Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Untuk Hasil Yang Efektif Dan Menguntungkan

Cara ternak kambing tanpa ngarit tentu saja banyak dicari oleh para peternak pemula. Hal ini sangat menarik untuk dipelajari karena selama ini usaha ternak kambing tentu harus mencari pakan atau biasa disebut ngarit.

Usaha ternak kambing tanpa ngarit itu sendiri mulai trend di kalangan anak muda yang yang minat untuk terjun di usaha peternakan khususnya kambing. Hal ini ini dikarenakan usaha ternak kambing tanpa ngarit dinilai lebih efektif Jika dilihat dari hasil sebuah usaha.

Untuk memulai usaha ternak kambing tanpa ngarit ada beberapa cara yang bisa kamu pilih. Beberapa cara atau tips tersebut telah kami rangkum pada uraian di bawah ini. Yuk simak informasi lebih lengkapnya.




Usaha Ternak Kambing Tanpa Ngarit

Sebelum membahas cara usaha ternak kambing tanpa ngarit, kita harus tahu terlebih dahulu Apa itu ngarit. Ngarit sendiri adalah kegiatan pergi mencari pakan hijauan untuk ternak. Baik itu ternak kambing ataupun ternak yang lainnya. Kegiatan ini biasa dilakukan di ladang sendiri atau di tanaman yang telah kita tanam di kebun sendiri dan juga mencari di lahan bebas atau di sekitar kebun orang lain.

Kegiatan ngarit itu sendiri biasa dilakukan oleh para peternak kambing tradisional di kampung. Sehingga apabila kita akan memulai usaha ternak kambing di perkotaan, tentu saja kegiatan ini tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, kita harus memiliki cara-cara kreatif seperti terobosan ternak kambing tanpa ngarit. Untuk langkah-langkahnya atau caranya sudah kami rangkum sebagai berikut.


1. Membeli Pakan Hijauan

Cara pertama untuk usaha ternak kambing tanpa ngarit yaitu dengan cara membeli pakan hijauan di tempat penyedia pakan. Tetapi hal ini sangat tidak efektif, karena keuntungan yang akan kita dapatkan akan sangat sedikit sekali. Terkecuali Jika kamu berada di perkebunan singkong, maka kamu bisa membeli daun singkong yang biasanya tidak laku dijual.

Pembelian pakan hijauan ini biasanya dilakukan tidak sebanyak kebutuhan pakan kambing itu sendiri. Karena penggunaan pakan hijauan akan dikurangi untuk menekan biaya pembelian pakan atau biaya produksi. Ini sangat kami sarankan karena membeli pakan hijauan dengan jumlah yang banyak akan menyebabkan kerugian pada usaha ternak kambing tanpa ngarit.


2. Menggunakan Pakan Fermentasi

Langkah terbaik yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan pakan fermentasi. Mengapa? Menggunakan pakan fermentasi sendiri dapat menekan biaya produksi. Hal ini disebabkan karena bahan pembuatan pakan fermentasi dapat kita temukan dengan mudah dan dengan harga yang sangat murah.

Kamu bisa menggunakan bahan seperti bonggol pisang yang tentu harganya sangat murah sebagai pakan fermentasi. Selain itu masih banyak bahan lain yang bisa kamu gunakan. Mungkin kendalanya adalah proses pembuatan pakan fermentasi agak sedikit rumit. Selain itu, apabila terlalu lama disimpan biasanya pakan fermentasi ini akan ditumbuhi jamur. Tentu hal ini sangat fatal apabila kita tidak teliti.


3. Menggunakan Pakan Dari Sisa Limbah Sayuran

Untuk memulai ternak usaha kambing tanpa ngarit yang terakhir yaitu kita bisa menggunakan pakan dari sisa-sisa limbah sayuran di pasar. Limbah sisa sayuran ini biasanya masih berwarna hijau. Tentu saja limbah ini masih bisa kita gunakan untuk pakan ternak karena masih memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

Menurut kami, cara Ini adalah cara yang paling efektif. Mengapa? Hal ini dikarenakan keberadaan limbah sayuran sangat banyak dan melimpah di Pasar Sayur. Selain itu harganya sangat murah bahkan gratis. Tentu sangat menguntungkan bukan apabila kita mendapatkan pakan yang gratis tanpa harus membayar? Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk membiasakan memberi pakan kambing dengan limbah sayuran dari pasar.

Mungkin yang menjadi kendala adalah sayuran dari pasar itu biasanya sudah mengandung pestisida yang cukup banyak. Hal ini dapat mengakibatkan keracunan pada kambing. Tetapi menurut kami kadar pestisida yang ada pada sayuran tidak membuat kambing menjadi keracunan.

Itulah cara usaha ternak kambing tanpa ngarit yang bisa kamu terapkan di rumah. Saran dari kami adalah tetap gunakan pakan hijauan sebagai prioritas utama. Karena kambing akan lebih cepat besar dan sehat apabila pakan yang Anda gunakan adalah pakan hijauan.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.