Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menyimpan Foto Agar Tidak Hilang di Google Photos?

Jika Anda termasuk orang yang teledor sering lupa password ponsel sampai harus reset, Google photos adalah salah satu solusi paling ampuh. Cara menyimpan foto agar tidak hilang di Google Photos cocok bagi yang tidak suka pakai memori. Tempat teraman tanpa takut file akan rusak atau hilang. Namun, pastikan pula sudah paham dengan apa yang akan dilaksanakan dan semua langkahnya.

Cara Menyimpan Foto Agar Tidak Hilang di Google Photos

Aplikasi Google merupakan salah satu software paling berjasa bagi orang-orang yang pelupa. Sekarang ini Google Photos bisa diunduh melalui Play Store. Aplikasi sudah bisa diakses melalui android ataupun ios. Jika baru pertama kali membuka Google Photo biasanya muncul notifikasi, namun bisa juga manual.

  • Masuk ke menu settings di ponsel 
  • Scroll dan pilih opsi Backup & sync
  • Masuk pada pengaturan pe-back up-an data 
  • Sesuaikan file apa saja yang ingin di backup
  • Aktifkan fitur backup pada pengaturan
  • Anda bisa mulai mencadangkan foto
Cara Menyimpan Foto Agar Tidak Hilang di Google Photos

Cara Menyimpan Foto dari Ponsel ke Google Photos Lewat Komputer 

Setelah tahu cara mengaktifkan Google Photos, sekarang Anda bisa mulai menyimpan foto di tempat paling aman dan file tidak akan hilang. Cara menyimpan foto di Google foto di komputer terbilang cukup mudah, asal fitur backup sudah diaktifkan maka tinggal lanjutkan langkah-langkah selanjutnya. 

  • Download dan install pencadangan dan sinkronisasi di komputer 
  • Langsung login ke akun Google yang digunakan
  • Pilih backup foto atau video atau semua file 
  • Pilih folder yang akan dicadangkan 
  • Sesuaikan ukuran upload dari foto dan video 
  • Pilih ukuran yang Anda inginkan 
  • Kemudian klik mulai 

NB : Jika Anda menghapus file dari ponsel atau komputer maka akan tetap ada di Google foto

Cara Menyimpan Foto ke Drive Melalui Browser 

Selanjutnya adalah cara menyimpan foto di Google melalui browser. Tidak ada syarat atau ketentuan khusus, hanya butuh konektivitas yang stabil saja. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini. 

  • Dari komputer download dan install pencadangan sinkronisasi 
  • Login ke akun Google yang digunakan menyimpan foto
  • Pilih untuk backup foto serta video pada semua file 
  • Pemilihan folder yang ingin dicadangkan 
  • Sesuaikan ukuran foto dan video 
  • Langkah-langkah sudah selesai 

NB : File tidak akan terhapus meski di file masternya sudah dihapus. 

Alasan Simpan Foto Harus di Google Photos

Layanan Google Photos sebenarnya sudah ada sejak Mei 2015 lalu. Salah fasilitas terbaik yang disediakan oleh Google untuk para penggunanya. Perangkat canggih ini berfungsi memberikan ruang penyimpanan gratis tanpa ada batasan. Resolusinya bahkan mencapai 1080p.

1. Sudah Dilengkapi Fitur Pencarian 

Tak hanya sekedar tempat penyimpanan foto biasa yang sederhana, ternyata layanan satu ini bisa mencadangkan foto dari berbagai perangkat. Ada banyak fitur canggih disediakan seperti organisasi otomatis sebagai alat pencarian yang pintar. Anda juga bisa berbagi album dengan orang lain. 

Google Photos menjadi salah satu  cara menyimpan foto agar tidak hilang. Walaupun ponsel sudah ke reset, hilang ataupun rusak foto tetap dalam penyimpanan yang aman. Solusi paling tepat bagi Anda yang ceroboh dan sering merusakkan smartphone di waktu berdekatan. 

2. Menyediakan Ruang Penyimpanan Foto yang Besar 

Sering foto-foto sampai memori penyimpanan di ponsel cepat penuh ? hal seperti ini pastinya sangat mengganggu karena Anda harus memindahkan file atau memilih mana yang dihapus. Daripada buang-buang waktu lebih baik mulai beralih untuk menggunakan Google Photos. 

Dengan kapasitas ruang penyimpanan lebih besar daripada smartphone yang hanya 10 atau 20 GB saja, Google Photos punya ketersediaan ruang sebanyak mungkin. Tidak perlu khawatir kekurangan tempat karena Google akan mengkompress ukuran menjadi lebih kecil tanpa harus mengurangi kualitas. 

3. Hasil Foto yang Dikompresi Tetap Berkualitas 

Cara menyimpan foto dari Google sudah banyak digunakan oleh para orang-orang. Walaupun ukuran real dari foto maupun video dikompresi namun sama sekali tidak mencolok, tetap smooth dan bisa diupload di sosial media manapun. Bahkan terkadang sampai tak terlihat sama sekali. 

Terkadang banyak orang menganggap jika cara menyimpan foto di Google drive ini sulit padahal sangat mudah. Anda tinggal aktifkan backup juga sinkronisasi saja agar bisa simpan foto ke ruang penyimpanan lebih besar. Asal akun masih digunakan file bisa diambil kapanpun dan dimanapun.

Itulah beberapa cara mencadangkan foto di Google foto dan bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan. Fitur layanan dari Google memang selalu memuaskan, jarang sekali mengecewakan para penggunanya. Waktunya beralih ke fitur masa depan tanpa takut ruang penyimpanan penuh. Akan tetapi, pastikan sudah ubdate aplikasi terbaru jikalau masuk dengan perangkat mobile.

 



Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.