Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pakan Domba Tanpa Ngarit Untuk Solusi Peternakan Yang Modern

Cara Membuat Pakan Domba Tanpa Ngarit Untuk Solusi Peternakan Yang Modern


Cara membuat pakan domba tanpa ngarit sudah banyak di terapkan pada peternakan domba atau kambing modern. Hal ini di sebabkan membuat pakan domba tanpa ngarit jauh lebih praktis dibandingkan dengan mencari rumput.
 
Banyak sekali para peternak domba yang mencari cara membuat pakan domba tanpa ngarit. Oleh karena itu, pada kali ini akan kami berikan informasi mengenai cara membuat pakan domba tanpa ngarit. Silahkan di simak sampai akhir ya.
 
 

Cara membuat pakan domba tanpa ngarit

Sebelum kita membahas cara membuat pakan domba tanpa ngarit lebih jauh lagi. Ada beberapa informasi yang wajib kamu pertimbangkan.
Sehingga nantinya ketika akan menerapkan jenis pakan ini tidak terbentur atau timbul masalah lain.
 
Sejatinya pada ternak domba akan jauh lebih baik menggunakan pakan alami yakni pakan rumput. Banyak para peternak yang sukses menyarankan untuk tidak menggunakan jenis pakan domba fermentasi. Atau biasa disebut dengan pakan domba tanpa ngarit.
 
Tetapi kamu memiliki hak untuk mengambil keputusan. Jika memang menggunakan pakan domba tanpa ngarit jauh lebih efektif. Kenapa tidak?
Yang terpenting silahkan lakukan riset dan catat serta analisa terlebih dahulu.
 
Berikut ini langkah-langkah atau cara membuat pakan domba tanpa ngarit yang bisa kamu coba terapkan pada usaha ternak domba yang sedang kamu kelola.
  • Siapkan prebiotik jenis Em4 yang dapat dibeli di toko pertanian atau peternakan
  • Siapkan tempat yang besar  digunakan untuk mencampur bahan dan memproses fermentasi
  • Bahan-bahan pakan hijauan yang dapat  difermentasi adalah  jerami, gedebog pisang, rumput hijauan
  • Cacah atau potong semua bahan hijauan menjadi ukuran yang lebih kecil, agar cepat dan ukurannya seragam bisa menggunakan mesin pencacah
  • Larutkan tetes tebu atau air gula dan probiotik em4 (sesuai ukuran)dengan air menjadi 1 dengan takaran yang sudah disebutkan di atas
  • Siapkan terpal untuk mengaduk semua bahan kemudian larutkan cairan prebiotik tersebut, agar mudah campur diatas terpal.
  • Masukkan semua bahan kedalam wadah sedikit demi sedikit lalu dinjak injak hingga padat
  • Tutup rapat semua bahan dengan platik agar proses fermentasi lebih sempurna
  • Pakan fermentasi ini bisa dibuka  Setelah 2 minggu dan siap diberikan kepada ternak
 
 

Itulah cara membuat pakan domba tanpa ngarit yang bisa kamu coba. Silahkan lakukan modifikasi apabila dirasa kurang memuaskan. Saran dari kami tetap tambahkan pakan alami agar kambing memiliki nafsu makan serta pertumbuhannya juga jauh lebih optimal.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.