-->

Rumput Untuk Kambing Jawa Yang Disarankan Untuk Peternak Kambing Agar Kambing Jawa Cepat Besar

Rumput Untuk Kambing Jawa Yang Disarankan Untuk Peternak Kambing Agar Kambing Jawa Cepat Besar

Rumput untuk kambing jawa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumput untuk kambing jenis lain. Pada umumnya jenis-jenis rumput tidak memiliki perbedaan untuk pakan kambing. Mungkin yang menjadi pembeda adalah jenis kambing itu sendiri.
Biasanya para peternak kambing jawa menggunakan rumput gajahan, dedaunan dan berbagai jenis pakan lain.
 
Mungkin yang menjadi pertanyaan kamu bukan rumput untuk kambing jawa. Melainkan jenis rumput apa yang di sukai oleh kambing jawa.
Karena dari pengalaman yang dibagikan oleh beberpa peternak, kambing jawa memang tidak menyukai berbagai jenis rumput.
 
Padahal bukan seperti itu, kenyataanya adalah kebiasaan kambing yang telah diberikan jenis rumput berbeda dari peternak awal. Hal ini yang sering kali menjadi kendala ketika memelihar kambing tidak dari anakan. Tetapi masalah ini bisa di atasi dengan mudah. Yakni secara perlahan-lahan mengganti jenis pakan yang tersedia di sekitar tempat tinggalmu.
 
Beberapa jenis rumput untuk kambing jawa yang di sarankan untuk mempercepat pertumbuhan kambing jawa itu sendiri telah kami rangkum pada uraian di bawah ini. Yuk silahkan di simak sampai akhir ya.


Rumput Gajahan

Jenis rumput makanan kambing yang pertama adalah rumput gajah. Biasanya rumput gajah mudah kamu temui di persawahan. Ciri-ciri rumput ini yang bisa kamu lihat pada tingginya 3-5 meter saat dewasa, batangnya bulat dengan struktur yang tebal dan keras.

Daun memiliki bulu, panjang daun bisa mencapai 90 cm dengan ujung runcing dan bentuk bunganya seperti lilin. Rumput gajah setidaknya mempunyai 3 varietas yaitu varietas Afrika dan varietas hawai.

Rumput Raja

Untuk jenis rumput makanan kambing yang kedua adalah king grass. Kamu dapat membedakan rumput ini dengan melihat cirinya yang tumbuh tegak berumpun, tinggi bisa mencapai 4 meter, batang tebal dan keras, daun lebar agak tegak dan memiliki bulu pada daun helaian dekat liguna.

Rumput Odot

Rumput odot untuk kambing memiliki banyak kelebihan daripada jenis rumput lain. Kelebihan inilah yang membuat peternak banyak membudidayakannya untuk mencukupi nutrisi dan kebutuhan pakan kambing.

Odot memiliki tekstur yang lebih lunak dan daunnya tidak berbulu, hal ini membuat odot lebih disukai kambing daripada rumput gajah dan rumput raja.


Rumput setaria

Tingginya bisa mencapai 2 meter, daunnya halus berwarna hijau muda. Rumput ini memiliki struktur batang lunak dengan bentuk pangkal pipih dan pelepah daun pada pangkal batang tersusun seperti kipas.

Apabila tempat tinggalmu berada pada ketinggian 1200mdpl dan curah hujan 750mm/th sangat cocok untuk ditanami rumput setaria ini. menariknya bisa tahan dengan genangan air dan tumbuh pada berbagai jenis tanah.


Pakchong

salah satu jenis rumput yang kita rekomendasikan yakni pakchong. Rumput ini memiliki beberapa kelebihan yang membuat para peternak beralih untuk menanamnya.

Kelebihan tersebut berupa tidak berbunga, tidak berbulu, produktivitas tinggi, kandungan gizi protein bisa sampai 17% saat uji lab, batang lebih empuk daripada kalanjana dan tingginya bisa mencapai 4 meter. Selain kelebihan tersebut pakchong juga bisa kamu jual untuk menambah biaya perawatan ternakmu.

Itulah berbagai jenis rumput untuk kambing jawa yang bisa kamu pilih. Semua jenis rumput diatas sangat baik. Saran dari kami yakni pilihlah jenis rumput yang mudah di cari di sekitar peternakanmu.
Menagapa demikian?

Hal ini dilakukan agar nantinya lebih memudahkan untuk mendapatkan pakan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Septianbudi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel