Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Kambing Jawa Randu Untuk Hasil Yang Maksimal Dan Keuntungan Yang Lebih Besar

Ternak kambing jawa Randu menjadi salah satu usaha ternak kambing yang sedang diminati oleh banyak orang. Hal ini disebabkan pertumbuhan kambing jawa Randu itu sendiri lebih cepat dibandingkan dengan jenis kambing yang lain itik Sehingga keuntungan ternak kambing jawa Randu menjadi lebih banyak dibandingkan dengan usaha ternak kambing jenis lainnya.

Pada dasarnya usaha ternak kambing jawa Randu ini tidak jauh berbeda dengan usaha ternak kambing jenis lain. Yang membedakan adalah jenis kambingnya. Sesuai dengan namanya, usaha ternak kambing jawa Randu ini tentu saja menggunakan jenis kambing Jawa Randu. Untuk kamu yang tertarik dengan usaha ternak kambing jawa Randu, silakan kan baca informasi lengkap mengenai cara ternak kambing jawa Randu yang efektif dengan keuntungan yang maksimal pada rangkuman dibawah ini. Yuk simak informasi lebih lengkapnya.




Usaha Ternak Kambing Jawa Randu Yang Efektif

Kambing jawa randu itu sendiri merupakan salah satu jenis kambing ternak hasil persilangan antara kambing kacang dengan peranakan kambing Etawa. Kambing jawarandu masih mempunyai sifat genetika yang menyerupai kambing kacang, tetapi kambing jawa Randu memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kambing kacang.

Untuk cara usaha ternak kambing jawa Randu telah kami rangkum pada uraian di bawah ini. Silakan Dibaca sampai habis untuk mendapatkan informasi lengkapnya


1. Persiapan Lahan Untuk Pembuatan Kandang

Pada usaha ternak kambing jawa Randu tentu yang harus diperhatikan pertama kali adalah kandang. Kandang itu sendiri tentu saja membutuhkan lahan, sehingga kita juga harus menentukan lokasi lahan yang tepat untuk ternak kambing jawa Randu.

Untuk pembuatan kandang sendiri, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang tidak perlu mewah dan secukupnya saja. Bisa membuatkan pondokan kecil yang tertutup atap dengan dinding kayu yang terpenting adalah kambing tidak kehujanan dan tidak kepanasan.

Biasanya untuk membuat kandang Ini Membutuhkan dana sekitar 3 juta. Kandang dengan dana sebesar itu, biasanya dapat menampung 10 ekor kambing. Sangat terjangkau bukan?


2. Perawatan Dan Pemberian Pakan

Untuk ternak kambing jawa Randu tentu kamu harus memperhatikan hal ini dengan sangat baik. Ini adalah kunci kesuksesan untuk ternak kambing jawa Randu. Pakan dan perawatannya harus selalu Prima untuk mempercepat pertumbuhan kambing itu sendiri.

Untuk pakan, kambing jawa Randu memiliki kesamaan dengan jenis kambing lainnya. Yakni kamu bisa memberikan pakan hijauan berupa rumput rumput atau dedaunan seperti daun lamtoro, daun pisang dan beberapa jenis dedaunan yang lain. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan pakan fermentasi ataupun limbah sayuran dari pasar sayur.

Tidak melulu soal pakan saja, ternak kambing jawa Randu juga membutuhkan jamu untuk menggemukan kambing. Jamu yang bisa diberikan pada kambing jawa Randu pada umumnya adalah temulawak. Temulawak ini biasanya diberikan sebanyak 2 kali dalam seminggu yang fungsinya adalah untuk menambah nafsu makan kambing.

Untuk cara pemberiannya yaitu dengan cara ditumbuk dan diambil sari sarinya. Kamu bisa memberikan pada kambing dengan cara di diminumkan secara paksa.


3. Perjodohan

Tahapan ini berlaku apabila kamu ternak kambing jawa Randu dengan tujuan memperbanyak anaknya. Apabila kamu ternak kambing jawa Randu hanya untuk penggemukan, maka proses ini tak perlu dilakukan.

Untuk proses penjodohan sendiri sangat mudah. Kamu bisa mengawinkan antara jantan dan betina secara alami. Atau jika malas karena susah untuk mendapatkan kambing jantan. Kamu bisa menggunakan jasa dari dokter hewan untuk menyuntikkan sperma pada ada kambing betina.


4. Pemasaran

Ini adalah salah satu ujung tombak sebuah usaha yang akan menilai Apakah ternak kambing jawa Randu yang kamu tekuni berhasil atau tidak. Tanpa pemasaran maka hasil yang akan kamu dapatkan tidak akan bisa nilai.

Tetapi kami rasa untuk proses pemasaran kambing jawarandu sendiri tidak terlalu sulit. Banyak para pengepul kambing yang bersedia untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Terlebih jika kambing jawa randu yang kamu ternak adalah kambing jawa randu jantan. maka tidak akan menemukan kesulitan yang berarti.

Itulah cara ternak usaha kambing jawa randu yang bisa kami informasikan kepada kamu. Semoga dapat membantu dan memberikan inspirasi buat semuanya.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.