-->

Apakah Kartu ATM Yang Disable Bisa Diaktifkan Kembali? Begini Caranya

Banyak orang yang menanyakan apakah kartu ATM yang disable bisa diaktifkan kembali? 
Jawabannya tentu bisa. 
Cara mengaktifkan kartu ATM yang disable sebenarnya sangat mudah. Karena memang sudah ada caranya tersendiri untuk mengatasi kartu ATM yang disable. 




Sebelum masuk pada tutorial cara mengaktifkan kartu ATM yang disable. Sebaiknya kita membahas mengapa kartu ATM bisa disable. 

Ada beberapa penyebab kartu ATM bisa disable. Saya penyebabnya adalah dari keteledoran pemilik kartu ATM itu sendiri. Semisal salah memasukkan PIN. Atau bahkan bank terkait mengindikasikan bahwa kamu melakukan transaksi yang dilarang oleh bank tersebut. 
untuk lebih jelasnya silakan simak informasi penyebab kartu ATM disable berikut ini.
  • Salah memasukkan PIN selama lebih dari 3 kali. Biasanya penyebab kartu ATM disable yang sering terjadi adalah salah memasukkan PIN sebanyak lebih dari 3 kali. Untuk mengatasinya kamu bisa mencatat PIN atau mengatur PIN yang mudah diingat. 
  • Bank tempat kamu menyimpan uang mensinyalir bahwa kamu melakukan pelanggaran melakukan transaksi yang tidak wajar. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu membeli produk-produk di online shop yang ternyata nomor bank online shop tersebut telah diblokir atau telah ditandai oleh bank terkait sebagai nomor rekening penipuan.
  • Terjadi pembobolan kartu ATM oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kasus ini sebenarnya sangat jarang terjadi karena biasanya orang yang membobol kartu ATM itu kecil untuk ditemui. Tetapi ada kemungkinan besar hal ini terjadi misal ketika kamu di jalan dompetmu terjatuh dan kartu ATM ditemukan oleh orang yang memang memiliki niat untuk membobol ATM milikmu. tentu mereka akan memasukkan PIN yang salah berkali-kali sehingga akan menyebabkan kartu ATM disable.
  • Terjadi pencurian data nasabah yang ada di dalam ATM. Apabila hal ini terjadi maka pihak bank langsung akan melakukan disable pada kartu ATM milikmu. Langkah ini dilakukan agar aset atau dana yang ada di rekening tabunganmu dapat tersimpan dan aman dari pencurian.
  • PIN ATM sudah lama tidak diganti. Untuk penyebab yang satu ini sangat jarang ditemui. Karena rata-rata jarang orang yang memiliki masalah kartu ATM disable karena PIN ATM sudah tidak lama diganti. Tapi kamu perlu untuk mencegah hal ini terjadi dengan cara mengganti pin secara rutin.
  • Permintaan pemilik ATM atau nasabah secara langsung kepada pihak bank. Penyebab kartu ATM disable yang terakhir adalah permintaan dari pemilik kartu ATM itu sendiri. Biasanya langkah ini dilakukan ketika kita kehilangan kartu ATM tersebut. sehingga demi keamanan lebih baik kita meminta pihak bank untuk melakukan disable pada kartu ATM. 


Lalu bagaimana cara mengaktifkan kembali jika kartu ATM disable?
Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila kartu ATM disable. 

cara yang paling mudah adalah dengan mendatangi pihak bank dan meminta untuk mengaktifkan kembali kartu ATM Anda yang disable. Sebenarnya ada juga cara untuk mengaktifkan kartu ATM disable melalui mobile banking. Tapi saran dari kami adalah langsung ke pihak bank saja agar lebih cepat dan lebih mudah. 

Apakah kartu ATM disable masih dapat digunakan untuk transaksi?
Jika kamu mengalami kartu ATM disable dan tidak memiliki waktu untuk mengaktifkan ulang. Kamu tidak perlu takut tidak dapat melakukan transaksi seperti biasa. Pada dasarnya kartu ATM disable adalah tidak bisa melakukan transaksi melalui mesin ATM. 

tapi kamu bisa melakukan transaksi seperti biasa melalui internet banking, mobile banking ataupun SMS banking. Mungkin yang menjadi kendala adalah ketika kamu akan melakukan tarik tunai pada mesin ATM. Karena kartu ATM disable maka kamu wajib mengaktifkan ulang kartu ATM tersebut. 

Itulah informasi mengenai cara mengaktifkan ulang kartu ATM yang disable. Selalu jaga kartu ATM anda dan PIN ATM agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.



Iklan Atas Artikel

Septianbudi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel