Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sholat Tahajud, Niat Sholat Tahajud Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat tahajud merupakan sholat yang tergolong sholat sunnah, sholat ini dilakukan pada waktu malam hari. Dalam bahasa arab sholat tahajud disebut sebagai Sholatu Lail yang artinya sholat malam.

Sholat tahajud sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sholat sunnah ini dikerjakan pada waktu sepertiga malam hingga sebelum waktu sholat  subuh. waktu sepertiga malam itu sekitar jam 01.00-04.00 atau sebelum masuk waktu subuh.

Jumlah raka'at sholat tahajud sesuai Sunnah nabi Muhammad SAW. yaitu minimal 2 raka'at hingga 12 raka'at, pendapat ini juga dijelaskan dalam hadis dari Ibnu Abbas berikut

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan Sholat malam sebanyak 12 Rakaat.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Sholat tahajud sangat di anjurkan untuk dilakukan secara rutin setiap malam, karena pada waktu malam yang sunyi adalah waktu untuk kita lebih khusyuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan antara lain menjadi sarana untuk mendekatkan diri pada Allah dan agar di jauhkan dari api neraka serta menjadikan sarana untuk kita memohon doa' kepada Allah SWT.


Perintah melaksanakan sholat tahajud


“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.”(QS as-sajdah ayat 17).

dalam ayat di atas diperintahkan untuk orang-orang yang taat untuk mengurangi waktu tidurnya dan melaksanakan sholat tahajud agar senantiasa diberikan kemudahan dalam segala hal.

Niat sholat tahajud


صَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Ushallii sunnatat-Tahajjudi rak’ataini mustaqbilal kiblati lillaahi ta’aalaa.

Tata cara pelaksanaan sholat tahajud

1. Raka'at pertama
-takbiratul ihram serta Membaca Niat Sholat Tahajud
-Membaca Doa Iftitah
-Membaca Surat Al-Fatihah
-Membaca Surat Pendek
-Ruku’ dan menbaca doa rukuk
-I’tidal dan membaca doa i’tidal
-Sujud pertama dan membaca doa sujud
-Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
-Sujud Kedua dan membaca doa sujud
-Berdiri kembali untuk melanjutkan rakaat kedua sholat Tahajud

2. Rakaat Kedua
-Membaca Surat Al Fatihah
-Membaca Surat Pendek
-Ruku’ dan membaca doa rukuk
-I’tidal dan membaca doa i’tidal
-Sujud pertama dan membaca doa sujud
-Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
-Sujud Kedua dan membaca doa sujud
-Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
-Gerakan salam
-Membaca zikir dan doa sholat tahajud.


Doa sholat tahajud


اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ
اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ.