-->

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dengan EM 4

Cara membuat pakan fermentasi kambing dengan EM4 sangatlah mudah. Bahkan kami rasa untuk para peternak kambing pemula jangankan untuk mempraktikkan cara membuat pakan fermentasi kambing dengan EM4 ini.




Memang saat ini, penggunaan pakan fermentasi kambing dengan EM4 sangat banyak dipilih oleh para peternak kambing. Hal ini disebabkan karena pakan fermentasi kambing dengan EM4 ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Selain itu, pakan fermentasi kambing dengan EM4 ini terbukti mampu buat kamu kambing besar dan tumbuh dengan gemuk.

Oleh karena itu, ini akan memberikan cara pembuatan pakan fermentasi kambing dengan EM4 yang paling mudah. Sehingga buat kamu para peternak pemula dapat mencobanya di rumah. Yuk simak informasi lebih lanjutnya.


Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dengan EM 4

Ternak kambing memang merupakan salah satu peternakan yang sangat menjanjikan. Terutama jika dikelola dengan intensif, maka hasilnya akan sangat menjanjikan.

Salah satu syarat agar ternak kambing dapat berjalan dengan adalah pada manajemen pakan. Apabila pakan kambing diberikan dengan takaran yang ideal, maka hasilnya akan sangat baik. Terutama pada penggunaan pakan ternak kambing fermentasi dengan EM4.

oleh karena itu silakan kamu sebagai peternak kambing untuk memulai menggunakan pakan fermentasi kambing dengan EM4. berikut langkah-langkahnya apabila kamu belum mengetahui cara pembuatan pakan fermentasi ini.
  • Langkah pertama yang harus kamu siapkan untuk membuat pakan fermentasi yaitu menyiapkan bahan fermentasi terlebih dahulu. Biasanya pakan fermentasi ini terbuat dari bahan jerami gedebok ataupun dari dedaunan.
  • setelah kamu mendapatkan bahan utama yang akan kamu jadikan pakan fermentasi, selanjutnya silakan cincang atau giling bahan utama tersebut agar bisa tercampur sempurna atau terfermentasi dengan sempurna.
  • Jika semua bahan diatas telah tersedia, maka selanjutnya harus kita lakukan adalah dengan menyiapkan larutan EM 4. Silakan baca penggunaan dosis pada bottle EM4 untuk mempermudah anda dalam mengaplikasikan formula fermentasi pakan kambing.
  • Gunakan wadah yang besar semisal drum atau bak besar atau bisa juga menggunakan plastik terpal untuk mencampur semua bahan. 
  • Silakan campur semua bahan menjadi satu itu dan aduk hingga merata. Setelah merata, tutup rapat bahan fermentasi agar tidak ada ada oksigen yang masuk sehingga fermentasi berjalan dengan sempurna.
  • Proses fermentasi ini biasanya memakan waktu 10 hingga 14 hari. Rata-rata untuk pembuatan pakan fermentasi kambing itu dilakukan selama kurang lebih 14 hari.
  • Setelah 14 hari kamu bisa menggunakan pakan fermentasi untuk pakan ternak kambing yang sedang kamu kelola.

Itulah cara pembuatan pakan fermentasi ternak kambing dengan EM4. Untuk efektifitasnya pakan fermentasi ternak kambing baik diberikan pada saat siang dan sore hari. untuk pagi hari sebaiknya tetap diberikan pakan dedaunan atau pakan rumput. 

Apabila kambing tidak mau memakan pakan fermentasi.sebaiknya berikan sedikit demi sedikit agar kambing terbiasa untuk mengkonsumsi pakan hasil fermentasi.

Iklan Atas Artikel

Septianbudi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel