Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Dengan Judul Sabar Akan Cobaan Atau Ujian


Pidato bahasa Indonesia seringkali menjadi bahan praktek untuk pelajar SMA maupun SMP. Memang pidato bahas Indonesia ini memang harus di terapkan untuk melatih diri kita dalam berbicara di depan umum.

Mungkin dari kamu saat ini sedang mendapatkan tugas praktek berpidato Bahasa Indonesia. Dan belum mendapatkan ide untuk membuat teks pidato Bahasa Indonesia.

Untuk itu, kami memberikan contoh teks pidato Bahasa Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk praktek di sekolah. Teks pidato Bahasa Indonesia yang kami berikan juga terdapat ayat dari Al-quran.

Selain itu, teks pidato Bahasa Indonesia yang kami berikan juga tidak terlalu panjang. Tentunya akan mempermudah kamu untuk menghafalnya. 

Mau tahu bagaiman teks pidato Bahasa Indonesia tersebut. Yuk simak infonya di bawah ini. 




Teks Pidato Bahasa Indonesia Judul Sabar akan Cobaan atau Ujian

Assalamualaikum wr. wb.
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْكَرِيْمِ الْمَنَانِ, ذِي الْفَضْلِ وَالْإِنْعَامِ وَالرِّضْوَانِ, اَلَّذِيْ مَنَّ عَلَيْنَا بِالْإِيْمَانِ وَالْإِسْلَامِ وَالْإِحْسَانِ, فَجَعَلَنَا مِنْ أَتْبَاعِ رَسُوْلِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانِ, وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ الْأَخْيَارِ, أَمَّا بَعْدُ
Yang saya hormati
Hadirin hadirot rohimakumulloh
Puji dan syukur kita kepada Alloh SWT yang telah memberikan kepada kita kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Sholawat serta Salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada nabiyyulloh Muhammad SAW, keluarga serta sahabatnya hingga akhir zaman.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Pada kesempatan yang penuh barokah ini saya akan menyampaikan pidato saya dengan tema "sabar akan cobaan atau ujian"

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Apakah sabar itu? Sabar adalah menahan dan, menahan diri dari kesusahan, menjaga lisan dari celaan, menahan anggota badan dari kesalahan dan menyikapinya sesuai dengan aturan syariat islam. Karena sesungguhnya Alloh SWT beserta orang-orang yang sabar. 

Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Baqoroh Ayat 153 ;
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Semua manusia yang hidup di dunia ini pasti tidak lepas dari lika-liku rona kehidupan. Cobaan/ujian pasti datang silih berganti, baik itu berupa kemiskinan, berupa kesengsaraan, berupa penyakit, bahkan berupa kematian, dan lain sebagainya. Sehingga kesemuanya itu menimbulkan kesusahan dan kepedihan yang mendalam. 

Padahal, semua itu hanya untuk menguji sampai dimana kualitas iman seseorang itu sendiri. Maka, apabila segala bentuk cobaan/ujian dihadapi dengan penuh kesabaran dan keteguhan iman, maka orang tersebut akan mendapatkan pahala yang besar serta ridho Alloh SWT.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Yang sangat perlu ketahui adalah, apabila Allah SWT mencintai seseorang, maka orang tersebut akan diujinya terlebih dahulu, dan sebaliknya, apabila ada orang yang mendapatkan cobaan/ujian tetapi dia benci, marah, bahkan sampai melemahkan imannya, maka orang tersebut akan mendapatkan kemurkaan Allah SWT.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, kesempurnaan hanya milik Allah dan kesalahan milik saya pribadi. Usikum wanafsi bitaqwalloh…
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Itulah contoh teks pidato Bahasa Indonesia yang bisa kamu hafalkan. Silahkan untuk membagikan informasi ini kepada teman agar mereka juga mendapatkan informasi mengenai contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang lainnya. 

Jangan lupa untuk menyiapkan mental sebelum berpidato ya. Karena kesalahan yang sering terjadi saat berpidato adalah persiapan mental yang kurang.

Sehingga teks pidato yang sebelumnya telah kita pelajari dan hafalkan ternyata tidak dapat tersampaikan dengan baik ketika berdiri di depan umum. Semoga berhasil. 

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.