Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ayam Arab Agar Cepat Bertelur Dan Cepat Besar


Pakan ayam arab agar cepat bertelur dan cepat besar memang harus kita pilih agar meningkatkan keuntungan dalam usha ternak ayam arab. Selain itu, mencari pakan ayam arab agar cepat bertelur juga akan menekan biaya prodyuksi pada usaha ternak ayam arab yang kita kelola. Terutama pada biaya pengadaan pakan,

Semua peternak tentu saja harus memahami hal ini. Mereka harus tau jenis pakan ayam arab agar cepat bertelur dan juga jenis pakan ayam arab agar cepat besar apabila mereka menekuni usaha ayam arab pedaging. Untuk itu, kami akan menjelaskan apa saja pakan ayam arab agar cepat bertelur dan cepat besar. Sehingga dapat membantu para peternak ayam arab yang sedang mencari informasi pakan ayam arab yang baik.



Pakan Ayam Arab Agar Cepat Bertelur Dan Cepat Besar

Ternak ayam arab memang menjadi salah satu usaha ternak yang banyak diminati oleh para peternak pemula. Pasalnya usaha ternak ayam arab ini terbilang lebih mudah dibandingkan dengan usaha ternak ayam petelur jenis lainnya. Sehingga banyak sekali peternak pemula yang ingin terjun di dunia ternak ayam petelur.

Tetapi pada prakteknya, mereka seringkali salah dalam melakukan pemilihan pakan yang tepat dan efisien untuk ayam arabnya. Dan akhirnya pun, kemungkinan merugi itu sangat besar. Untuk itu, kamu yang akan memulai usaha ternak ayam arab sebaiknya pahami terlebih dahulu pakan ayam arab agar cepat bertelur. Untuk informasi lengkapnya, yuk simak rangkuman jenis pakan ayam arab agar cepat bertelur dan cepat besar berikut ini.

Sebelum masuk ke dalam program pakan ayam arab agar cepat bertelur. Perlu diketahui bahwa program pakan ini sangat vital bagi peternakan ayam petelur. Baik itu ayam arab maupun ayam ras. Sehingga sangat perlu diperhatikan oleh para peternak ayam arab agar ayam arabnya cepat bertelur.

Pengaruh pakan terhadap produksi telur bisa 80%, kandang 10% dan program vaksinasi sebesar 10%. Maka dari itu, agar ayam arab yang kamu kelola cepat bertelur dan memberikan hasil yang maksimal. Tentu sangat diperlukan program pakan yang ideal untuk menunjang produktivitas ayam arab petelur.
Berikut ini tabel program pakan ayam yang harus kamu terapkan dan sangat kami sarankan untuk benar-benar dilaksanakan dengan baik.


Program Pakan Ayam Arab Masa Starter (Umur 0 – 8 Minggu)
Masa/umur
Kebutuhan protein (%)
Jenis pakan
Pre starter (0 – 2 minggu)
23%
511/BR-1
Starter (3 – 8 minggu)
21%
512-BR-2
*note: pemberian pakan harus selalu tersedia di kandang



Program Pakan Ayam Arab Masa Grower ( Umur 9-12 Minggu) Dan Masa Developer (Umur 13 – 16 Minggu)
Masa/Umur
Kebutuhan
Protein (%)
Campuran Pakan (%)
Konsentrat Cp 124p
Jagung Giling
Bekatul
Grower
(9-12 minggu)
14% - 15%
25%
40%
35%
Pemberian
30-50 gram /hari
Developer
(13-16 minggu)
14%
20%
40%
40%
Pemberian
60-75 gram /hari



Campuran Pakan Ayam Arab Petelur Pada Masa Produksi Telur (Umur 16 Minggu Sampai Afkir)
Bahan Pakan
Jumlah Bagian
Kandungan Protein
Kandungan Campuran Protein
Konsentrat ayam phokpand kode: 124p
35%
35%
(35 x 35%)=
12.25%
Jagung giling (pecah 5-6 /butir)
45%
9%
(9 x 45%)=
4.05%
Bekatul (dedak halus)
20%
10%
(10 x 20%)=
2.00%
Campuran
pakan
100%
-
18.3%
pemberian
80 – 90 gram /hari



Itulah pakan ayam arab petelur agar cepat bertelur. Program diatas merupakan panduan program pakan ayam arab petelur yang ideal dan sangat kami rekomendasikan. Usahakan untuk diterapkan dengan baik. Apabila kamu memiliki komposisi ransum sendiri, bisa dicoba untuk diaplikasikan. Tetapi saran kami gunakan ransum modifikasi tersebut untuk campuran saja. Sehingga produktifitas telur ayam arab yang kita kelola tidak terganggu atau menurun.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.