-->

Pakan Kambing Fermentasi Kering Yang Cocok Untuk Peternak Pemula

Pakan kambing fermentasi kering memang sedang banyak digunakan oleh para peternak kambing. Hal ini dikarenakan pakan kambing fermentasi kering bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan pakan basahan. Sehingga efektivitas pakan akan lebih terjaga.




Banyak para peternak kambing yang belum mengetahui cara membuat pakan kambing fermentasi kering. Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan informasi mengenai cara membuat pakan kambing fermentasi kering. Sehingga buat kamu para peternak yang belum mengetahui cara membuat pakan kambing fermentasi kering, silakan baca artikel ini sampai akhir.


Pakan Kambing Fermentasi Kering

ternak kambing memang telah menjadi salah satu usaha ternak yang sangat menjanjikan. banyak sekali para peternak pemula yang berhasil dalam menjalankan usaha ini. Hal ini dikarenakan usaha ternak kambing sangat mudah untuk dijalankan sehingga sangat jarang sekali para peternak yang mengalami kegagalan.

Salah satu hal yang menjadi di tolak ukur keberhasilan dan sangat mempengaruhi pada usaha ternak kambing ini yaitu pakan. Oleh karena itu kamu harus mampu memilih jenis pakan yang tepat untuk peternakan kambing. Seperti misalnya untuk memilih pakan ternak kambing fermentasi.

Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai cara membuat pakan kambing fermentasi kering. Yuk simak informasinya lebih lanjut di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat pakan kambing fermentasi kering di antaranya:
  • EM4
  • Jerami
  • Gedebog
  • Rumput kering/ ampas kacang

Langkah-langkah pembuatan pakan kambing fermentasi kering sebagai berikut:

langkah pertama untuk membuat pakan fermentasi kambing yaitu dengan mencacah jerami dan gedebok hingga mencapai ukuran yang ideal. Kamu bisa menggunakan pisau atau data cam lain yang dapat digunakan untuk mencacah bahan utama ini.

Setelah jerami dan gedebog selesai dicacah, langkah selanjutnya adalah siapkan larutan EM4. Dosis yang digunakan adalah 1 liter larutan EM4 untuk 10 liter bahan kering atau dalam ukuran 10 kg.

Setelah itu, campur semua bahan menjadi satu dan aduk rata hingga semua larutan 4 tercampur dengan bahan utama. Jika sudah silakan masukkan ke drum atau tempat penampung lain. 

Usahakan bahan-bahan tersebut kedap udara sehingga fermentasi akan berjalan dengan sempurna.

Lakukan permentasi selama satu hari penuh agar fermentasi berhasil.

Setelah itu buka dan pakan fermentasi bisa diberikan ke kambing.

Itulah cara membuat pakan kambing fermentasi kering yang bisa kamu coba di rumah. Cukup mudah bukan?

Untuk keberhasilan biasanya setiap peternak memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Silakan lakukan improvisasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan lupa lakukan observasi dan pencatatan pada setiap pembuatan pakan yang kamu lakukan. hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan formula pakan yang terbaik untuk usaha ternak kambing yang sedang kamu kelola.

Iklan Atas Artikel

Septianbudi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel