kandang

Kami menyiapkan kandang sedemikian rupa sehingga anak ayam nyaman, dapat terbuat dari kayu atau ditutupi dengan kayu lapis dan memiliki beberapa lubang untuk ventilasi. Setelah kandang indukan didirikan, terlebih dahulu harus disemprot dengan disinfektan agar bakteri atau virus tidak menyerang anak ayam.


Lengkapi kandang penangkaran dengan lampu.

Tujuannya tidak hanya sebagai lampu untuk ayam, tetapi fungsi utama dari lampu ini adalah untuk menjaga suhu di dalam kandang tetap hangat, karena anak ayam membutuhkan suhu yang cukup hangat, yaitu 35-37 derajat Celcius.


Siapkan tempat makan dan minum.

Tempat makan dan minum di dalam kandang ini harus disiapkan agar anak ayam bisa makan dan minum dengan mudah sehingga anak ayam sehat karena selalu tersedia makanan dan minuman yang kami masukkan pada jadwal pengiriman.


Memindahkan anak ayam dari inkubator ke rumah penangkaran

Setelah rol penetasan siap digunakan, langkah terakhir adalah memindahkan anak ayam secara perlahan agar tidak stres. Saat anak ayam dipindahkan ke kandang brooder, suhunya masih relatif hangat dan makanan akan selalu tersedia.

Itulah beberapa tips untuk Merawat Anak Ayam Yang Baru Menetas. Cobalah untuk menjaga anak ayam di kandang berkembang biak di bawah kendali konstan. Pemeliharaan dapat dilakukan di kandang brooder ini selama sebulan sampai anak ayam sudah tahan terhadap suhu lingkungan tanpa bantuan lampu dan usahakan agar kepadatan kandang tidak terlalu rapat agar anak ayam bisa leluasa bergerak agar anak ayam lebih leluasa. lebih sehat tentunya.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.