Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Anak Ayam Arab Jantan Dan Betina Dengan Mudah


Cara membedakan anak ayam arab dan betina memang selalu menjadi masalah ketika kita akan membeli doc ayam arab. Terutama pada peternak ayam arab pemula. Tentu membedakan anak ayam arab jantan dan betina ini akan mengalami kesulitan.

Sebenarnya cara membedakan anak ayam arab jantan dan betina sangat mudah. Karena ciri-ciri anak ayam arab jantan dan betina itu terlihat sangat jelas. Mirip seperti pada saat kita membedakan doc ayam kampung. Untuk lebih jelasnya silahkan cek cara lengkap membedakan anak ayam arab jantan dan betina pada informasi yang telah kami rangkum di bawah ini.



Cara Membedakan Anak Ayam Arab Jantan Dan Betina Dengan Mudah

Sebagai seorang peternak, mau tidak mau kita harus bisa membedakan anak ayam arab jantan dan betina. Hal ini untuk mengantisipasi apabila sang penjual doc melakukan kesalahan kirim bibit anak ayam yang kita pesan.

Hal ini sangat penting untuk diketahui, terlebih jika kitalah seorang penjual doc. Tentu ciri-ciri anak ayam arab betina dan jantan harusnya sudah diluar kepala. Tetapi jika kamu masih pemula, maka tidak ada salahnya untuk belajar terlebih dahulu. Nah, untuk mengetahui ciri-ciri perbedaan anak ayam arab jantan dan betina. Silahkan simak rangkuman berikut ini. Yuk simak informasinya.


1. Vent Sexing

Cara pertama untuk membedakan anak ayam arab jantan dan betina yaitu dengan membedakan besar lubang jenis kelainnya (Vent Sexing). Pada anak ayam memang susah untuk membedakan jantan dan betinanya. Tetapi dengan melihat cloaca atau lubang alat kelamin ini kita akan dengan mudah untuk membedakannya.

Untuk anak ayam jantan, terdapat tonjolan seperti jerawat atau lubang jarum kuning, putih dan bahkan hitam. Sementara untuk betina biasanya tidak memiliki tonjolan ini. Cara ini memang sedikit sulit karena membutuhkan ketelitian yang luar biasa. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Butuh Dana Untuk Usaha ?
Baca: Pengajuan Pinjaman Dana Jaminan BPKB Tanpa Survey


2. Feather Sexing

Istilah ini dikenalkan pada tahun 1969. Metode ini dilakukan dengan cara melihat dan memperhatikan bagian tubuh doc untuk menentukan jenis kelamin anak ayam tersebut. Untuk membedakan anak ayam arab jantan atau betina bisa dilihat dari sayap primer dan sayap sekundernya.

Biasanya pada semua jenis ayam, sayap ayam betina akan memiliki pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan sayap ayam ayam jantan. Sedangkan untuk jantan akan lebih cepat mengalami pertumbuh pada postur tubuhnya dibanding dengan bulunya. Untuk lebih jelasnya membedakan anak ayam jantan dan betina melalui metode feather sexing bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini.


3. Alternatif Lain

Jika kedua metode diatas dirasa susah untuk dilakukan. Maka kamu bisa mencoba alternatif ini untuk membedakan anak ayam arab jantan dan betina. Kita bisa melihat warna bulu anak ayam. Biasanya, anak ayam yang memiliki bulu berwarana mencolok merupakan anak ayam yang berjenis kelamin jantan. Tetapi jika kamu menggunakan cara ini tentu saja kita harus menunggu anak ayam sampai berbulu penuh.


Secara umum itulah perbedaan anak ayam arab jantan dan betina serta ciri-ciri untuk membedakannya. Semoga dapat bermanfaat buat kamu. Silahkan untuk diterapkan dan dipelajari. Jangan lupa untuk share informasi ciri-ciri anak ayam arab jantan dan betina ini kepada teman dekatmu ya.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.