Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Najis dan Macam-macamnya Serta Cara Membersihkannya



Tahukah kamu najis? Ada berapa macam-macam nya? Dan bagaimana cara membersihkannya?. Nah pasti sebagian dari kalian pernah mendapatkan pertanyaan seperti di atas, tetapi jangan khawatir disini kamu pasti akan mendapatkan jawabannya.

Buat kamu yang belum paham tentang apa itu najis dan macam-macamnya serta cara membersihkannya kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang najis dan macam-macamnya beserta cara membersihkannya. Yuk simak informasinya

Apa itu najis?


Najis adalah kotoran yang menyebabkan terhalangnya seseorang untuk melakukan rangkaian ibadah wajib maupun ibadah Sunnah, contohnya sholat ataupun ibadah yang lainnya, membersihkan diri dari najis merupakan salah satu syarat Sah sholat wajib 5 waktu yang telah ditentukan oleh syariat.

Sedangkan menurut ulama' fikih, najis adalah  sesuatu yang kotor yang dapat menyebabkan keabsahan sholat, maka dari itu wajib bagi umat islam untuk membersihkan diri dari najis sebelum melaksanakan rangakaian-rangkaian ibadah agar ibadah kita bisa dikatakan sah dan diterima oleh Allah SWT

Apa saja macam-macam najis?dan bagaimana cara membersihkannya?


1. Najis Mukhafafah

Najis ini masih tergolong najis yang ringan, Contoh dari najis ini antara lain yaitu air kencing bayi laki-laki yang belum berusia 2 tahun, karena ini tergolong najis ringan maka dari itu cara membersihkannya pun juga cukup mudah hanya dengan memercikkan air ke bagian yang terkena najis tersebut.

2. Najis Mutawasithah 

Contoh najis ini yaitu kotoran manusia, air mani, minuman keras, darah haid, kotoran hewan yang haram di makan, bangkai hewan, ikan dan belalang, Tetapi bangkai manusia tidak tergolong.

Najis ini di bagi menjadi 2, antara lain:

- Najis 'Ainiyah, yaitu najis yang terlihat rupanya, rasanya atau tercium baunya.

- Najis Hukmiyah, yaitu najis yang tidak tampak seperti bekas air kencing dan miras.

Cara membersihkannya yaitu dengan membersihkan bagian yang terkena najis dengan menggunakan air yang mengalir hingga najisnya benar-benar hilang rupanya, rasanya dan baunya.


3. Najis mughalazah

Najis ini tergolong najis yang paling tinggi tingkatannya, contoh najis ini yaitu menyentuh babi, anjing atau terkena air liurnya baik di sengaja maupun tidak.

Meskipun najis mughalazah adalah najis yang berat tetapi Cara membersihkan najis ini tidak terlalu sulit, caranya yaitu dengan membilaskan air sebanyak 7 kali, salah satunya dengan menggunakan debu yang suci.