Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Media Cacing Dari Gedebog Pisang Yang Benar


Cara membuat media cacing dari gedebog pisang merupakan salah satu informasi yang paling banyak di cari oleh para peternak cacing. Tidak bisa dipungkiri, banyaknya peternak cacing pemula yang ingin terjun ke dunia peternakan cacing membuat semua informasi seputar ternak cacing menjadi informasi yang akhir-akhir ini banyak di cari. Salah satunya adalah informasi mengenai cara membuat media cacing dari gedebog pisang.

Untuk itu, kali ini akan kami berikan cara membuat media cacing dari gedebog pisang yang mudah dipahami untuk peternak pemula. Dan tentu saja dengan tutorial atau step by step yang telah dipraktekan sebelumnya. Sehingga hasil dari informasi cara membuat media cacing dari gedebog pisang yang kami berikan bisa diterapkan dengan baik oleh pembaca khususnya para peternak cacing. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak informasi dibawah ini.

Cara Membuat Media Cacing Dari Gedebog Pisang Yang Benar

Cara Membuat Media Cacing Dari Gedebog Pisang

Gedebog pisang biasanya menjadi limbah yang dibuang begitu saja. Tetapi tidak untuk peternakan cacing. Gedebog pisang bisa digunakan sebagai salah satu media untuk ternak cacing. Banyak yang sudah menggunakan media ini. Dan hasilnya juga cukup baik. Untuk kamu yang juga akan mencoba menggunanakan media cacing dari gedebog pisang. Silahkan ikuti step by step cara membuat media cacing dari gedebog pisang berikut ini.


Bahan yang dibutuhkan :

  • Gedebog pisang
  • Serbuk gergaji
  • Arang sekam
  • Gentong atau wadah untuk proses fermentasi


Baca Juga : Cara Pemasaran Cacing Tanah Hasil Ternak Yang Efektif


Cara Membuat Media Cacing Dari Gedebog Pisang

  • Langkah pertama yang harus kita lakukan yakni dengan cara mencincang gedebog pisang sampai ukuran yang lebih kecil. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penguraian.
  • Setelah itu campurkan semua bahan diatas menjadi satu pada wadah yang telah kamu siapkan sebelumnya. Aduk hingga rata.
  • Setelah semua bahan tercampur dengan rata, langkah selanjutnya yaitu tutup bak atau wadah yang kamu gunakan menggunakan plastik.
  • Diamkan campuran bahan media cacing tersebut selama 1 hingga 1,5 bulan. Dan sesekali cek untuk memastikan media sudah terfermentasi dengan baik.
  • Jika sudah terjadi perubahan warna dan kontur dari media tersebut. Maka bisa dikatakan atau disimpulkan bahwa media cacing dari gedebog pisang yang kita buat sudah siap digunakan.


Itulah cara membuat media cacing dari gedebog pisang. Memang pada proses pembuatannya sedikit memakan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu banyak peternak cacing yang enggan untuk menggunakan gedebog pisang ini sebagai media ternak cacing. Mereka lebih memilih bekas baglog jamur tiram sebagai media untuk ternak cacingnya.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.