Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Burung Poksay Jambul Putih Jantan Dan Betina Dengan Sederhana

Cara membedakan burung poksay jambul putih jantan dan betina sebenarnya agak  sulit. Ada cara sederhana yang bisa gunakan. Ketiga cara tersebut ada yang bisa kita terapkan sendiri dan ada juga yang tidak. Burung ini dikatakan sulit dalam meneliti atau membedakan antara jantan dan betinanya karena hanya dengan 3 langkah yang bisa digunakan untuk membedakan burung poksay jambul putih jantan dan betina.
Cukup sulit bukan?
Untuk lebih lengkapnya silahkan simak informasi dibawah ini!


perbedaan poksay jambul putih jantan dan bertina

Cara Membedakan Burung Poksay Jambul Putih Jantan Dan Betina Dengan Sederhana

Burung poksay atau yang memiliki nama latin Garrulax Chinensis memiliki ciri warna bulu yang kecoklatan. Pada bagian telinganya terdapat sedikit warna putih dan jambul tepat diatas hidungnya. Burung ini sudah banyak di perlombakan, sehingga banyak sekali penghobi burung kicau yang mulai memburu burung pokcay.

Butuh Dana Untuk Usaha ?
Baca: Pengajuan Pinjaman Dana Jaminan BPKB Tanpa Survey



Tentu ini akan menjadi ladang usaha untuk anda yang akan memulai menekuni usaha ternak burung poksay. Nah, jika akan ternak burung poksay pastinya kita harus mengetahui perbedaan burung poksay jantan dan betina. Untuk itu, berikut ini cara membedakan burung poksay jantan dan betina yang bisa menjadi referensi anda.
  • Langkah pertama untuk membedakan burung poksay jambul putih jantan dan betina adalah dengan melihat kedudukan leher dari keduanya. Untuk poksay jantan kedudukan lehernya tegak mendongak, dengan kepala terangkat dan terlihat gagah. Sedangkan untuk poksay betina lebih merata (hampir sama rata dengan punggung) dan kepalanya tidak tegak.
  • Cara yang kedua untuk membedakan poksay jambul putih jantan dan betina yaitu dengan mendengarkan suara kicauannya. Suara kicau burung poksay jambul putih jantan biasanya diawali dengan suara kwa... kwa... kwa... kwa... kwa... kwa...kuk...kwak...klik...kluk, sedangkan untuk betina hanya dengan suara kwa... kwa... kwa... saja. Perlu diketahui bahawa suara kicau burung poksay jambul putih ini bukan suara tiruan dari burung lain, jadi selamanya suara yang dikeluarkan dari burung poksay jambul putih akan tetap seperti itu.
  • Jika kedua cara diatas tidak bisa anda lakukan, maka cara terkahir untuk membedakan burung poksay jambul putih jantan dan betina yaitu dengan cara analisis kotoran di laboratorium. Atau bisa juga menggunakan teknik Endoskopis atau analisis bulu. Tentu kita tidak bisa melakukannya sendiri. cara yang terakhir ini harus dilakukan oleh para ahli dan tentu saja akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Baca Juga : Cara Agar Murai Batu Bertelur Banyak Dan Berhasil Menetas Semua


Itulah cara membedakan burung poksay jambul putih jantan dan betina yang bisa kita lakukan. Jika and a memiliki cara lain silahkan dishare kepada penghobi burung kicau lainnya untuk saling berbagai informasi.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.