Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjodohkan Murai Daun Yang Efektif Untuk Penangkaran Murai Daun


Cara menjodohkan murai daun terbilang gampang-gampang susah. Tidak semua peternak memiliki pendapat yang sama. Ada yang mengatakan cara menjodohkan murai daun itu gampang dan ada juga yang mengatakan sangat susah untuk menjodohkan murai daun. Semua tentu tergantung dengan pengalaman dan jam terbang peternak tersebut.

Butuh Dana Untuk Usaha ?
Baca: Pengajuan Pinjaman Dana Jaminan BPKB Tanpa Survey


Menjodohkan murai daun sendiri merupakan langkah yang paling penting untuk menghasilkan anakan murai daun yang berkualitas. Selain itu, apabila penangkar berhasil menjodohkan murai daun dengan jumlah yang banyak. Maka produktivitas penangkaran miliknya akan lebih baik. Dan impactnya tentu saja berpengaruh terhadapa keuntungan yang akan meningkat pula.

Untuk cara menjodohkan murai daun sendiri sudah kami rangkum lengkap untuk anda yang baru akan mencoba menangkarkan murai daun. Yuk simak informasinya dibawah ini.



Cara Menjodohkan Murai Daun

Murai daun sendiri merupakan salah satu burung kicau yang sangat diburu oleh penghobi burung. Burung ini memiliki daya tarik tersendiri. Keberadaannya juga sudah mulai langka atau sulit di temukan di alam liar. Hal itulah yang membuat harganya melambung dan banyak di minati oleh penghobi burung.

Untuk menjodohkan murai daun yang efektif agar menghasilkan anak atau bibit murai daun yang berkualitas bisa kamu ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Masukan indukan betina ke dalam sangkar perjodohan
  • Indukan jantan juga masukan ke dalam kandang perjodohan
  • Antara kandang indukan betina dan jantan harus saling berpisah namun berhadapan. Fungsinya agar kedua indukan yang dijodohkan saling mendengar kicauan masing-masing
  • Setelah ditunggu lama tetapi tidak ada reaksi, sebaiknya berikan pakan jangkrik untuk meningkatkan birahi kacer
  • Jika kedua indukan murai daun sudah saling berkicau dan sahut menyahut, pertanda keduanya menunjukan saling ketertarikan,
  • Setelah itu, dekatkan kedua kandang murai daun indukan tersebut.
  • Silahkan perhatikan indukan murai daun betina. Jika sudah memulai membuat sarang pertanda indukan murai daun sudah siap kawin.
  • Setelah sarang terbentuk dengan sempurna, satukan kedua indukan murai daun tersebut ke dalam kandang yang sama
  • Amati pada malam hari, apabila kedua indukan sudah saling berdekatan maka dipastikan kedua murai daun sudah berjodoh
  • Jika pada saat makan kedua indukan terjadi perkelahian, semprot menggunakan sparyer seperti pada saat kita memandikan murai daun. Semprotkan pada murai daun yang lebih agresif dalam menyerang. 
  • Jika setelah itu kedau murai daun cenderung tenang selama beberapa hari dan selalu berdua, bisa dikatakan peroses perjodohan murai daun berhasil.

Baca Juga : Cara Kawin Silang Kacer Dengan Murai Yang Bisa Di Terapkan Di Penangkaran


Itulah cara menjodohkan murai daun yang bisa kamu coba terapkan di penangkaran atau di rumah masing-masing. Memang menjodohkan murai daun atau burung kicau lainnya tidak semudah yang kita bayangkan. Pasalnya setiap burung tentu memiliki daya tarik terhadap pasangannya yang berbeda-beda.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.