Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencampur Vaksin Gumboro Sekaligus Cara Pemberiannya

Cara mencampur vaksin gumboro untuk proses vaksinasi ayam belum banyak diketahui oleh para peternak. Sehingga cara menggunakan vaksin gumboro pun masih banyak yang salah. Akibatnya fungsi dari vaksin gumboro itu sendiri justru tidak begitu efektif.

Cara mencampur vaksin gumboro ini bukan berarti bagaimana cara mengaduk vaksin gumboro itu sendiri. Tetapi lebih ke bagaimana cara menggunakan vaksin gumboro pada proses vaksinasi ayam secara tepat. Sehingga fungsi vaksin akan lebih maksimal dan efektif. Untuk itu, akan kami berikan tata cara menggunakan vaksin gumboro atau yang lebih di kenal oleh para peternak dengan cara mencampur vaksin gumboro yang tepat sesuai fungsinya. Berikut ini informasi lengkapnya!


cara mencampur vaksin gumboro

Cara Mencampur Vaksin Gumboro

Mencampur vaksin gumboro tidak hanya langsung dicampur menggunakan air. Tetapi ada langkah-langkah yang harus anda perhatikan. Diantaranya sebagai berikut :
  • Sebelum vaksin digunakan, sebaiknya simpan vaksin gumboro di dalam lemari es. Atau bisa juga kita mnggunakan es batu untuk mempertahankan vaksin dalam keadaan dingin. Vaksin gumboro adalah jenis vaksin aktif, sehingga jika terkena suhu panas vaksin ini bisa mati.
  • Perlu juga diketahui oleh para pternak, sehari sebelum pemberian vaksin sebaiknya ayam diberi vitamin terlebih dahulu.
  • Untuk hasil yang maksimal pilihlah jenis vaksin medivac gumboro A agar bisa 1 kali pemberian tanpa mengulang kembali proses vaksinasi pada bulan yang sama.
  • Puasakan ayam sebelum proses vaksinas dengan cara ditarik dari tempat minum selama 2 jam.
  • Untuk dosis ada yang menganjurkan diberikan 2 kali dosis agar kekebalan ayam merata. Tapi menurut kami gunakan saja dosis sesuai dengan arahan pada kemasan.
  • Berikan vaksin pada saat ayam berumur 15 hari. Hal ini dilakukan agar ketahanan serta kesehatan sudah cukup kuat untuk diberikan vaksin gumboro.
  • Setelah persiapan diatas sudah siap, selanjutnya isi bak sebagai wadah air minum. Sesuaikan pengisian air minum untuk vaksin ini dengan jumlah ayam yang akan di berikan vaksin.
  • Setelah tempat air minum terisi air, tambahkan terlebih dahulu medimilk sedikit saja. Penambahan medimilk ini berfungsi untuk menghilangkan kandungan logam dalam air. Aduk dan tunggu hingga 15 menit sampai medimilk bekerja. Setelah itu, tambahkan vaksin gumboro ke tempat air minum.
  • Berikan air minum tersebut kepada ayam, lalu tunggu proses vaksinasi selama maksimal 2 jam. Setelah itu angkat tempat minum dan ganti dengan air minum biasa.
  • Tambahkan vitachick dan parasetamol pada air minum pasca vaksinasi. Penambahan vitachick dan parasetamol ini berfungsi untuk mengurangi stress dan panas yang dirasakan oleh ayam seusai proses vaksinasi.

Itulah proses atau cara mencampur vaksin gumboro yang tepat agar vaksin mampu bekerja dengan maksimal. Jangan lupa untuk menggunakan vaksin sesuai dengan dosis yang di anjurkan agar ayam anda sehat.
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.