Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Wolffia 2 Minggu Panen Yang Sangat Menguntungkan


Cara budidaya wolffia akhir-akhir ini banyak yang mencari informasinya. Memang tanaman ini sedang booming. Pasalanya wolffia sendiri merupkan salah satu pakan alternatif ikan nila dan ikan gurame yang paling direkomendasikan. Sehingga banyak yang berminat untuk membudidayakan wolffia dirumah masing-masing ketimbang beli.

Cara budidaya wolffia sendiri sangat mudah. Bahkan setelah 2 minggu di tebar, budidaya wolffia ini sudah bisa dipanen. Cukup mudah bukan?
Dan tentunya tidak perlu perawatan yang intensif. Karena wolffia ini sebenarnya adalah tanaman hama. Yang otomatis memiliki pertumbuhan yang muda dan cepat.

Jika kamu berniat atau ingin mengetahui cara budidaya wolffia yang benar. Kami akan memberikan informasi lengkapnya pada rangkuman artikel cara budidaya wolffia 2 minggu panen berikut ini. Yuk simak informasinya.


Cara Budidaya Wolffia Yang Benar

Cara budidaya wolffia yang benar sangatlah mudah untuk diterapkan. Kami akan memberikan lengkap cara dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membudidaya wolffia. Untuk kolamnya atau medianya sendiri bisa kita gunakan terpal atau kolam lain yang bisa dengan mudah untuk diterapkan.

Untuk kesepatan kali ini, kami berikan rangkuman mengenai cara budidaya wolffia menggunakan kolam terpal yang bisa kamu terapkan dengan mudah dipekarangan rumah atau di lahan budidaya ikan yang sedang kamu tekuni. Berikut ini informasinya.


1. Persiapan Kolam

Langkah pertama yang harus disiapkan dalam cara budidaya wolffia di kolam terpal tentu saja persiapan kolam. Kolam untuk budidaya wolffia bisa menggunakan kolam terpal. Dengan ukuran panjang lebarnya bisa anda sesuaikan sendiri sesuai dengan luas perkarangan atau lahan yang anda miliki. Sementara untuk kedalaman kolam budidaya wolffia yakni 30 cm. Untuk lebih jelasnya silahkan baca rangkuman kolam budidaya wolffia berikut ini:
  • Kolam terbuat dari plastik atau terpal. Gunakan yang lebih hemat saja.
  • Luas kolam sesuaikan dengan kebutuhan anda
  • Tinggi kolam 30 cm lalu isi air setinggi 20 cm
  • Setelah itu masukan pupuk kandang kedalam kolam. Pastikan pupuk berada di dalam karung agar tidak membuat kotor atau keruh air kolam.
  • Biarkan pupuk tersebut berada di dalam kolam.



2. Penebaran Bibit

Setelah persiapan kolam selesai, langkah selanjutnya adalah penebaran bibit. Untuk mendapatkan bibitnya sendiri anda bisa membeli bibit wolffia di toko online banyak. Atau bisa langsung pesan ke marketing kami lewat chat WA 0858-9986-8466 dengan harga 50 ribu pengiriman dari Pati Jawa Tengah. Dengan berat 100 gram per kemasan.

Setelah anda membeli bibit wolffia, silahkan lakukan penebaran bibit dengan benar. Langkah penebaran bibit wolffia sudah kami rangkum berikut ini :
  • Buka bibit yang telah anda terima
  • Setelah itu, silahkan langsung menaburkan bibit pada kolam yang telah diberi pupuk kandang
  • Usahakan penaburan bibit merata.
  • Biarkan sampai panen.

 3. Masa panen

Setelah penebaran, waktu yang paling ditunggu-tunggu adalah masa panen. Masa panen wolffia sendiri sekitar 2 minggu. Untuk cara panennya pun cukup mengambil sebagian dari seluruh jumlah wolffia yang ada pada kolam. Wolffia dapat langsung anda berikan pada ikan atau bisa dijual kembali.



Itulah cara budidaya wolffia yang bisa kamu terapkan di rumah atau di pekarangan tempat budidaya ikan yang sedang di kelola. Silahkan segera dilaksanakan untuk menghasilkan pakan ikan yang murah namun berkualitas. Sehingga dapat mengurangi biaya produksi terutama pada pembelian pakan.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.