Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kawin Silang Kacer Dengan Murai Yang Bisa Di Terapkan Di Penangkaran


Cara kawin silang kacer dengan murai memang menjadi salah satu teknik penangkaran yang sering digunakan oleh para penangkar bururng. Meskipun sebenarnya cara ini sangat  susah untuk dilakukan. Bahkan untuk penangkar senior pun mengaku jika metode kawin silang kacer dengan murai ini dinilai sangat sulit untuk dilakukan dan rentan gagal.

Hal ini sangat di maklumi, pasalnya kawin silang kacer dengan murai ini merupakan perkawinan dua jenis burung yang memiliki sifat berbeda. Tentu saja untuk menggabungkan keduanya sangat sulit sekali. Bahkan untuk penangkar yang sudah senior atau sudah banyak jam terbangnya pun akan sangat kesulitan untuk mealkukan hal ini.

Tetapi, bagi kamu yang akan mencoba melakukan kawin silang kacer dengan murai tidak ada salahnya jika dicoba terlebih dahulu. Gunakan langkah-langkah yang telah kami tulis lengkap dibawah ini agar kemungkinan keberhasilan dalam menerapkan kawin silang kacer dnegan murai lebih tinggi. Yuk simak informasi lengkapnya.




Cara Kawin Silang Kacer Dengan Murai

Untuk kawin silang kacer dengan murai bisa kamu baca lengkap langkah-langkah yang telah kami rangkum dibawah ini. Untuk hasil sendiri tentunya akan sangat bergantung pada sifat kedua burung yang akan anda jodohkan.

Memang tak bisa di pungkiri bahwa cara kawin silang kacer dengan murai batu ini memang cukup sulit. Dan banyak peternak yang gagal ketika mencoba menjodohkan antara kacer dengan murai. Tetapi tidak ada salahnya bukan jika kamu mencobanya.
Yuk simak cara kawin silang kacer dengan murai yang kami rangkum dibawah ini.
  • Sebelum memulai mencoba, kemungkinan berhasil dalam penjodahan kacer dengan murai batu iini yaitu 100 : 1. Jika masih lanjut mari simak langkah selanjutnya.
  • Usahakan untuk menggunakan indukan jantan dari murai batu dan untuk indukan betina dari kacer. Karena secara postur jika keduanya ditukar sangat tidak memungkinkan.
  • Pastikan usia indukan jantan 3 – 5 tahun sedangkan untuk indukan betina berusia 4 tahun.
  • Setelah itu, beri pakan kepada kedua indukan menggunakan full kroto selama 2 minggu sebelum di jodohkan.
  • Setelah 2 minggu, dekatkan kedua indukan. Biarkan selama 1 minggu.
  • Jika pada proses pendekatan tersebut akur, maka dipastikan kacer dan murai batu berjodoh dan siap pada tahap selanjutnya.
  • Jika tidak berjodoh silahkan ganti indukan yang lain. Gantilah indukan jantannya saja.
  • Jika berjodoh bisa langsung lanjut ke proses perkawainan seperti pada perkawinan burung kacer dan murai batu pada umumnya.


Itulah cara kawin silang kacer dengan murai yang bisa kamu terapkan dirumah. Jika hasil yang kamu peroleh tidak sesuai ekspetasi, jangan terlalu berkecil hati. Memang cara kawin silang kacer dan murai ini tidak mudah untuk diterapkan.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.