Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Takaran Nutrisi Hidroponik Kangkung Sampai Panen Menggunakan Larutan AB Mix

Nutrisi hidroponik kangkung atau tanaman kangkung memiliki beberapa tahapan yang harus diperhatikan oleh petani kangkung hidroponik itu sendiri. Pada dasarnya,tahapan nutrisi ini tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman lainnya. Hanya saja jika pemberian nutrisi untuk tanaman kangkung ini tepat guna atau ideal, tentu saja hasil yang akan didapatkan juga akan lebih maksimal.


Takaran Nutrisi Hidroponik Kangkung Sampai Panen Menggunakan Larutan AB Mix


Untuk itu, berikut ini kami berikan tahapan pemberian nutrisi hidroponik tanaman kangkung. Lengkap hingga masa panen. Silahkan diterapkan pada pertanian atau pada kebun hidroponik yang kamu miliki.
Takaran Nutrisi Hidroponik Kangkung Sampai Masa Panen
  • PH air yang ideal yaitu 5,5 – 6,5
  • Dosis nutrisi minggu ke-1 sebesar 500 PPM
  • Dosis nutrisi minggu ke-2 sebesar 6800 PPM
  • Dosis nutrisi minggu ke-3 sebesar 1200 PPM
  • Dosis nutrisi minggu ke-4 sebesar 1200 PPM

Butuh Dana Untuk Usaha ?
Baca: Pengajuan Pinjaman Dana Jaminan BPKB Tanpa Survey


Catatan :
  1. Masa panen kangkung hidroponik yaitu umur 28 – 35 hari
  2. Untuk mengukur PH air pada kolam penampungan atau tandan, gunakan alat ukur PPM TDS Meter dan PH Meter
  3. Air yang ideal untuk digunakan yaitu air baku dibawah 100 PPM
  4. Untuk mendapatkan larutan nutrisi sebesar 500 PPM, gunakan 1 liter air baku + 3 ml nutrisi AB Mix
  5. Atur PPM pada air yang digunakan untuk budidaya kangkung hidroponik. Apabila PPM yang dihasilkan terlalu tinggi, tambahkan air baku sampai ukuran PPM sesuai dengan yang dianjurkan diatas
  6. Toleransi untuk angka PPM diatas yaitu sebesar 50 PPM. Bisa kurang dari atau lebih dari terhadap ketentuan dosisi yang telah tertera diatas
  7. PPM maksimal untuk tanaman kangkung yaitu sebesar 1050 – 1400


Itulah takaran nutrisi hidroponik kangkung yang ideal hingga masa panen. Silahkan terapkan panduan diatas pada perkebunana kangkung hidroponik yang kamu miliki. Setelah itu, lihat hasil yang akan didapatkan.

Dalam pemberian nutrisi hidroponik kangkung, bagian yang terpenting dan harus kita cermati yaitu pada saat menggunakan air baku sebagai media untuk tumbuh tanaman kangkung itu sendiri. Selain itu, nutrisi hidroponik yang kami sarankan adalah nutrisi hidroponik AB Mix. Nutrisi ini sangat mudah untuk didapatkan. Karena hampir semua toko pertanian menjual nutrisi hidroponik yang satu ini.



Apabila terpaksa tidak memiliki atau tidak mendapatkan nutrisi hidroponik AB Mix. Kita bisa menggantinya dengan pupuk tanaman. Yang terpenting pada pupuk tanaman yang kita gunakan mengandung Natrium, Pofor Serta Kalium. Untuk cara pengaplikasiannya, cukup campurkan pupuk pengganti nutrisi hidroponik tersebut menggunakan air hingga menjadi pupuk cair. Setelah itu cek PH Meter dan juga PPH nya. Jika telah sesuai dengan anjuran dosis yang tertera diatas, bisa digunakan untuk menggantikan nutrisi hidroponik AB Mix.
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.