Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Himbauan Pemerintah DKI Untuk 22 Kelurahan Agar Siaga Banjir


Hujan di Ibukota pada senin petang hingga malam telah menimbulkan sejumlah genangan di Jakarta.  Semuanya ada 8 titik di Ibu Kota Jakarta yang sejauh ini sudah di laporkan. Dan Data sementara yang dilaporkan oleh pusat pengendali operasi pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta telah terjadi peningkatan debit air secara merata diberbagai titik lokasi di Ibukota. Terutama di pintu air Manggarai.



Dilansir dari CNN Indonesia, Satrio Wicaksono, terkait dengan debit air di pintu air Manggarai Jakarta dan juga imbauan dari Gubernur DKI Jakarta agar Warga Jakarta yang mungkin akan menjadi kawasan ataupun penampungan terdampak bencana banjir agar tetap bisa menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Untuk pagi hari ini, Rabu 23 September 2020. Kondisi pintu air Manggarai Jakarta Selatan debit airnya masih di Kisaran angka 730 sampai dengan 760 cm. Di mana ini merupakan dalam kategori siaga 4 dan menuju atau perbatasan siaga 3.

Memang hujan di daerah Jakarta dan juga daerah penyangga ibukota seperti Kabupaten Bogor dan kota Bogor pada kemarin sore sampai dengan sekitar pukul 8 malam ini menyebabkan debit di Bendungan Katulampa meningkat. Sekitar pukul 18:00 WIB kemarin tercatat ketinggian air setinggi 250 cm di pintu Katulampa. Namun kemudian ketinggian itu cepat menurun dimana pada pukul 19.16 WIB berdasarkan catatan yang kami terima ini sudah turun menjadi hanya 140 cm. Dan diperkirakan Air ini akan tiba di Jakarta pada dini hari sekitar pukul 2 sampai dengan 4 dini hari. Namun hal tersebut masih dalam kondisi Aman

Artinya luapan air dari Bendungan Katulampa sampai ke Bendungan Manggarai di Jakarta Selatan ini masih dalam kategori siaga 3. Pembersihan juga sedang dilakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pembersihan puing-puing ataupun sampah yang terbawa oleh arus air dari Bendungan Katulampa. 

Pembersihan ini sudah dilakukan sejak pukul 4 pagi dini hari. Untuk proses pembersihan ada sekitar 3 ekskavator yang digunakan untuk mengeruk puing-puing berupa sampah plastik ataupun kayu-kayu dan juga bambu yang terbawa pada aliran air.

Kurang lebih sudah ada 5 unit truk yang mengangkut sampah untuk keluar dari kawasan pintu air Manggarai. Namun tumpukan sampah masih menggunung. Sementara tinggi air untuk saat ini berdasarkan pantauan tim CNN masih berada di angka 750 cm atau dalam kategori siaga 4.

Provinsi DKI Jakarta melaui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sempat mengunjungi kawasan pintu air Manggarai. Melalui inspeksi tersebut, Anies menghimbau untuk masyarakat yang tinggal di 22 Kelurahan di DKI Jakarta untuk siap siaga apabila akan terjadi banjir. Berdasarkan pantauan ataupun berdasarkan keterangan petugas di pintu air Manggarai untuk kondisi pagi hari ini Rabu 23 September 2020. Bisa dikatakan Airnya sudah mulai surut.
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.