Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Kambing Yang Menguntungkan Bagi Pemula Dengan Modal Yang Minimal

Cara ternak kambing yang menguntungkan Tentu saja sangat di butuhkan dan sangat diminati oleh para peternak. Terutama pada peternak pemula yang akan memulai usaha ternak kambing.

Cara ternak kambing yang menguntungkan itu sendiri sebenarnya tidak begitu susah untuk diterapkan. Karena pada dasarnya adalah bagaimana cara membuat kambing cepat besar dan gemuk. Sehingga akan cepat menghasilkan keuntungan pada saat dijual.

Berikut ini beberapa cara atau tips untuk ternak kambing yang menguntungkan bagi pemula. Silakan baca sampai habis.




1. Jenis Kambing

Yang harus kamu lakukan untuk memulai ternak kambing agar menguntungkan adalah memilih jenis kambing yang akan diternak. Pilihlah jenis kambing yang memiliki pertumbuhan sangat cepat. Selain itu pilih juga jenis kambing yang memiliki postur tubuh besar.

Biasanya banyak para peternak memilih jenis kambing Etawa, kambing jawa Randu dan beberapa jenis kambing unggulan lain. Hal ini sangat penting, karena jika kita memilih jenis kambing yang lambat pertumbuhannya tentu saja akan berimbas pada biaya produksi yang akan lebih besar.


2. Tetapkan Tujuan Awal Pada Saat Akan Ternak Kambing

Proses ini sangat penting untuk mendapatkan keuntungan pada usaha ternak kambing. Mengapa demikian? Ini ini akan berpengaruh pada jenis kambing yang akan kita beli. Apakah kita akan membeli kambing jantan atau kambing betina tentu akan dilihat pada tujuan awal pada saat akan memulai usaha ternak kambing.

Jika kamu menginginkan hasil per tahun, maka sebaiknya kamu membeli kambing jantan untuk di ternakan. Dengan begitu kamu akan bisa menjualnya di setiap hari raya Idul Adha dengan selisih harga yang sangat besar. Sudah banyak para peternak yang menggunakan cara ini.

Tetapi jika kamu menginginkan hasil dalam jangka panjang, maka sebaiknya kamu membeli kambing betina untuk di peranakan. Hal ini akan membuat kamu memiliki banyak sekali kambing di tahun-tahun berikutnya. Sehingga nantinya kamu tidak perlu lagi untuk membeli indukan kambing.


Tips Yang Wajib Anda Coba Pada Saat Usaha Ternak Kambing

Untuk usaha ternak kambing agar menguntungkan kami memiliki beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba:

Carilah partner untuk memelihara kambing mu dengan sistem bagi hasil

Usahakan untuk mencari partner yang yang menerapkan usaha ternak kambing itu sebagai usaha sampingan atau investasi maupun untuk mengisi waktu luang.

Lakukan pembelian pada kambing yang belum dikategorikan sebagai indukan, agar kamu mendapatkan harga yang murah.

Usahakan untuk menggunakan pakan berkualitas namun terjangkau, misal pakan fermentasi.

Itulah beberapa tips dan juga cara yang bisa kami berikan untuk memulai usaha ternak kambing yang menguntungkan. Semoga dapat membantu dan usaha ternak kambing yang sedang kamu tekuni berjalan dengan lancar serta sangat menguntungkan.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.